Biografi Pahlawan Revolusi Letnan Jenderal Anumerta M. T. Haryono

0 1.890

Biografi Pahlawan Revolusi Letnan Jenderal Anumerta M. T. Haryono

Letnan Jenderal M. T. Haryono atau yang memiliki nama panjang Mas Tirtodarmo Harjono merupakan salah satu dari tujuh pahlawan revolusi, beliau lahir di Surabaya pada tanggal 20 Januari 1924. Ayahnya seorang asisten wedana di Gresik. Haryono mendapatkan pendidikan formal di ELS (setingkat Sekolah Dasar), HBS (setingkat Sekolah Menengah Umum) dan Ika Dai Gakko (Sekolah Kedokteran masa pendudukan Jepang) di Jakarta, namun berhenti di tengah jalan. Ketika di Jakarta, Haryono turut bersama pemuda lain berjuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dilanjutkan gabung ke TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Pada peristiwa Gerakan 30 September, Letnan Jenderal M. T. Haryono menjadi salah satu korban kebiadaban Partai Komunis Indonesia (PKI).

Jenderal bintang tiga ini memiliki kepandaian dan kecerdasasan. Haryono seperti Bung Hatta yang fasih beberapa bahasa asing yaitu Belanda, Inggris dan Jerman. Sehingga Haryono sering menjadi perwira penyambung lidah dalam setiap perundingan. Termasuk ketika KMB (Konferensi Meja Bundar), Haryono hadir sebagai Sekretaris Delegasi Militer Indonesia.

M.T. Haryono seorang pendiam, tetapi ini tidak berarti bahwa ia bersikap acuh tak acuh terhadap pendidikan anak-anaknya. Ia mempunyai lima orang anak. Dua orang anak yang tertua lahir di Den Haag waktu ia menjabat Atase Nliliter di Negeri Belanda. Yang sulung bernama Bob Haryanto dan yang kedua Haryanti Mirya, seorang puteri. Anak yang ketiga, Rianto Nurhadi, yang keempat, Adri Prambanto. dan yang kelima, Endah Marina, seorang puteri, Iahir di Indonesia. Untuk menjaga keselamatan keiuarga dan terutama anak-anaknya, M.T Haryono tidak pernah membawa senjata pulang dan menaruhnya di rumahnya. Sifat berhati-hati tidak pernah ditanggalkan oleh M.T. Haryono. Demikian M.T. Haryono merupakan suami yang baik dan ayah yang bertanggung-jawab dalam keluarganya

Semoga bermanfaat “Biografi Pahlawan Revolusi Letnan Jenderal Anumerta M. T. Haryono”

sumber : wikipedia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.