5 (Lima) Kota Terbersih di Dunia Versi Architectural Digest.

0 263

Menjadi kota maju itu penting, tetapi menjadi kota yang bersih jauh lebih penting. Karena hal tersebut menggambarkan karakter warga dan bangsanya. Berikut 5 Kota terbersih versi Architectural Digest.

Calgary, Kanada

Calgary merupakan kota Industri minyak Canada, reputasinya sangat baik dalam hal kebersihan. Semua itu berkat upaya nonstop pemerintah Canada bersama lembaga nonprofit untuk mengedukasi warganya agar menerapkan gaya hidup sehat yang ramah lingkungan.

Hasilnya warga semakin peduli terhadap kebersihan. Hal ini terlihat dari partisipas warganya dalam pathway and river cleanup. Event tahunan yang diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai kalangan.

Selain itu ada punisment bagi yang membuang sampah sembarangan.

Singapura.

Singapura Kota Terbersih di Dunia Versi Architectural Digest
Singapura Kota Terbersih di Dunia Versi Architectural Digest

Negara tetangga Indonesia ini sangat cepat dalam pertumbuhannya, termasuk bab kebersihan. Kampanye kebersihan sudah digalakan sejak tahun 1968 oleh lee Kuan yew yang menjabat sebgai Perdana Menteri.

Setiap tahun menghabiskan 913 miliar untuk menjaga kebersihan publik. Denda bagi pelanggar kebersihan juga termasuk tinggi, ada kisaran 3,1 bagi pembuang sampah.

Dubai, Uni Emirat Arab.

Dubai  Kota Terbersih di Dunia Versi Architectural Digest ,
Dubai Kota Terbersih di Dunia Versi Architectural Digest

Selain Burj Khalifa yang terkenal UEA juga menerapkan denda yang besar kepada pembuang sampah. Bagi yang baru sekali akan terkena denda 1,93 juta dan kelipatanya jika terus melanggar.

Khusus di Dubai Creek atau sember air jika tertangkap membuang sampah, otoritas disana bisa menjatuhkan denda hingga 19, 3 juta atau setara dengan 5000 dirham.

Kigali, Rwanda

Kigali Rwanda

Kota seluas 730 km2 ini memiliki tradisi umuganda yang sudah ada sejak abad 19. Sebuah aktifitas semacam kerja bakti yang pernah diterapkan saat Belgia menjajah Rwanda sebagai cara untuk bertanaggung jawab kepada komunitas.

Reykjavik, Islandia

Reykjavik  Kota Terbersih di Dunia Versi Architectural Digest

Reykjavik Kota Terbersih di Dunia Versi Architectural Digest


Reykjavik Ibukota Islandia ini dikenal sangat ramah lingkungan. Jalanan bebas sampah, airnyapun sangat jernih bahkan ada yang bisa langsung diminum.

Islandia juga menjadi negara yang terdepan dalam menerapkan energi geotermal, hampir 90 persen warganya sudah menggunakan pemanas yang berbasis energi geotermal.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.