Manfaat Buah Alpukat Bagi Tubuh Manusia, Menu Diet Hingga Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Bagi Tubuh Manusia, Menu Diet Hingga Kesehatan

0 1.029

Selain mengenyangkan, buah dengan teksture lembut dan memiliki kulit agak kasar serta berwarna hijau ini memiliki kandungan lemak nabati yang cukup besar. Buah alpukat juga dikenal bisa memberikan nutrisi untuk kulit dan rambut. Lebih dari itu, alpukat sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tidak kita sadari, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi

1. Membantu penyerapan vitamin

Mia Syn, seorang ahli gizi diet dan nutrisi terdaftar mengatakan lemak alpukat tidak hanya bagus untuk kulit dan rambut saja. ” Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu penyerapan vitamin A, D, K, dan E yang larut dalam lemak,” ujar Mia kepada Elite Daily melalui email, dilansir Rabu (1/8/2018). “Vitamin K penting untuk pembekuan darah, sementara vitamin E membantu melindungi sel, jaringan, dan organ dari kerusakan radikal bebas,” imbuhnya.

2. Menjaga kesehatan mental

The New York Times melaporkan, alpukat mengandung banyak magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan mental dan terhindar dari stres. “Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan stres, tingkat kecemasan yang tinggi, dan sulit tidur,” kata Dr. Raj Dasgupta, seorang profesor pulmonary and sleep medicine di University of Southern California. “Magnesium adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan agar kita bisa tidur nyenyak di malah hari,” imbuh Raj.

3. Mencegah Katarak

Menurut sebuah penelitian yang terbit di jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, para ahli menemukan beberapa karotenoid atau pigmen dalam alpukat efektif mencegah katarak dan masalah penglihatan pada orang tua.

4. Mencegah sembelit

Menurut University of Maryland Medical Center, alpukat mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan dan mencegah sembelit. ” Alpukat mengandung sekitar 40 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan tubuh,” ujar para ahli.

5. Baik Bagi Ibu Hamil

Penelitian menunjukkan, konsumsi alpukat dan salad dengan campuran minyak zaitun dapat membantu wanita mendapatkan keturunan. Hal ini berlaku khusus bagi mereka yang tengah menjalani program bayi tabung. atau baik juga untuk ibu hamil.

 

Memilih dan Membeli Buah Alpukat

Untuk mendapatkan buah alpukat biasanya bisa dibeli di toko buah terdekat dengan harga kisaran 15-20 ribu per kilo gramnya. Yang perlu diperhatikan adalah

 

1. Hindari kulit buah yang berwarna hijau cerah Alpukat merupakan buah yang tidak bisa matang di pohon, sehingga buah ini harus dipetik dari pohon dan disimpan sampai matang. Ketika dipetik dari pohon, alpukat memiliki warna hijau cerah dan kulit yang mulus. Hindari buah yang berwarna hijau cerah, karena buah ini pasti belum matang. Pilihlah buah dengan warna yang hijau gelap karena berarti sudah diperam dan kemungkinan sudah matang.

2. Tekstur buah

Salah satu tanda buah yang sudah matang adalah tekstur buah yang sudah empuk. Ketika ingin memilih alpukat matang, coba tekan daging buahnya. Bila sudah empuk artinya alpukat sudah matang. Usahakan untuk menekan beberapa bagian alpukat untuk memastikan buah ini sudah benar-benar matang. Pada beberapa buah, tekstur yang empuk bukan disebabkan buah sudah matang, melainkan karena adanya memar atau bagian buah yang busuk. Karena itulah Anda harus menekan buah di semua sisinya.

3. Kupas kulit buah

Coba kupas sedikit kulit buah. Jika mudah dikupas berarti buah ini sudah matang.

4. Biji buah

Ini adalah cara tradisional yang biasa digunakan untuk memilih alpukat yang sudah matang. Biji buah yang matang akan terlepas dari daging buahnya dan tidak menempel. Bagaimana cara mengetahui apakah biji buah menempel atau tidak, tanpa memotong buahnya lebih dulu? Goyangkan saja buahnya, jika biji buah tidak menempel biasanya akan terdengar bunyi biji di dalam buahnya. Selain itu buah matang juga akan terasa lebih ringan dibanding yang masih mentah.

5. Bagian bawah buah

Ketika memilih alpukat, cobalah untuk memperhatikan bagian bawah, tempat tumbuhnya bagian batang alpukat. Jika masih ada sedikit sisa batang buah, petik saja batang ini dan teliti bagian dalam buah melalui “lubang” yang ditinggalkan. Jika lubang ini sudah berwarna hijau, artinya alpukat sudah matang. Kalau masih berwarna coklat, maka alpukat belum matang.

 

 

Sumber Health Kompas

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.