Biografi Raditya Dika Mulai Penulis, Stand-up Comedy Hingga Youtuber Nomer 1

Biografi Raditya Dika Mulai Penulis, Stand-up Comedy Hingga Youtuber Nomer 1

0 178

Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal dengan Raditya Dika (lahir di Jakarta, 28 Desember 1984; umur 33 tahun) adalah seorang penulis, komedian, sutradara, aktor dan juga youtuber. Buku pertamanya berjudul Kambing Jantan masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan Dika (Raditya Dika) saat kuliah di Australia.[butuh rujukan] Tulisan pria yang akrab disebut Raditya Dika itu bisa digolongkan sebagai genre baru.[butuh rujukan] Kala ia merilis buku pertamanya tersebut, memang belum banyak yang masuk ke dunia tulisan komedi. Apalagi bergaya diari pribadi (personal essay).

Saat ini Raditya Dika memiliki akun facebook dengan liker sebanyak 4,7 M, Twitter 15,8 M , YouTube 4,4 M, Instagram 10 M, kalau ditotal memiliki audience mencapai 35 M. Bisa dibilang Radit sangat populer di dunia sosial media.

Biodata Raditya Dika
Nama Lengkap : Dika Angkasaputra Moerwani
Tanggal Lahir : 28 Desember 1984
Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
Istri : Anissa Aziza
Anak :
Pekerjaan : Penulis, sutradara, dan komedian
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia

Biografi Raditya Dika
Raditya Dika lahir pada tanggal 28 Desember 1984, di Jakarta. Nama aslinya adalah Dika Angkasaputra Moerwani, namun ia menggantinya saat duduk di bangku kelas 4 SD. Saat itu ia meminta izin kepada orang tuanya untuk mengganti namanya dari Dika Angkasaputra Moerwani menjadi Raditya Dika.

Pergantian namanya tersebut tidak secara resmi bahkan akte kelahirannya masih tertulis dengan nama Dika Angkasaputra Moerwani. Saat Ujian kelulusan SD, ia diminta pihak sekolah untuk menuliskan namanya pada lebar formulir, tapi ia menulis namanya sebagai “Raditya Dika”, bukan nama yang tertulis di akte kelahirannya. Hal tersebut mebuat ijazah SD yang seharusnya bernama Dika Angkasaputra Moerwani menjadi Raditya Dika.

Tidak hanya saat SD (Sekolah Dasar), saat memasuki SMP (Sekolah Menengah Pertama) ia menuliskan nama Raditya Dika mengikuti ijazah SD, bukan mengikuti nama akte kelahiran. Ia pun terdaftar di SMP Tarakanita I dengan nama Raditya Dika. Sejak saat itu namanya dalam kehidupan pendidikannya menjadi Raditya Dika. Ia juga akrab dipanggil teman-temannya dengan nama Radith. Tidak hanya ijazah saja yang salah dalam penulisan namanya. KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Izin Mengemudi), juga menggunakan nama Raditya Dika.

Novel
2005 – Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
2006 – Cinta Brontosaurus
2007 – Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa
2008 – Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
2010 – Marmut Merah Jambu
2011 – Manusia Setengah Salmon
2015 – Koala Kumal
2018 – Ubur-Ubur Lembur
Komik (bersama Adriano Rudiman)[sunting | sunting sumber]
2008 – Kambing Jantan
2011 – Kambing Jantan 2

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.