8 Desa Terunik Yang Ada di Indonesia, Layak Jadi Destinasi Wisata

0 149

Tempat unik di Indonesia sangat banyak dan berbeda dengan negara mana pun. Mulai dari pantai, bangunan-bangunan, atau pun region alias kawasan macam desa. Soal desa, jangan ditanya lagi, Indonesia memang punya begitu banyak dusun-dusun yang unik luar biasa.

Di Indonesia setidaknya ada 82.511 ribu desa yang tersebar dari ujung barat ke timur Nusantara. Nah, dari jumlah sebanyak ini, tentu semuanya tidak sama persis dan punya ciri khasnya masing-masing. Entah kultur, kebiasaan, atau pun masyarakatnya sendiri.

Desa Terapung Danau Sentani di Kabupaten Jayapura,
Desa Terapung Danau Sentani di Kabupaten Jayapura

1. Desa Terapung

Danau Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua, punya 22 pulau mungil yang tersebar di dalamnya. 24 Desa adat mendiami pulau-pulau itu, salah satunya Desa Ayapo yang semua bangunannya terapung di atas air.

Jejeran rumah terapung itu mengintip dari kejauhan. Semakin dekat, semakin terlihat bangunan-bangunan kayu yang berjejer rapi di pinggiran pulau. Betapa masyarakat Sentani masih menjunjung danau itu sebagai pusat kehidupan. Buktinya, semua rumah di Desa Ayapo menghadap danau alih-alih daratan yang ada di belakangnya. Desa ini memanjang 2 kilometer. Penduduknya sekitar 700 orang. Dinding dan tiangnya terbuat dari batang kelapa. Dulu atapnya dari daun sagu, tapi sekarang sudah berganti jadi seng.

Walaupun tampak rapuh, rumah-rumah ini sangat kuat. Orang lokal menyebut nama kayu Sua sebagai pondasi rumah itu. Kayu ini punya ketahanan luar biasa. Semakin terkena air, semakin kayu itu tahan lama. Kayu ini juga jadi pondasi jembatan terapung yang menghubungkan satu rumah ke rumah lainnya.

Desa Sitiung Sumbar Tanpa Asap Rokok,
Desa Sitiung Sumbar Tanpa Asap Rokok

2. Desa tanpa asap rokok

Desa pertama yang ada di Indonesia yang bebas asap rokok dan melarang warganya untuk merokok adalah Nagari (Desa) Sitiung, Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Dimana di desa ini telah dilakukan penerapan larangan merokok bagi warganya, bahkan warga yang tertangkap merokok disembarang tempat diberikan sanksi tegas dari desa.

Saat ini, penerapan Peraturan Nagari (Desa) telah dilaksanakan oleh Pemerintah Nagari (Desa) dan masyarakat Sitiung dan ini perlu diajukan jempol serta bisa dijadikan contoh bagi desa lain yang ada di Indonesia, dimana pemerintah desa bersama-sama masyarakat memerangi rokok dan bertekad menjadi desa bebas asap rokok.

Dalam hal ini, pemerintah desa bersama Bamus membuat peraturan Desa untuk diterapkan ke masyarakat yakni menjadikan desa Sitiung bebas dari asap rokok dan menetapkan kawasan bebas asap rokok serta memberikan penghargaan kepada masyarakat yang semula merokok dan telah menyatakan tidak merokok lagi.

desa unik tanpa kasur,
Desa Unik tanpa kasur

3. Desa Tanpa Kasur

Dusun kasuran adalah salah satu dusun yang yang ada di desa margodadi kecamatan sayegan, sleman. Sepintas emang gak beda sama dusun yang laen gan, tapi satu hal yang membedakan adalah mayoritas penduduknya gak tidur diatas kasur.

Tradisi ini udah berlangsung turun-temurun sejak jaman nenek moyang, dan gak cuma ditaati oleh orang-orang yang udah sepuh, tapi juga orang-orang muda dan anak-anak. Meyoritas warga tidur hanya beralaskan tikar atau dipan yang gak ada kasurnya.

Kebiasaan ini tentunya bukan tanpa alasan, mitosnya aturan agar warga gak tidur diatas kasur merupakan perintah dari Sunan Kalijaga. Dusun ini dulunya emang pernah disinggahi Sunan Kalijaga ketika melakukan perjalanan untuk menyebarkan agama Islam. Sunan Kalijaga berjalan dari Godean menuju arah utara, antara lain melewati Dusun Grogol dan Tuksibeduk. Sampai di Kasuran sekitar pukul 13.00-14.00 Sunan Kalijaga merasa sangat lelah. Kemudian dia meminta salah satu warga agar menggelarkan kasur untuk istirahat.

Ketika akan melanjutkan perjalanan, Sunan Kalijaga berpesan agar warga jangan sekali-kali tidur diatas kasur. Pesan tersebut masih dilaksanakan sampe sekarang, bukan hanya buat penduduk asli tapi juga buat penduduk baru.

Trus bagaimana kalo dilanggar? menurut pengakuan penduduk setempat biasanya akan terjadi hal-hal yang aneh. Seperti yang terjadi pada 11 orang mahasiswa yang sedang KKN di daerah ini, sebelumnya mereka udah diberitahu tentang peraturan tak tertulis yang dipercaya masyarakat, tapi gak tau apakah mereka bener-bener percaya atau hanya manggut-manggut tapi dalam hati menolak. Alhasil menjelang tengah malam 4 orang mahasiswa teriak-teriak histeris, teman-temannya mengira 4 orang ini masuk angin, setelah dipanggilkan dokter kondisi mereka tetap sama, setelah dipanggilkan sesepuh barulah mereka bisa tenang.

Kisah lain, salah satu warga Kasuran menidurkan anaknya yang masih kecil di atas kasur. Tanpa diketahui sebabnya anak tersebut tiba-tiba mengalami panas tinggi, menangis dan berteriak tanpa sebab yang jelas, setelah ditidurkan di ‘jogan’ (lantai) baru berhenti menangis.

Desa unik ratenggaro
Desa unik ratenggaro

4. Desa Ratenggaro

Desa unik yang ada di Sumba ini menawarkan hal yang berbeda dari tempat lain. Hal tersebut tak lain adalah adatnya yang masih menganut sistem zaman prasejarah. Hal ini bisa kita lihat dari bangunan-bangunan di desa ini yang luar biasa unik. Misalnya kubur batu atau monumen-monumen lainnya yang konon merupakan warisan budaya prasejarah. Cobalah ke sini kamu bakal terpana luar biasa.

5. Desa Kandang Sapi

Nama desa unik di Indonesia selanjutnya yaitu desa Kandang Sapi. Desa ini berada di kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah. Katanya, nama desa ini merupakan gambaran dari mata pencaharian para warganya yang kebanyakan memelihara sapi.

6. Desa Pocong

Nama desa unik di Indonesia berikutnya yaitu desa Pocong. Desa ini juga berada di Jawa Timur, atau lebih tepatnya berada di kecamatan Tragah, kabupaten Bangkalan. Konon katanya, asal usul nama desa ini berdasarkan cerita jaman dulu, ada warga desa yang meninggal kemudian menjadi pocong dan menghantui desa ini.

7. Kampung Batik

Di Solo, ada sebuah kampung berisi aset-aset warisan yang diakui dunia yaitu batik. Kampung tersebut bernama Kampung Batik Kauman. Lokasi kampung Batik Kauman ini tidak jauh dari Pasar Klewer. Di tempat ini, pengunjung bisa mengunjungi spot menarik seperti rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian dan pengembangan produk batik serta museum koleksi batik.

8. Pulau Oksigen

Pulau Giliyang adalah salah satu dari sekian banyak pulau di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur yang diklaim memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania.

Konon katanya bagi mereka yang tinggal di pulau ini kemungkinan akan memiliki umur yang panjang dan bisa hidup lebih sehat. 

Sekarang sudah mulai banyak pengunjung wisatawan yang penasaran merasakan kadar oksigen terbaik kedua di dunia.

Demikian sekilas tulisan “8 Desa Terunik Yang Ada di Indonesia” semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian., baik untuk referensi wisata atau hanya untuk pengetahuan saja.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.