Mengenal Sinyal Jaringan Internet G, E, 3G, H, 4G, dan 5G

Mengenal Sinyal Jaringan Internet G, E, 3G, H, 4G, dan 5G

0 1.032

Pembaca tentu sering mendengan kata jaringan “4G” akhir akhir ini, bahkan terbaru sudah mulai terdengan kata-kata “5G”, apa sih sebenarnya yang membedakan diantara masing masing jaringan internet tersebut. Berikut kami membahas satu-persatu

1. Sinyal G atau GPRS

Sinyal G atau GPRS merupakan jaringan sistem data paket internet untuk HP. GPRS sendiri merupakan singkatan General Packet Radio Service. Jaringan GPRS memiliki kecepatan data mencapa i 35 – 171 Kilobits per-second (Kbps). Saat anda menemukan sinyal G di HP. Maka jangan harap bisa membuka konten video secara cepat.

2. Sinyal E atau EDGE

Generasi setelah GPRS yaitu generasi E atau EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution). Walau dalam penamaan disebut ‘Evolution’ sinyal E ternyata EDGE tidak begitu cepat data transfernya. Kecepatan data transfer sinyal EDGE ini antara 120 Kbps sampai dengan 384 Kbps. Pada smartphone iPhone generasi awal sinyal EDGE adalah jaringan tertinggi yang bisa dipindai. Walau agak lambat, namun membuka Kompasiana mobile tidak terlalu menjemukan dari sinyal GPRS.

3. Sinyal 3G

Sinyal 3G mungkin sedang menjadi andalan di Indonesia. Sinyal 3G sebenarnya turunan dari 2G atau GPRS. 3G sendiri adalah 3GPRS atau GPRS versi 3. Yang membedakan adalah protokol transfer data yang menggunakan UMTS (United Mobile Telecommunication Technology). Kecepatan datanya dimulai dari 384 Kbps sampai 2 Mbps. Untuk membuka Kompasiana mobile di HP, sinyal 3G lumayanlah. Walau memang butuh kestabilan sinyal yang diterima.

4. Sinyal H atau HPSA/HSDPA

Generasi jaringan berikutnya adalah HSPA (High Speed Packet Access) atau kadang dikenal dengan 3,5G. Sedikit lebih cepat dari sinyal 3G, transfer datanya antara 600 Kbps sampai 10 Mbps. Walau sebenarnya hanya rata-rata 1-3 Mbps. Sedang sinyal HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau kadang H+ memiliki kecepatan mencapai 7,2 Mbps.

5. Sinyal 4G atau LTE

Belum banyak HP yang mampu membesut sinyal 4G ini. Hanya iPhone 5 dan 5c atau lebih tinggi yang sanggup menyerap sinyal 4G. Sinyal 4G atau generasi ke 4 dari GPRS juga disebut LTE (Long Term Evolution) membesut kecepatan hingga 100 Mbps. Di Indonesia sendiri, provider telekomunikasi yang membesut sinyal 4G adalah pemegang merek Bolt.

6. Sinyal 5G

Jaringan sinyal yang sedang digarap Samsung, 5G atau mmWave Techonology mungkin datang beberapa tahun ke depan. Kabarnya, sinyal ini mampu membesut kecepatan data transfer mencapai 1 Gbps, alias Gigabyte per-second. Kecepatan data transfer untuk para penggila download atau menonton video HD via internet. Namun, entah kapan datang ke Indonesia sinyal 5G. Sedang 4G saja belum nampak batang sinyalnya di HP.

Beberapa operator di Amerika Serikat sudah siap untuk menarapkan sinyal 5G ini. Selain AT&T selaku operator di Amerika Serikat yang bersiap menyambut 5G. Operator lain, seperti Sprint disebut telah berkomitmen untuk menggelar 5G pada 2019, sedangkan T-Mobile pada 2020.

Kapan 5G masuk Indonesia masih belum ada kepastian, ada yang menyebut 2019 sudah mulai masuk dan diterapkan di Indonesia.

Demikian sedikit ulasan tentang “Mengenal Sinyal Jaringan Internet G, E, 3G, H, 4G, dan 5G,” tentunya semakin tahun perkembangan kecepatan internet akan semakin cepat. seiring dengan semakin berkembangnya infrastruktur pembangunan jaringan di seluruh dunia.

Kebutuhan internet bagi masyarakat semakin meningkat, segmen ekonomi, sosial, budaya dan lainnya akan semakin bergantung dengan keberadaan internet ini. Dengan harapan tentunya adab dan budaya nilai nilai positif yang tetap diperhatikan.

Catatan

  • 8 bits = 1 byte
  • 1000 bytes = 8 kilobits (kb) = 1 Kilobytes (KB)
  • 1000 Kilobytes (KB) = 8 megabits (Mb) = 1 Megabyte (MB)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.