Kisah Hikmah dari Sunan Ampel Berjalan di Atas Air

Kisah Hikmah dari Sunan Ampel Berjalan di Atas Air

Kisah Hikmah dari Sunan Ampel Berjalan di Atas Air

Dalam perjalanan dakwah para da’i memiliki seni dan cerita masing masing, apalagi para penghulu Islam di Nusantara. Seperti sebuah kisah yang melekat pada Kanjeng Sunan Ampel yang berhasil menyeberangi sungai dengan berjalan kaki

***

Kisah Hikmah

***

Kisah ini masyhur di kalangan kaum Muslimin Tanah Air. Banyak hal-hal ajaib yang sering disebut karomah. Sayangnya, terhadap kisah menyeberangnya Sunan Ampel di sungai tanpa menyentuh air ini salah dipahami oleh banyak kaum Muslimin.

Dalam bukunya Dari Bilik Sebuah Kamar, Rachmatullah Oky dalam menyebutkan bahwa Kanjeng Sunan Ampel menyeberangi sungai dengan menggunakan sampan. Beliu memanfaatkan barang-barang yang ada berupa kayu dan batang pohon pisang lalu dirangkai dengan tangannya sendiri.

Setelah mampu menyeberangi sungai tanpa basah sedikit pun, Kanjeng Sunan memberitahukan kepada si laki-laki agar menggunakan akalnya dengan baik, agar memanfaatkan karunia yang diberikan oleh Allah Ta’ala dalam rangka ibadah kepada-Nya.

Melalui kisah ini, Kanjeng Sunan Ampel hendak memberitahukan kepada kaum Muslimin bahwa dakwah adalah seni menghadirkan solusi. Ia tidak cukup dengan menyalahkan lalu berpangku tangan. Dakwah adalah memberi tahu, kemudian menghadirkan solusi atas persoalan yang dihadapi umat. Bukan mencaci tanpa kontribusi.

 

Bahkan sejak zaman Rosulullah kita sudah diajari bagaimana agar tetap menyandarkan kepada Allah dalam kondisi sesulit apapun. Kisah hijrah Rosulullah ke Thaif dengan berbagai hambatanya. Dan doa Rosulullah sehingga salah satu orang yang bernama … berhasil masuk Islam setelah Rosulullah memanjatkan doa kepada Allah.

 

Semoga bermanfaat tulisan “Kisah Hikmah dari Sunan Ampel Berjalan di Atas Air”, sebagian dikutip dari Kisahikmah(com)

kisah hikmahkisah sunan ampel