Peristiwa Menarik di Bulan Maret

Peristiwa Menarik di Bulan Maret

Tema kali ini, kami mencoba untuk memaparkan pelajaran beberapa peristiwa yang menarik yang terjadi di bulan Maret.

Baik di Indonesia maupun di luar negeri, sebagai pelajaran sejarah yang bermanfaat tentunya.

Berikut uraiannya.

1 Maret 1498 – Pelaut Portugis, Vasco da Gamma dalam perjalanannya menuju India mencari rempah-rempah. Mendarat di wilayah yang saat ini bernama Mozambique

1 Maret 1949 – Terjadi serangan umum 1 Maret. Setelah agresi militer Belanda II, Belanda mempropaganda dunia internasional bahwa dengan jatuhnya Yogyakarta sebagai ibukota Indonesia saat itu, maka Negara republik Indonesia sudah tidak ada lagi. Propaganda tersebut dibalas dengan penyerangan besar-besaran oleh TNI selama 6 jam dibawah komando Jendral Soedirman.

2 Maret 1836 – Negara bagian Texas Amerika mendeklarasikan kemerdekaan atas Mexico

4 Maret 1933 – Pelantikan perdana menteri Franklin D Roosevel sebagai Presiden AS. Bertempat di Washington D.C, Saat pidato pertamanya keluar kutipan yang sangat populer “We have nothing to fear, but fear itself”.

2 Maret 2011 – Steve Jobs memperkenalkan produk terbarunya yaitu Apple iPad 2

6 Maret 1521 – Seorang pelaut asal Portugis yang bernama Ferdinand Magellan, menemukan Guam.

11 Maret 1966 – Keluarnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Dalam surat ini Presiden Soekarno memberikan mandat kepada Panglima TNI AD untuk mengembalikan keamanan dan ketertiban paaca G30S PKI

14 Maret 1980 – Wafatnya sang proklamator Bung Hatta. Beliau meninggal setelah 11 hari di RS Cipto Mangunkusumo

 

24 Maret 1946 – Bandung Lautan Api

25 Maret 1947 – perjanjian Linggarjati. Banyak pihak yang menganggap Perjanjian Linggarjati adalah bentuk lemahnya pemerintahan saat itu. Di mana harusnya Sumatera masuk dalam wilayah NKRI, namun perundingan dengan Belanda tersebut hanya mengakui bahwa wilayah Republik Indonesia secara de facto hanya terdari dari Jawa dan Madura. Selain itu, perjanjian ini juga berhasil mengubah bentuk negara dalam Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS).

 

Pelaksanaan hasil-hasil Perjanjian Linggarjati ini tidak berjalan mulus. Bahkan Belanda justru menghianati perjanjian ini dengan melakukan Agresi Militer I pada tanggal 21 Juli 1947. Harusnya, menurut perjanjian, mereka akan angkat kaki dari bumi Indonesia tanggal 1 Januari 1949. Dengan adanya agresi ini maka dianggap perjanjian batal oleh keduanya.

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE