Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Jantung

Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Jantung Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Jantung Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Jantung Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Jantung

0 1.686

Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Jantung

Jantung merupakan ciptaan Allah SWT yang paling mengagumkan. Ia adalah pompa dobel menyemprotkan darah yang membawa makanan (gizi) sekaligus bensin (bahan bakar) ke tiap-tiap sel, jaringan, organ tubuh dan sistem vital tubuh lain melalui jaringan usus yang panjangnya lebih dari 150 km.

 

Pengertian Jantung

Jantung (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri. (wikipedia).

Jantung

Struktur Jantung.

gambar struktur jantung manusia
gambar struktur jantung manusia

Secara internal, jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi dua belah bagian, dari atas ke bawah, menjadi dua pompa. Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung. Belahan ini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung. Maka dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan & kiri dan bilik kanan & kiri.

Dinding serambi jauh lebih tipis dibandingkan dinding bilik karena bilik harus melawan gaya gravitasi bumi untuk memompa dari bawah ke atas dan memerlukan gaya yang lebih besar untuk mensuplai peredaran darah besar, khususnya pembuluh aorta, untuk memompa ke seluruh bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah.

Tiap serambi dan bilik pada masing-masing belahan jantung disambungkan oleh sebuah katup. Katup di antara atrium kanandan bilik kanan disebut katup trikuspidalis atau katup berdaun tiga. Sedangkan katup yang ada di antara serambi kiri dan bilik kiri disebut katup mitralis atau katup bikuspidalis (katup berdaun dua).

 

Fungsi Jantung

 

Tiap bagian dari anatomi jantung memiliki fungsi masing-masing. Berikut adalah penjelasannya secara lebih mendetail.

Serambi kanan. Darah kotor (darah yang tidak mengandung oksigen) memasuki serambi kanan melalui vena cava superior dan inferior. Dari serambi kanan, darah dipompa ke bilik kanan. Pada jantung janin, terdapat lubang di serambi kanan untuk memungkinkan darah mengalir secara langsung ke serambi kiri. Hal ini penting untuk sirkulasi janin yang sehat karena paru-paru janin belum mampu bekerja sempurna. Janin akan mengambil darah bersih yang kaya oksigen dari ibu. Setelah lahir, paru-paru bayi bisa berfungsi, sehingga lubang tersebut tertutup dan membuat batasan antara serambi kanan dan kiri.

Bilik kanan, merupakan bagian yang bertanggung jawab memompa darah kotor ke paru-paru. Bilik berada di bawah serambi kanan, dan di samping bilik kiri. Darah kotor yang mengalir melalui serambi kanan akan melewati katup trikuspid untuk sampai di bilik kanan. Darah ini kemudian dipompa menuju paru-paru melalui katup pulmonalis dan berjalan melalui arteri pulmonalis. Bila bagian jantung ini tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa lagi memompa secara efisien, Anda bisa mengalami gagal jantung kanan.

Serambi kiri, bertanggung jawab menerima darah bersih dari paru-paru. Darah bersih adalah darah yang mengandung oksigen. Darah bersih masuk ke serambi kiri melalui pembuluh balik atau vena Darah ini kemudian dipompakan ke bilik kiri melalui katup mitral. Dari bilik kiri, darah bersih yang kaya oksigen ini siap untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Bilik kiri, merupakan bagian jantung yang paling tebal dan bertugas memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Bilik kiri jantung terletak di bawah serambi kiri dan dipisahkan dengan katup mitral. Ketika jantung berkontraksi, darah nantinya mengalir kembali ke serambi kiri melalui katup mitral kemudian memasuki bilik kiri. Keadaan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan otot bilik kiri melebar dan mengeras. Bila hal ini terjadi, fungsi bilik kiri untuk memompa darah ke seluruh tubuh dapat terganggu.

 

Cara Kerja Jantung.

Cara Kerja Jantung Manusia
Cara Kerja Jantung Manusia

Detak jantung manusia berdetak sekitar 100.000 kali/hari, dan diatur oleh peacemaker. Peacemaker/pacu jantung terletak pada serambi kanan, dan bertugas mengirimkan informasi elektronik ke otot jantung untuk berkontraksi. Selain memberikan informasi ke jantung, peacemaker menerima informasi dari otak. Tiga lapisan yang menyusun jantung ialah sebagai berikut:

  1. Perikardium ialah lapisan terluar jantung yang merupakan membran yang membungkus jantung. Di dalamnya berisi cairan pericardium. Cairan ini berfungsi untuk m gesekan saat berdenyut.
  2. Miokardium ialah lapisan otot jantung yang berfungsi untuk berkontraksi jantung berdetak selamanya.
  3. Endokardium ialah lapisan dalam yang berupa selaput yang membatasi ruang jantung

Sistem saraf yang mengendalikan sistem kerja jantung diatur oleh sistem saraf tak sadar dalam miokardium. Ada tiga jenis sistem saraf yang mengendalikan kerja jantung a.simpul yang terdapat pada dinding serambi di antara vena masuk ke serambi kanan disebut sistem Keith-Flack (nodus sino aurikularis).

  1. Simpul yang berada pada sekat serambi dengan bilik disebut simpul Tawara (nodus atrioventrikularis).
  2. Saraf yang berada di sekat antara bilik jantung disebut berkas His.

Gambar jantung manusia dan bagian-bagiannya

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.