Pengertian, Catatan Saat Membuat Invoice dan Contoh Invoice Sederhana

Pengertian Invoice

Invoice adalah surat penagihan yang dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli atau dalam hal ini pelanggan sesuai dengan kesepakatan yang tertera di Purchase Order. Biasanya ada dateline waktu dan dokumen yang disepakati untuk dilampirkan.

Invoice juga lebih dikenal dengan surat tagihan agar memudahkan proses identifikasi pemesanan. Invoice biasanya dikeluarkan setelah terjadi booking atau pesanan antara penjual dengan pembeli. Invoice berisi rincian dari setiap barang atau produk yang ditawarkan dengan harga sesuai kesepakatan PO. Format standar invoice mencantumkan deskripsi pesanan, jumlah dan harga nominal secara jelas.

Masyarakat pada umumnya lebih mengenal faktur daripada invoice. Sebagaimana termuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan bahwa faktur merupakan daftar kiriman barang yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlah, dan harga yang harus dibayar oleh pelanggan. Faktur juga bisa diartikan sebagai perhitungan penjualan kredit yang diberikan oleh penjual kepada konsumen.

Semua yang terlibat dalam bisnis baik perdagangan produk, jasa atau yang lainnya pasti membutuhkan invoice. Di perusahaan jasa invoice biasa disebut dengan Notice atau kwitansi. Invoice ini merupakan bukti transaksi antara penjual dan konsumen.

Beberapa perusahaan menjelaskan juga secara detail potongan pajak yang dikenakan dalam invoice. Dan juga melampirkan berkas kelengkapan untuk melakukan pembayaran seperti nama dan nomer rekening.

Catatan Saat Membuat Invoice

  1. Tulislah secara lengkap informasi perjanjian jual beli anda. Mulai nama barang atau jasa yang bisa adisebut deskripsi. Jumlah dan harga yang dimaksud.
  2. Ikuti format standar invoice yang diminta oleh pembeli.
  3. Tuliskan juga besaran pajak bila ada, dan batas waktu pembayaran secara detail. Beberapa perusahaan ada yang menerapkan 1 hari, ada yang 7 hari, ada juga yang 14 hari bahkan ada yang samapai 3 bulan.
  4. Saat ini banyak yang menggunakan internet, maka jangan lupa buatlah format pdf untuk dikirim melalui email.
  5. Tulis juga alamat anda dan kontak person agar mudah dihubungi.

Contoh Invoice Sederhana

Berikut beberapa contoh invoice sederhana yang bisa anda contoh untuk melakukan penagihan

contoh invoice sederhana
contoh invoice sederhana

Contoh Invoice Bahasa Inggris

Demikian sedikit ulasan “Pengertian, Catatan Saat Membuat Invoice dan Contoh Invoice Sederhana, ” semoga bermanfaat untuk membuat invoice anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.