Website Official initu.id Penyedia Informasi Posititif
Berbagi pengetahuan dan informasi dari banyak sumber

Samping Kiri

Gambar Alat Musik Tradisional/Daerah Indonesia dari Berbagai Provinsi

Gambar Alat Musik Tradisional/Daerah Indonesia dari Berbagai Provinsi

0 130

Gambar Alat Musik Tradisional/Daerah Indonesia dari Berbagai Provinsi

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, adat-istiadat dan lain sebagainya, yang terbentang luas mulai dari Sabang sampai Merauke.

Maka dari itu, tak heran jika Indonesia disebut sebagai negara paling kaya. Salah satu contoh kecilnya adalah keberagaman alat musik tradisional berikut ini.

Serune Kalee

Gambar Alat Musik Tradisional Indonesia Serune Kalee dari Provinsi Aceh
Gambar Alat Musik Tradisional Indonesia Serune Kalee dari Provinsi Aceh

Alat musik yang akan kita bahas pertama kali adalah dari daerah Aceh sendiri memiliki alat musik tradisional yang dinamakan serune kalee. Cara pemakaian musik asal daerah Aceh ini sangatlah mudah cukup dengan meniupnya maka sudah menghasilkan berbagai bunyi cara kerjanya mirip dengan seruling.

Ada berbagai jenis suara yang dihasilkan dari serune ini diantaranya aerofon yang mana berfungsi untuk memberikan pengaturan nada yang keluar dari serune kalee caranya yaitu dengan membuka tutup lubang lubang yang terdapat pada bagian serune kalee dengan suatu teknik tertentu.

Angklung

Angklung merupakan sebuah alat musik yang multitonal (bernada ganda). Alat musik tradisional ini banyak tumbuh dan berkembang di pulau Jawa bagian barat (tanah Sunda). Cara memainkan alat musik yang terbuat dari bambu ini juga cukup mudah, yaitu dengan cara digoyangkan. Angklung biasanya dimainkan dengan lagu daerah sunda.

Bedug

Bedug merupakan alat musik tradisional yang secara fisik mirip dengan gendang, hanya saja ukurannya lebih besar. Bedug biasanya digunakan untuk ritual keagamaan ataupun politik. Alat musik yang satu ini bisa kita jumpai diberbagai daerah di Indonesia, khususnya di masjid-masjid.

Gamelan

Gamelan merupakan alat musik ensembel (kelompok alat musik) yang terdiri dari gambang, gong, gendang, bonang dan lain sebagainya. Gamelan ini merupakan alat musik yang berasal dari Jawa, namun juga bisa kita jumpai di Madura, Bali dan Lombok.

Sampe

Sampe merupakan sebuah alat musik tradisional khas Melayu yang berasal dari suku Dayak yang hidup tersebar di berbagai area wilayah di Kalimantan Timur.

Alat musik tradisional sampe dalam bahasa lokal suku Dayak bisa diartikan yaitu “memetik menggunakan jari”. Cara menggunakan alat musik tradisional sampe yaitu awal mula senar-senar sampe diselaraskan dengan menggunakan perasaan pemetiknya.

Mengapa hal ini dilakukan? Karena sampe merupakan alat musik yang berfungsi untuk menyatakan perasaan seseorang. Oleh karena itu nada yang dihasilkan steam senar-senar akan berbeda setiap orang.

Sampe juga alat musik yang berfungsi untuk menyatakan perasaan, baik itu perasaan riang gembira, kerinduan, rasa sayang, bahkan rasa sedih berduka. Pada zaman dahulu sampe dimainkan siang hari dan malam hari yang didalamnya terkandung makna.

Sasando

Sasando merupakan sebuah alat musik petik yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

Calung

Calung merupakan alat musik prototipe (purwarupa) dari alat musik angklung. Jika angklung dimainkan dengan cara digoyang, calung dimainkan dengan cara dipukul bagian batang/bilahan dari ruas tabung bambu. Calung juga berasal dari Sunda.

Kacapi

Kacapi merupakan alat musik petik yang berasal dari tanah Sunda.

Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional asli daerah Minahasa Sulawesi Utara. Nama kolintang menurut orang-orang Minahasa datang dari suaranya : tong (suara rendah), ting (suara tinggi) serta tang (suara umum).

Dalam bahasa daerah setempat bermakna, ajakan “Mari kita kerjakan TONG TING TANG” yaitu : ”Mangemo kumolintang”. Ajakan itu pada akhirnya beralih jadi kata kolintang supaya gampang dilafalkan oleh orang-orang.

Serunai

Serunai termasuk juga alat musik yang unik dimana datang dari Nusa Tenggara Barat yang berjenis nada Aerofon. Lewat cara ditiup lantas nadanya dimainkan dengan memakai jari-jari tangan untuk tutup lubang-lubang pada Serunai.

Suling

Suling merupakan alat musik tradisional yang termasuk dalam keluarga alat musik tiup kayu atau yang terbuat dari bahan bambu. Suling memiliki suara yang lembut dan bisa dikolaborasikan dengan alat musik lainya.

Jenis bahan suling. Suling terbuat dari berbagai macam bahan, seperti :

Suling Bambu yang biasa kita jumpai
Suling modern bagi para ahli biasanya terbuat dari bahan perak, emas atau campuran keduanya.
Suling untuk pelajar biasanya terbuat dari bahan nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak.

 

 

Terima kasih sudah membaca dan berbagi tulisan “Gambar Alat Musik Tradisional/Daerah Indonesia dari Berbagai Provinsi” semoga bermanfaat.

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE