Website Official initu.id Penyedia Informasi Posititif
Berbagi pengetahuan dan informasi dari banyak sumber

Samping Kiri

Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

0 720

Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat mengembangkan strategi diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target segmen.

Ada juga yang mengartikan secara simple pangsa pasar (market share) yaitu persentase total penjualan suatu perusahaan (dari semua sumber) dengan total penjualan jasa atau produk dalam industri.

Jenis Pangsa Pasar :

Berikut ini adalah bentuk yang paling umum dari praktek segmentasi pasar.

Segmentasi geografis
Pemasar bisa segmen sesuai dengan kriteria-negara geografis, negara, daerah, negara, kota, lingkungan, atau kode pos. Pendekatan geo-klaster menggabungkan data demografi dengan data geografis untuk membuat profil yang lebih akurat atau tertentu [1]. Sehubungan dengan wilayah, di daerah hujan pedagang dapat menjual hal-hal seperti jas hujan, payung dan gumboots. Di daerah panas, satu dapat menjual pakaian musim panas. Sebuah toko komoditas usaha kecil mungkin hanya menargetkan pelanggan dari lingkungan lokal, sementara department store besar dapat menargetkan pemasaran terhadap beberapa lingkungan di kota besar atau daerah, sementara mengabaikan pelanggan di benua lain. Segmentasi geografis yang penting dan dapat dianggap sebagai langkah pertama untuk pemasaran internasional, diikuti oleh segmentasi demografis dan psikografis.

Segmentasi perilaku
Segmentasi perilaku membagi konsumen ke dalam kelompok sesuai dengan pengetahuan mereka tentang, sikap terhadap, tingkat penggunaan, respon, Status loyalitas, dan tahap kesiapan [6] untuk suatu produk. Ada konektivitas tambahan dengan semua sumber pasar terkait lainnya. Segmentasi perilaku membagi pembeli menjadi segmen berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau tanggapan mengenai suatu produk. Banyak pemasar percaya bahwa variabel perilaku adalah titik awal terbaik untuk membangun segmen pasar.

Segmentasi demografis
Segmentasi menurut demografi didasarkan pada variabel seperti usia, jenis kelamin, generasi, agama, pekerjaan dan tingkat pendidikan atau sesuai dengan manfaat yang dirasakan yang produk atau layanan dapat memberikan. Manfaat dapat dirasakan berbeda tergantung pada tahap konsumen dalam siklus hidup. Segmentasi demografis membagi pasar ke dalam kelompok tahap kehidupan yang berbeda dan memungkinkan untuk pesan yang akan disesuaikan sesuai. [3]

Sebuah varian dari pendekatan ini dikenal sebagai segmentasi berdasarkan firmographic atau fitur yang umum digunakan di pasar bisnis-ke-bisnis (diperkirakan bahwa 81% dari pemasar B2B menggunakan teknik ini). Berdasarkan pendekatan ini target pasar tersegmentasi berdasarkan fitur seperti ukuran perusahaan (baik dari segi pendapatan atau jumlah karyawan), sektor industri atau lokasi (negara dan / atau wilayah). [4]

Segmentasi psikografis
Segmentasi psikografis, yang kadang-kadang disebut gaya hidup, diukur dengan mempelajari kegiatan, minat, dan opini (AIO) dari pelanggan. Ini mempertimbangkan bagaimana orang menghabiskan waktu luang mereka, dan pengaruh eksternal yang mereka paling responsif terhadap dan dipengaruhi oleh. Psikografis sangat penting untuk segmentasi, karena psikografis mengidentifikasi kegiatan pribadi dan gaya hidup yang ditargetkan subjek sasaran bertahan, atau gambar mereka sedang berusaha untuk proyek. Media massa memiliki pengaruh dominan dan berpengaruh pada segmentasi psikografis. Produk gaya hidup dapat berhubungan dengan produk keterlibatan tinggi dan keputusan pembelian, untuk khusus atau mewah produk dan keputusan pembelian.

Segmentasi oleh manfaat
Segmentasi dapat berlangsung sesuai dengan manfaat yang dicari oleh konsumen atau pelanggan.

Segmentasi sesekali
Segmentasi kesempatan berfokus pada analisis kesempatan, independen dari pelanggan, seperti mempertimbangkan Coke untuk acara-acara menjadi haus, makan malam atau pergi keluar, tanpa mempertimbangkan perbedaan pelanggan kelas menengah makmur dan akan memiliki selama acara-acara tersebut.

Segmentasi pelanggan sesekali menyatu pelanggan-tingkat dan kesempatan-level model segmentasi dan memberikan pemahaman tentang pelanggan individu kebutuhan, perilaku dan nilai di bawah kesempatan yang berbeda dari penggunaan dan waktu. Tidak seperti model segmentasi tradisional, pendekatan ini memberikan lebih dari satu segmen untuk setiap pelanggan yang unik, tergantung pada keadaan saat ini mereka berada di bawah.

Segmentasi budaya
Segmentasi budaya [10] digunakan untuk mengklasifikasikan pasar sesuai dengan asal budaya. Budaya adalah dimensi yang kuat dari perilaku konsumen dan digunakan untuk meningkatkan wawasan pelanggan dan sebagai komponen model prediksi. Segmentasi budaya memungkinkan komunikasi yang tepat untuk dibuat untuk komunitas budaya tertentu, yang penting untuk keterlibatan pesan dalam berbagai organisasi, termasuk kelompok bisnis, pemerintah dan masyarakat. Segmentasi budaya dapat diterapkan untuk data pelanggan yang ada untuk mengukur penetrasi pasar di segmen budaya kunci dengan produk, merek, saluran serta langkah-langkah tradisional kebaruan, frekuensi dan nilai moneter. Benchmark ini merupakan bukti-dasar penting untuk memandu arah strategis dan kegiatan kampanye taktis, memungkinkan tren keterlibatan dipantau dari waktu ke waktu.

Segmentasi budaya juga dapat dipetakan menurut negara, wilayah, daerah pinggiran dan lingkungan. Ini memberikan pandangan pasar geografis proporsi populasi dan mungkin bermanfaat dalam memilih tempat tepat berada, menentukan batas-batas wilayah dan kegiatan pemasaran lokal.

Data sensus merupakan sumber berharga data budaya tetapi tidak dapat bermakna diterapkan kepada individu. Analisis nama (onomastics) adalah cara yang paling dapat diandalkan dan efisien untuk menggambarkan asal-usul budaya individu. Keakuratan menggunakan analisis nama sebagai pengganti untuk latar belakang budaya di Australia adalah 80-85%, [11] setelah memungkinkan untuk perubahan nama perempuan karena pernikahan, alasan sosial atau politik atau pengaruh kolonial. Luasnya cakupan data nama [12] berarti pengguna akan kode minimal 99 persen dari individu dengan kemungkinan besar asal leluhur mereka.

 

Multi-variabel segmentasi akun

Manajemen Wilayah Penjualan, menggunakan lebih dari satu kriteria untuk menggolongkan rekening organisasi, [13] seperti segmentasi rekening penjualan oleh pemerintah, bisnis, pelanggan, dll dan ukuran akun atau durasi, dalam upaya meningkatkan efisiensi waktu dan volume penjualan.

Menggunakan segmentasi di retensi pelanggan
Pendekatan dasar untuk segmentasi berbasis retensi adalah bahwa perusahaan tag masing-masing pelanggan aktif dengan empat nilai:

Apakah pelanggan ini berisiko tinggi membatalkan layanan perusahaan?
Salah satu indikator yang paling umum dari pelanggan berisiko tinggi adalah drop off dalam penggunaan layanan perusahaan. Sebagai contoh, dalam industri kartu kredit ini bisa mengisyaratkan melalui penurunan pelanggan dalam pengeluaran pada kartu nya.

Apakah pelanggan ini berisiko tinggi beralih ke pesaing untuk membeli produk?
Banyak kali pelanggan pindah preferensi pembelian untuk merek pesaing. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan mereka yang dapat lebih sulit untuk diukur. Ini adalah kali bermanfaat bagi mantan perusahaan untuk mendapatkan wawasan yang berarti, melalui analisis data, seperti mengapa perubahan ini preferensi telah terjadi. Wawasan tersebut dapat menyebabkan strategi yang efektif untuk memenangkan kembali pelanggan atau bagaimana tidak kehilangan target pelanggan di tempat pertama.

Apakah pelanggan ini layak mempertahankan?
Penentuan ini bermuara pada apakah laba pasca retensi yang dihasilkan dari pelanggan diprediksi akan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan pelanggan, dan termasuk evaluasi siklus hidup pelanggan. [14] [15]

Apa taktik retensi harus digunakan untuk mempertahankan pelanggan ini?
Untuk pelanggan yang dianggap layak tabungan, adalah penting bagi perusahaan untuk mengetahui menyimpan taktik yang paling mungkin untuk menjadi sukses. Taktik yang umum digunakan berkisar dari memberikan diskon khusus pelanggan untuk mengirim pelanggan komunikasi yang memperkuat proposisi nilai dari layanan yang diberikan.

Berikut Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar

  • Berikan penwaran tambahan yang menguntungkan pelanggan, lakukan peningkatan produk dan layanan agar pelanggan puas.
  • Jangan lupa pelanggan lama, hubungi dan tawari promo atau produk baru anda
  • Bangun kedekatan personal, bangun komunitas yang menguntungkan bagi pelanggan
  • Update dan informasikan berita terbaru kepada pelanggan anda
  • Berikan hadiah khusus pada momen yang tepat, salah satunya di hari pelanggan nasional 5 September. Sedikit pemberian akan senantiasa diingat oleh pelanggan.

Harga diskriminasi
Di mana monopoli ada, harga produk cenderung lebih tinggi daripada di pasar yang kompetitif dan harga dapat ditingkatkan lebih lanjut jika pasar dapat dibagi dengan harga yang berbeda dibebankan segmen yang berbeda pengisian harga yang lebih tinggi untuk segmen mau dan mampu membayar lebih dan pengisian kurang untuk mereka yang permintaan adalah harga elastis. Diskriminator harga mungkin perlu membuat pagar tingkat yang akan mencegah anggota dari segmen harga yang lebih tinggi dari pembelian pada harga yang tersedia untuk anggota segmen harga yang lebih rendah. Perilaku ini adalah rasional pada bagian dari monopoli, tetapi sering terlihat oleh otoritas persaingan sebagai penyalahgunaan posisi monopoli, apakah monopoli itu sendiri adalah sanksi. Daerah di mana diskriminasi harga ini terlihat mulai dari transportasi untuk obat-obatan. [16] Harga diskriminasi dapat dianggap penetapan harga di bawah kendali oligopoli atau konsorsium dalam keadaan tertentu deregulasi dan rekreasi.

Algoritma dan pendekatan
Setiap variabel diskrit yang ada adalah segmentasi – ini disebut “a priori” segmentasi, sebagai lawan dari “post-hoc” segmentasi yang dihasilkan dari proyek penelitian ditugaskan untuk mengumpulkan data tentang banyak atribut pelanggan. Pelanggan dapat dibagi berdasarkan jenis kelamin (‘Pria’ atau ‘Wanita’) atau sikap (‘progresif’ atau ‘konservatif’), tetapi juga oleh variabel discretized numerik, seperti dengan usia (“<30” atau “> = 30”) atau penghasilan (“The 99% (AGI = US $ 300,000)”).

Teknik statistik umum untuk analisis segmentasi meliputi:

  • Algoritma Clustering seperti K-sarana atau analisis Cluster lainnya
  • Model campuran statistik seperti laten Analisis Kelas
  • Pendekatan Ensemble seperti Hutan Acak
  • Algoritma lain seperti Neural Networks

 

Teori Segmen Pasar

Penargetan dan segmentasi adalah bagian dari proses tiga bagian disebut sebagai STP. STP adalah singkatan dari segmentasi, targeting dan positioning, proses yang melibatkan mengambil melihat dari dekat pelanggan potensial Anda untuk menentukan bauran pemasaran Anda. Penargetan dan segmentasi membantu Anda mempersempit pasar dalam kelompok-kelompok lebih mudah dikelola sehingga Anda tahu mana segmen untuk mengejar dalam mengembangkan bisnis Anda.

Deskripsi
Target mengacu pada proses pemilihan kelompok tertentu orang atau organisasi yang Anda mempromosikan produk dan jasa perusahaan Anda. Ini biasanya melibatkan identifikasi karakteristik keseluruhan calon pembeli Anda berbagi, seperti sebuah tantangan yang mereka hadapi, dan kebutuhan yang dihasilkan untuk produk atau layanan Anda. Segmentasi mengambil menargetkan satu langkah lebih jauh dengan mogok semua pelanggan potensial ke segmen yang lebih kecil dengan karakteristik serupa, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pemasaran Anda untuk menyesuaikan masing-masing kelompok.

Manfaat
Penargetan dan segmentasi membantu Anda menangkap bagian dari pasar yang pesaing Anda tidak mengejar. Selain itu, proses yang terlibat dengan penargetan dan segmentasi membantu Anda mengetahui jenis pesan pemasaran apa yang menarik bagi masing-masing kelompok. Misalnya, jika Anda menjual pemutih pasta gigi, segmentasi mungkin menunjukkan bahwa pesan Anda untuk anggur dan kopi peminum yang ingin menghilangkan noda harus berbeda daripada orang dewasa muda yang ingin senyum putih untuk alasan sosial. Segmentasi juga membantu menjaga anggaran pemasaran Anda di trek – jika Anda memiliki dana terbatas, segmentasi membantu Anda mengetahui kelompok mana prospek kemungkinan akan menghasilkan paling penjualan, sehingga Anda tahu mana untuk mengejar pertama.

 

 

Terimakasih sudah membaca “Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya” semoga bermanfaat untuk referensi pembaca sekalian.

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE