Mengenal Pekerjaan Digital Marketing dan Job Disknya. Apakah Cocok Buat Kamu?

Mengenal Pekerjaan Digital Marketing dan Job Disknya. Apakah Cocok Buat Kamu?

Akhir-akhir ini, tentu kita sudah tak asing lagi dengan istilah Digital Marketing, bukan?. Salahsatunya melalui gadget kita. Bagi para millennials dan generasi Z, tentu jenis pekerjaan Digital Marketing menjadi suatu hal yang catchy. Yup, memang berkat teknologi yang berkembang pesat, Digital Marketing kini menjelma menjadi profesi yang banyak dicari. Sebenarnya, apakah pekerjaan Digital Marketing itu? dan mengapa setidaknya kamu harus mengetahui dan bahkan tak ada salahnya untuk mempelajarinya.

Pekerjaan Digital Marketing secara umum memiliki berbagai proses dan teknik yang kompleks. Tak heran, jika pekerjaan ini memiliki nilai yang tinggi sehingga banyak dicari. Secara garis besar, seorang Digital Marketing harus bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dll.

Digital marketing manager adalah orang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan marketing dan branding yang dilakukan secara online. Apa saja lingkup dari ‘online’ yang dikerjakan oleh digital marketing manager ini? Mulai dari media sosial, blogs/content marketing, eBooks, aplikasi, video, dan mobile marketing (SMS/MMS). Pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan internet, maka itu termasuk tugas dari digital marketing manager.

 

Tidak semua perusahaan mengenal dan menggunakan jasa yang satu ini. Walaupun secara global dan holding company seharusnya sudah semestinya menjadi bagian dari struktur organisasinya

 

Secara garis besar, orang yang menangani pekerjaan Digital Marketing memang dapat disebut sebagai seorang Digital Marketing Manager atau Digital Marketing Specialist. Namun, ada beberapa jobdesc yang akan sering kita temui, antara lain.

  • Digital Strategist adalah seorang yang bertugas untuk memikirkan dan mengkonsep ide campaign marketing di ranah digital secara keseluruhan.
  • Social Media Strategist adalah seorang yang bertugas untuk mengkonsep dan merancang distribusi  content campaign marketing di social media.
  • Social Media Specialist adalah seorang yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan engangement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian content di social media.
  • SEO Specialist adalah seorang yang bertugas untuk mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine.
Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE