Apa Itu Pengertian dan Perbedaan Vendor dengan Pemasok

Apa Itu Pengertian dan Perbedaan Vendor dengan Pemasok

Apa Itu Pengertian dan Perbedaan Vendor dengan Pemasok.

Pernah dengan kata vendor atau pemasok?, tentu bagi anda yang suka berjualan atai membeli barang sering mendengan dua kata tersebut. Apa sebenarnya pengertian dari vendor dan pemasok tersebut.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI)

  • Vendor adalah orang yang menjual rumah, tanah, dan sebagainya; penjual
  • Pemasok adalah orang atau organisasi yang memasok.

Menurut Istilah

Vendor

Vendor adalah seseorang yang membuat atau menyediakan produk baik jasa barang fisik maupun barang digital (ebook, video, membership, software) yang dijual untuk sebuah perusahaan, personal maupun pihak kedua lainnya.

Vendor biasanya dibutuhkan perusahaan saat akan mencari barang-barang yang tidak diproduksi pabrik, dan dibutuhkan untuk melakukan proses produksi. Sekali lagi, barang yang dibeli dari vendor bisa berupa bahan baku, bahan penolong, sparepart, dan bahkan barang setengah jadi.

 

Pemasok

Pemasok yang biasanya disebut juga dengan supplier atau vendor adalah individu atau perusahaan (baik dalam skala besar atau kecil) yang memiliki kemampuan untuk menyediakan kebutuhan individu atau perusahaan lain.

Contoh:

  • Petani kapas, menghasilkan kapas yang dibutuhkan sebagai bahan baku kain.
  • Pabrik kain, menghasilkan kain yang dibutuhkan sebagai bahan baku pakaian.
  • Penjahit, menghasilkan pakaian yang dibutuhkan oleh konsumen.

 

Kategori Pemasok

Dalam dunia usaha, pemasok dapat dikategorikan dalam 2 jenis:
1. Pemasok Barang
Individu atau perusahaan yang menghasilkan produk jadi berupa barang.
Contoh: Pabrik kain, akan membutuhkan mesin yang dapat menghasilkan kain. Untuk itu, diperlukan perusahaan lain yang dapat menghasilkan mesin penghasil kain sebagai pemasok.
2. Pemasok Jasa
Individu atau perusahaan yang memberikan bantuan tidak dalam bentuk barang jadi, tetapi dalam bentuk keahlian yang dimiliki.
Contoh: Untuk mengirimkan kain kepada penjahit maka dibutuhkan jasa pengiriman barang. Individu atau perusahaan yang memiliki keahlian dalam mengirimkan barang tersebut merupakan pemasok jasa.
Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE