Minuman Khas Yang Berasal Dari 34 provinsi di Indonesia.

Minuman Khas Yang Berasal Dari 34 provinsi di Indonesia.

Minuman Khas Yang Berasal Dari 34 provinsi di Indonesia.

Negara Indonesia adalah negara kepulauan dangan 34 provinsi yang memiliki ragam budaya yang melimpah dibandingkan negara lain di dunia. Mulai dari adat-istiadatnya, bahasa daerah, makanan tradisional hingga minuman khas daerah. Sebagai negara tropis makanan Indonesia populer dengan makanan berbahan rempah-rempah yang sudah mendunia. Minuman tradisional Indonesia juga tidak mau kalah ada juga yang mendunia. Banyak ragam budaya di Indonesia membuat minuman khas Indonesia berbagam macam. Berikut adalah macam-macam minuman khas Indonesia.

1. Aia Kawa dari Padang Sumatera Barat

Aia Kawa dari Padang Sumatera Barat
Aia Kawa dari Padang Sumatera Barat

Aia kawa merupakan minuman tradisional khas Indonesia dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat akan diminum, daun kering ini dicampur dengan air dingin, lalu diseduh dengan air mendidih. Minuman berasal dari Padang, Sumatra Barat.

Caranya mudah untuk membuat minuman khas tanah datar ini. Caranya Didihkan 150ml air dan tuangkan kedalam cangkir, lalu celupkan 1-2 kantong Kopi Kawa Daun ke dalam cangkir, tambahkan gula sesuai selera dan biarkan selama 5 menit. Membuat minuman ini sama dengan membuat minuman teh.

2. Sekoteng Minuman Tradisional Khas Jawa Tengah.

Sekoteng merupakan minuman tradisional yang populer di Jawa Tengah. Sekoteng berasal dari jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potonganroti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari.
Saat ini tidak banyak yang menjual minuman sekoteng, biasanya di tempat tertentu saja di malam hari.

3. Bajigur Minuman Khas Jawa Barat.

Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Minuman ini berbahan gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Seiring dengan perkembangan zaman sekarang sudah ada yang menyediakan berupa kemasan.

Karena rasa yang khas minuman ini banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan, bahkan dari wisatwan yang tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi ada juga yang berasal dari luar negeri seperti negara tetangga Malaysia.

4. Bir Pletok Minuman Khas Betawi Jakarta.

Bir Pletok merupakan minuman tradisional yang segar yang terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman khas ini dikenal di masyarakat Betawi. Semakin modern minuman khas betawi Jakarta ini sekarang sudah mulai naik kelas, dan akan mudah di dapat di pusat oleh-oleh khas Jakarta.

5. Wedang Angsle Minuman Khas Jawa Timur.

wedang angsle minuman khas jawa timur
wedang angsle minuman khas jawa timur

Wedang Angsle merupakan minuman khas dari Jawa Timur. Jika pembaca berkunjung jangan sampai lupa untuk mencoba kuliner khas yang berupa minuman hangat yang bernama wedang Angsle. Minuman seperti ini biasanya cocok dihidangkan ketika malam.
Wedang ini memiliki rasa khas dan memiliki bahan-bahan yang beraneka macam seperti roti tawar, terdapat juga ketan kukus, lalu kacang hijau, dan putu mayang (petulo). Bahan-bahan tadi diberikan kuah yang terbuat dari santan dan jahe.

6. Air Guraka Asal Maluku.

Air Guraka merupakan minuman khas Halmahera, Maluku yang bikin hangat. Minuman khas Indonesia ini berbahan dasar dari buah kenari. Selain buah kenari minuman ini juga dicampur dengan jahe merah, daun pandan, dan gula aren.

7. Minuman khas Indonesia Ie Boh Timon.

Ie boh timon sangat cocok jika diminum pada cuaca panas. Minuman ini merupakan minuman khas Banda Aceh. Es ini dgunakan untuk menetralisir masakan Acah yang banyak mengandung kolestrol karena minuman ini terbuat dari mentimun.

8. Minuman khas Yogyakarta Limun Sarsaparilla.

Limun Sarsaparilla, adalah minuman sarsaparilla atau di kalangan masyarakat tertentu di Daerah Istimewa Yogyakarta disebut Saparella yang di hasilkan dari tanaman Sarsaparilla yang menurut cerita dari masyarakat Yogyakarta khususnya Sleman, adalah minuman para raja-raja pada masanya.
Minuman ini merupakan soda hasil dari fermentasi air tanaman sarsaparilla yang pertama di Pulau Jawa. Karena langkanya tanaman ini sehingga membuat minuman ini sulit ditemukan. Dan yang membuat istimewa dari minuman ini adalah karena rasanya yang unik dari soda pada umumnya.
Minuman ini lebih segar disajikan dengan menambahkan es batu. Minuman ini diproduksi secara lokal di kota Yogyakarta.

9. Minuman khas Makasar Indonesia Sarabba.

Sarabba merupakan salah satu minuman khas makassar Sulawesi Selatan yang mempunyai banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Sarabba makassar sendiri di dalamnya dimasukkan bahan berupa jahe yang mempunyai banyak sekali bagi kebaikan bagi tubuh kita. Kini dengan kemasan yang menarik dan mudah di dapat, Sarabba Rajana.

Minuman berbahan dasar jahe, gula aren, dan santan sehingga memiliki paduan rasa manis dan gurih. Kehangatan Sarabba sangat cocok dinikmati dengan makanan seperti kacang rebus dan lain-lain.

10. Minuman khas Khas Provinsi Sumatera Utara

11. Minuman khas Provinsi Riau

12. Minuman khas Provinsi Kepulauan Riau.

es air mata pengantin minuman khas riau
es air mata pengantin minuman khas riau

Es air mata pengantin terdiri dari bermacam agar-agar warna warni. Es ini juga dilengkapi dengan biji selasih, nata de coco, dan blewah serta serutan es batu.

Kenapa dinamakan air mata pengantin? Karena minuman ini biasanya dihidangkan pada saat acara yang berbahagia. Anda bisa mencoba membuatnya.

13. Minuman Juz Pinang Khas Provinsi Jambi.

Jus Pinang merupakan salah satu menu minuman andalan dari masyarakat Jambi. Masyarakat Jambi umumnya percaya bahwa minuman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masuk angin maupun melancarkan peredaran darah.

jus pinang muda minuman khas jambi
jus pinang muda minuman khas jambi

Pada pembuatan minuman ini bahan dasar yang digunakan adalah jahe merah, cengkeh, gula merah, madu dan pandan. Minum Jus Pinang dalam keadaan hangat sangatlah nikmat, jika anda mengkonsumsi minuman ini maka anda akan menikmati kekhasan rasanya serta bersemangat dalam menjalani aktivitas harian.

14. Minuman Khas Provinsi Sumatera Selatan, Es Kacang Merah.

 

minuman khas sumatera selatan es kacang merah
minuman khas sumatera selatan es kacang merah

Es kacang merah adalah minuman segar dingin dengan campuran kacang merah, santan, susu kental dan bahan-bahan pelengkap lainnya. selain enak, minuman segar dingin ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh karena mengandung zat besi yang baik untuk
recharge energy setelah aktivitas padat seharian.

15. Minuman Khas Provinsi Bangka Belitung.

kopi minumah khas bangka belitung
kopi minumah khas bangka belitung

Di Toboali, Bangka Selatan, banyak kedai kopi yang buka sejak pagi hingga malam. Ada dua kopi yang diunggulkan, yakni Kopi O dan Kopi Susu. Kopi di daerah ini cukup unik, karena mencampurkan kopi arabika dengan kopi robusta. Lalu, kopinya juga dimasak dengan arang.

16. Minuman Khas Provinsi Bengkulu
17. Minuman Khas Provinsi Lampung

18. Minuman Khas Pulau Jawa dan Bali:
19. Minuman Khas Provinsi Banten
20. MinumanKhas Provinsi Bali Beribukota di Denpasar

21. Minuman Khas Provinsi Nusa Tenggara Barat

Susu kuda liar dari Sumbawa, menjadi oleh-oleh khas karena hanya ada di pulau Sumbawa dan di pulau Lombok untuk menemukan penjualnya, kalau di daerah lain selain dua pulau ini memang ada tetapi tidak semurah dan seenak dari dua pulau ini.

22. Minuman Khas Provinsi Nusa Tenggara Timur Beribukota di Kupang

23. Minuman Khas Provinsi Kalimantan Utara Beribukota di Tanjung Selor.

24. Minuman khas Ce Hun Tiaw dari Kalimantan Barat 

Minuman khas Ce Hun Tiaw dari Kalimantan Barat 
Minuman khas Ce Hun Tiaw dari Kalimantan Barat

Minuman dengan nama khas Ce Hun Tiaw ini merupakan minuman khas yang berasal dari etnis Tionghoa. Dalam bahasa Tionghoa Tio Ciu, Ce berarti ubi, Hun adalah tepung dan Tiaw artinya balok memanjang seperti mie sedangkan Che adalah hijau. Jika disimpulkan, Ce Hun Tiaw merupakan minuman cendol yang dilengkapi dengan berbagai macam toping mulai dari gula nerah, kacang dan bongko. Es ini sangat cocok untuk meredakan rasa panas disiang hari.

25. Minuman khas Provinsi Kalimantan Tengah Beribukota di Palangkaraya
26. Minuman khas Provinsi Kalimantan Selatan Beribukota di Banjarmasin
27. Minuman khas  Provinsi Kalimantan Timur Beribukota di Samarinda

28. Minuman khas Provinsi Sulawesi Utara Beribukota di Manado
29. Minuman khas Provinsi Sulawesi Barat Beribukota di Kota Mamuju
30. Minuman khas Provinsi Sulawesi Tengah Beribukota di Palu
31. Minuman khas Provinsi Sulawesi Tenggara Beribukota di Kendari

32. Minuman khas Provinsi Maluku Utara Beribukota di Ternate
33. Minuman khas  Papua Barat Beribukota di Kota Manokwari

34. Minuman khas  Papua Beribukota di Jayapura

minuman khas papua es buah matoa
minuman khas papua es buah matoa

Minuman khas Papua ini memiliki nama yang unik, es buah ini terbuat dari campuran agar-agar hijau, kolang-kaling, cincau hitam, biji selasih, biji pala serta buah matoa. Bagi yang belum tahu, matoa adalah buah yang mirip dengan kelengkeng, tapi kulitnya lebih hitam. Rasanya manis seperti rambutan.

Demikian sedikit ulasan terkait “Minuman Khas Yang Berasal Dari 34 provinsi di Indonesia,” semoga bermanfaat bagi pembaca.

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE