Peta Jalur Mudik Darat 2018, serta Daftar Tol Yang Bisa di Lewati

Peta Jalur Mudik Darat 2018, serta Daftar Tol Yang Bisa di Lewati

Peta Jalur Mudik Darat 2018, serta Daftar Tol Yang Bisa di Lewati

 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan sejumlah ruas tol baru pada tahun ini. Salah satunya yaitu ruas tol Ngawi-Kertosono yang akan dioperasikan pada awal bulan ini.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani meng‎atakan, ruas tol yang dioperasi pada tahun ini antara lain, ‎tol Ngawi-kertosono, tol Solo-Ngawi, tol Bogor Ring Road. Kemudian tol Gempol-Pasuruan, tol Pandaaan-Malang dan tol Semarang-Batang

“Nanti gempol-pasuruan juga ada seksi II dulu, Pandaan-Malang sebagian juga akan beroperasi. Semarang-Batang juga beroperasi tahun ini,” ujar dia di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

 

Menurut dia, yang paling dekat untuk dioperasikan yaitu tol Ngawi-Kertosono. Kemudian disusul Solo-Ngawi dan Bogor Ring Road.

‎”Usai Ngawi-Kertosono, selang sebulan Solo-Ngawi akan dilanjutkan. Beda waktu sedikit dengan Solo-Ngawi itu Bogor Ring Road yang paling dulu diluluskan kemarin saat evaluasi sudah langsung diselesaikan. Erection terakhirnya sudah tuntas sekarang,” jelas dia.

Meski sejumlah tol telah siap untuk dioperasikan, namun Desi mengatakan masih banyak ruas yang harus dikejar penyelesaiannya. Dia menargetkan pada tahun ini ada 300 km jalan tol yang dioperasikan.‎‎

“Masih banyak (yang harus diselesaikan). Tahun ini mungkin 300 (km), harapan kita 300 lebih,” tandas dia.

“Jalan tol (di utara Jawa) kan sudah tersambung sampai Surabaya dan Pasuruan. Pandaan-Malang Seksi I sampai Purwodadi yang sekitar 15 km juga nanti bisa dipakai,” terang dia saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Lebih lanjut Herry, menyebutkan dua jalur tol yang dapat dibuka fungsional saat mudik nanti, yakni Tol Batang-Semarang dan Tol Salatiga-Solo.

Peta Jalur Tol untuk Mudik Darat 2018 Jawa Barat
Peta Jalur Tol untuk Mudik Darat 2018 Jawa Barat

Untuk peta mudik Jawa Barat 2018 tidak jauh berbeda dengan Peta Mudik 2017

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip Kompas, Rabu (31/1/2018), panjang ruas Tol Trans Jawa yang dibuka fungsional mencapai 178 kilometer.

Peta Jalur Tol untuk Mudik Darat 2018
Peta Jalur Tol untuk Mudik Darat 2018

Ruas itu terdiri atas Tol Pemalang-Batang

Seksi 1 Pemalang-Pekalongan (17,3 km) dan

Seksi 2 Pekalongan-Batang (15,9 km).

Kemudian Tol Batang-Semarang

  • Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,2 km),
  • Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 km),
  • Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 km),
  • Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,5 km)
  • dan Seksi 5 Kaliwungu-Ngaliyan (10,9 km).

Tol Semarang-Solo

  • Seksi 4 Salatiga-Boyolali (24,13 km)
  • Seksi 5 Boyolali-Kartosuro (8,41 km).

Tol Mudik 2018 Surabaya Kertosono JatimTol Ngawi-Kertosono

  • Seksi IV Saradan (Wilangan)-Kertosono sepanjang 37 km.

Tol Kertosono-Mojokerto

  • Seksi IV Bandar-Batas Barat sepannjag 0,9 kilometer.

Tol Sumatera

Sementara untuk Trans Sumatera, ruas tol yang akan dibuka darurat sepanjang 140 kilometer.

Adapun ruasnya meliputi Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 Pelabuhan Bakauheni-Sidomulyo (30,5 km), Paket 2 Segmen Lematang-Kota Baru (35,48 km), Paket 3 Kota Baru-Metro (29 km), dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar (31,8 km). Terakhir, Tol Palembang-Indralaya Seksi 2 Pamulutan-KTM (4,9 km) dan Seksi 3 KTM-Indralaya (9,28 km).

Sebagai tambahan informasi, empat ruas tol baru lainnya adalah Tol Gempol-Pasuruan Seksi II (6,6 km), Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek (3,5 km), Tol Pejagan-Pemalang Seksi SS Brebes Timur-Sewaka (36 km), serta Tol Pemalang-Batang Seksi Sewaka-SS Pemalang (5,2 km).

Herry menyebutkan, ruas Tol Gempol-Pasuruan Seksi II juga akan segera diuji coba timnya. Dia berharap, ketujuh jalan bebas hambatan teranyar itu dapat segera beroperasi dalam waktu dekat.

“Tol Gempol-Pasuruan juga enggak lama akan uji laik fungsi. Harapan saya, tol-tol itu bisa secepatnya beroperasi,” tukas Herry.

 

Sumber Liputan6

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE