Biografi Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali

0 1.016

Biografi Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali

Lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, 7 April 1950, Hatta Ali adalah Ketua Mahkamah Agung RI untuk periode 2012-2017. Hatta mengantongi 28 dari 54 suara hakim agung. Pria berkumis yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Muda Pengawasan itu menggantikan Harifin A Tumpa pada 8 Febuari 2012.

Bagi praktisi hukum, jabatan yang diraih Hatta Ali setelah mengalahkan pesaing lainnya yakni Ahmad Kamil 15 suara, Abdul Kadir Mappong 5 suara, M Saleh 3 suara, dan Paulus Effendi Lotulung 1 suara – merupakan lompatan besar bagi karirnya. Apalagi ia belum pernah menjabat sebagai ketua pengadilan tinggi.

Karir Hatta Ali dimulai sejak menjadi PNS di Kementerian Hukum dan HAM yang kini berganti nama jadi Departemen Kehakiman. Tahun 1982, ia menjadi calon hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Di tahun 1995, ia terpilih sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Gorontalo yang dilanjutkan menjadi Kepala Pengadilan Negeri Bitung pada 18 November 1996.

Empat tahun berikutnya Hatta pindah ke Manado dan mengisi jabatan Ketua Pengadilan Negri pada 16 Juni 2000. Setahun kemudian tepatnya 5 Juli 2001, ia pindah lagi ke Tangerang menjadi Ketua Pengadilan Negeri. Karirnya kian pesat. Tahun 2003, ia menjabat sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar. Selanjutnya ia merangkap jabatan sebagai Sekretaris Ketua MA pada 2004 dan Dirjen Badilum I di 2005.

Hanya dalam dua tahun saja, Hatta Ali kembali diangkat. Kali ini menjadi Hakim Agung tahun 2007. Dua tahun kemudian penyandang gelar Doktor dari Universitas Padjadjaran ini menjadi Ketua Muda Pengawasan MA merangkap Ketua Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi) serta juru bicara Mahkamah Agung.

Hingga akhirnya lewat voting di Sidang Paripurna Khusus pada 8 Februari 2012, Hatta Ali terpilih menjadi orang nomor satu di Mahkamah Agung. Ia pun menyampaikan program-programnya sebagai ketua pengadilan tertinggi di Indonesia. Hatta berjanji akan menjalankan amanah sebagai Ketua MA dan memprioritaskan pelayanan keadilan bagi masyarakat sebagaimana tertuang dalam blue print MA 2010-2035.

Riset dan Analisa: Yunita RachmawatiKarir

  • PNS Kementerian Hukum dan HAM
  • Ketua Mahkamah Agung RI untuk periode 2012-2017
  • Ketua Pengadilan Negeri  Manado, 16 Juni 2000.

Adapun jabatan strategis pada organisasi yakni;

  1. Wakil Koordinator Tim Pembaharuan Mahkamah Agung RI;
  2. Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Warga Pengadilan (PTWP);
  3. Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI);
  4. Pimpinan Umum Majalah Hukum Varia Peradilan;
  5. Presiden ASEAN Law Association;
  6. Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga;dan
  7. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Airlangga untuk periode 2017-2022.

Nama Lengkap : Hatta Ali

Agama : Islam

Tempat Lahir : Pare-Pare, Sulawesi Selatan

Tanggal Lahir : Jumat, 7 April 1950.

Putranya Meninggal Dunia

Putra Hatta Ali yang bernama Mohamad Irfan bin HM Hatta Ali meninggal pada Rabu 19 Juni 2019 di Namibia saat touring Harley Davidson. Kabar tersebut persis saat Hatta Ali sedang memimpin sidang sengketa Pilpres 2019 antara Jokowi dan Prabowo

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.