Cara Menangkap Hewan Tokek dan Burung dengan Aman

Cara Menangkap Hewan Tokek dan Burung dengan Aman

0 270

Tokek dan burung merupakan dua binatang yang sering dicari oleh masyarakat. Burung untuk dipelihara sementara tokek untuk dijadikan obat.

Burung sendiri banyak sekali jenisnya, yabg paling umum adalah love bird, perkutut, dan sejenisnya.

Sementara tokek sebagai salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok reptil tidak terlalu banyak jenisnya.

Jika kamu amati lebih jauh, tokek lebih mirip dengan cicak, hanya saja tokek memiliki aneka warna dan corak yang lebih beragam serta mampu tumbuh lebih cepat dari pada cicak.

Tokek memiliki pola hidup yang lebih aktif di malam hari, pada saat malam hari tokek mulai keluar dari sarang untuk berburu mangsa. Adapun jenis makanan tokek adalah serangga-serangga kecil seperti nyamuk, jangkrik dan laron.

Pada saat malam hari biasanya tokek berapa ada di pohon-pohon, tebing, bebatuan, sarang walet dan tidak jarang juga di dinding-dinding rumah. Tokek mempunyai suara yang sangat khas dan nyaring sehingga pada saat malam hari keberadaannya sangat mudah ditemukan. Belakangan ini tokek sering diburu, dikarenakan sebagian masyarakat percaya bahwa tokek dapat menyembuhkan beragam penyakit seperti alergi kulit, asma, kanker, dan beberapa penyakit lainnya.

Selain dipercaya sebagai sumber obat, ada juga sebagian orang menjadikan binatang ini sebagai binatang peliharaan. Tidak heran jida terkadang harga toke juga dapat melambung tinggi hingga mencapai puluhan juta. Jika kamu tertarik untuk menangkap tokek untuk digunakan sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai sumber obat maka kamu juga dapat mencobanya sendiri. Tidak ada teknis yang khusus dalam menangkap tokek, hanya saja pada saat menangkap hewan ini dibutuhkan kesigapan dan ketelitian.

Cara menangkap tokek dan burung menggunakan Tangan (umpan)

Tokek adalah hewan yang sudah terbiasa dengan kehadiran manusia, jika ada manusia hewan ini tidak akan langsung pergi. Pada kondisi inilah yang dapat kamu manfaatkan untuk menangkap tokek menggunakan tangan.

Sebelum menangkap tokek, lapisi terlebih dahulu tangan kamu menggunakan sarung tangan untuk menghindari luka akibat gigitan tokek. Untuk menangkap tokek menggunakan tangan kamu harus memiliki kecepatan dan kelitian karena target buruan tidak boleh terlepas.

Sementara burung, karena hewan ini aktif maka akan sangat sulit untuk menggunakan tangan, kecuali beberapa burung seperti merpati dengan diberikan umpan bisa jagung, atau burung betina.

Menggunakan Jaring dan sangkar.

Sebagian besar manusia takut menggunakan tangan, sebagai alternative maka kamu dapat menggunakan jaring.

Buat atau belilah jaring dengan ukuran sedang seperti jaring menangkap ikan atau jaring menangkap serangga.

Pada saat tokek muncul maka sergaplah menggunakan jaring. Penggunaan jaring dapat mempermudah kamu dalam memburu tokek.

Untuk burung bisa di taruh di pepohonan atau ditempat yang lebih tinggi. Dengan umpan ditaruh didalam sangkar.

Menggunakan Tembakau Untuk Tokek

Kamu dapat meremas dan bentuk tembakau menjadi sebesar jagung ataupun biji kacang kedelai. Lalu letakkan atau gantung tembakau tadi di area dimana tokek biasa hadir.

Pada saat tokek memakan tembakau tersebut maka tokek akan mengalami kondisi tubuh yang lemas dan mabok. Jika tokek sudah lemas, kamu dapat dengan mudah untuk menangkapnya. Tembakau tadi juga bisa kamu letakkan di sarang atau lubang yang biasa tokek bersarang.

Menjebak Menggunakan Potongan Bambu

Kamu dapat mempersiapkan batang bambu dengan ukuran 50 cm untuk menjerat tokek. Biarkan satu sisi batang bambu terbuka dan sisi lainnya tetutup. Letakkan bambu tersebut pada area yang sering dilalui oleh tokek. Nah, biasanya tokek akan tertarik masuk ke lubang bambu untuk beristirahat sementara ataupun menjadikannya sebagai hunian baru. Kamu dapat mengecek bambu tadi secara rutin, jika beruutngn maka kamu akan mendapati tokek di dalamnya. Pada saat tokek berada di dalam, sebisa mungkin kamu langsung menutup lubang bambu agar tokek tidak kabur dan lepas lagi.

Memanggil Ahli Tokek atau Burung
Beberapa orang memiliki keahlian dalam hal ini
Untuk memepercepat proses bisa anda meminta tolong dalam hal ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.