Kenali Pengertian, Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Kenali Pengertian, Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

0 83

Spermatogenesis adalah proses gametogenesis pada pria dengan cara pembelahan meiosis dan mitosis. Spermatogenesis pada sperma biasa terjadi di tubuli smeniferus/testis. Sedangkan tempat menyimpan sperma sementara, terletak di vas deferens.

 

Selain istilah Spermatogenesis kita juga sering mendengar oogenesis, dua istilah kesehatan ini berkaitan erat bagi dua insan manusia yang

Spermatogonium
Spermatogonium merupakan tahap pertama pada spermatogenesis yang dihasilkan oleh testis. Spermatogoium terbentuk dari 46 kromosom dan 2N kromatid.

Spermatosit primer
Spermatosit primer merupakan mitosis dari spermatogonium. Pada tahap ini tidak terjadi pembelahan. Spermatosit primer terbentuk dari 46 kromosom dan 4N kromatid.

Spermatosit sekunder
Spermatosit sekunder merupakan meiosis dari spermatosit primer. Pada tahap ini terjadi pembelahan secara meiosis. Spermatosit sekunder terbentuk dari 23 kromosom dan 2N kromatid.

Spermatid
Spermatid merupakan meiosis dari spermatosit sekunder. Pada tahap ini terjadi pembelahan secara meiosis yang kedua. Spermatid terbentuk dari 23 kromosom dan 1N kromatid.

Sperma
Sperma merupakan diferensiasi atau pematangan dari spermatid. Pada tahap ini terjadi diferensiasi. Sperma terbentuk dari 23 kromosom dan 1N kromatid dan merupakan tahap sperma yang telah matang dan siap dikeluarkan.

Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Spermatogenesis

  • Proses pembentukan sel sperma.
  • Terjadi di dalam testis pria.
  • Berlangsung dari pubertas hingga akhir usia.
  • Masa pertumbuhannya pendek.

Oogenesis

  • Proses pembentukan sel telur.
  • Terjadi di dalam indung telur (ovarium) wanita.
  • Dimulai ketika wanita masih menjadi janin di dalam kandungan ibunya, berhenti, kemudian dimulai lagi setelah masa pubertas.
  • Masa pertumbuhannya panjang.

Spermatogenesis dan oogenesis merupakan proses biologis yang berkaitan dengan fungsi reproduksi. Dari kedua proses tersebutlah awal manusia bisa tercipta. Jika terdapat masalah dalam proses spermatogenesis dan oogenesis, maka kesuburan seseorang dapat terganggu. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan kesuburan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.