Biografi Ir Soekarno Presiden Pertama Indonesia

0 36.769
  • Nama lahir : Kusno Sosrodihardjo
  • Lahir : Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901
  • Meninggal : Jakarta, 21 Juni 1970 (umur 69)
  • Makam : Blitar, Jawa Timur
  • Kebangsaan : Indonesia
  • Jabatan: Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966
  • Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo
  • Ibu : Ida Ayu Nyoman Rai

Biografi Ir Soekarno Presiden Pertama Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno. Semua orang di Indonesia pasti kenal dengan beliau. Beliau adalah Presiden pertama Republik Indonesia. Sebagai rakyat Indonesia dan mencintai sejarah, anda harus mengetahui biografi Ir.Soekarno. beliau merupakan sosok yang banyak dikagumi oleh semua orang. Berkat perjuangan beliau, Indonesia bisa merdeka dari tangan para penjajah. Bapak ir. Soekarno lebih dikenal dengan nama bung karno. Beliau lahir di Blitar pada tanggal 6 juni 1901. Nama asli dari Bung karno adalah Koesno Sosrodiharjo. Mari kita bahas lebih lanjut tentang perjalanan hidup bung karno.

Nama Soekarno diberi ketika soekarno sering mengalami sakit ketika memiliki nama Koesno Sosrodiharjo. Menurut orang zaman dulu, orang tersebut keberatan nama sehingga sering sakit. Dari beberapa buku biografi Ir soekarno menyebutkan bahwa nama dari bapak Ir soekarno adalah Raden Soekemi Sosrodihardjon dan beliau mempunyai ibu yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Bung karno meninggal dunia pada umur 69 tahun yaitu pada tanggal 21 juni 1970 di Jakarta. Banyak sekali sejarah yang menceritakan tentang masa-masa kejayaan beliau. Ketika masih kecil beliau tinggal bersama kakeknya di daerah Tulungagung, jawa timur.

Pada saat beliau berumur 14 tahun beliau diajak untuk tinggal di Surabaya dan bersekolah di Hoogere Burger School (H.B.S) oleh teman ayahnya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto. Dari buku biografi Ir. Soekarno diceritakan bahwa beliau mulai kenal dengan pemimpin serikat islam pada saat beliau tinggal di Surabaya. Pada saat itu serikat islam di pimpin oleh Bapak Tjokroaminoto. Pada saat itu juga soekarno mulai gabung dengan organisasi Pemuda java atau Jong Java. Bung karno tamat dari sekolah hoogere burger School pada tahun 1920. Setelah itu beliau melanjutkan sekolah di ITB yang dulu bernama Technische Hoge School dan lulus pada tahun 1925.


 

Jika melihat dari biografi Ir. Soekarno beliau banyak mendirikan dan bergabung dengan berbagai organisasi. Pada saat tinggal di bandung, beliau pernah mendirikan organisasi Algemene Studi Club pada tahun 1926. Pada tahun 1927 Ir soekarno merubah organisasi ini menjadi Partai Nasional Indonesia. Ketika mendirikan Partai Nasional Indonesia inilah, bung karno ditangkap oleh Belanda pada bulan desember 1929 dan beliau dibebaskan pada bulan desember tahun 1931. Hal itu juga dikarenakan Pledoi Indonesia menggugat yang sangat terkenal pada waktu itu.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.