Pola Hidup Sehat dan Cara Hidup Sehat Menurut Rosulullah

Pola Hidup Sehat dan Cara Hidup Sehat Menurut Rosulullah

0 1.077

Pengertian pola hidup sehat adalah usaha setiap orang yang ingin selalu sehat, yaitu dengan cara memperhatikan gaya hidup sehat agar tubuh selalu terjaga dari berbagai macam penyakit. Tidak cukup hanya mengetahuinya, kita juga harus mempraktekkannya. Dengan pola hidup sehat, tubuh anda akan selalu sehat dan tampak segar serta bugar.

Pengertian Hidup Sehat Menurut Pakar.

Menurut Kotler, gaya hidup sehat yakni deskripsi dari kegiatan/aktivitas yang didukung oleh minat, keinginan serta bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan linkungan. Pastinya pada hal-hal baik.

Dari pengertian di atas bisa disimpulkan kalau pola hidup sehat yaitu adalah sebuah pilihan yang sangat pas untuk keberlangsungan hidup kita, sedangkan gaya hidup sehat yaitu jalan yang perlu ditempuh untuk mendapatkan fisik yang sehat secara jasmani ataupun rohani. Jadi pola hidup sehat yaitu proses untuk mencapai gaya hidup sehat.

Pada era modern seperti sekarang ini, banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan tubuhnya. Dengan padatnya aktifitas kita baik kerja maupun lainnya, terkadang melupakan beberapa kebutuhan pokok tubuh, seperti minum air putih. Menggerakan dan mereganggkan otot dan sebagainya.

Oleh karena itu untuk menjaga tubuh anda agar selalu sehat dan segar, anda harus mengubah pola hidup anda. Beberapa pola hidup sehat yang wajib anda perhatikan adalah pola makanan, olahraga, dan waktu istirahat yang cukup.

Cara Hidup Sehat dari Menurut Para Ahli Hingga Ala Rasulullah
Cara Hidup Sehat dari Menurut Para Ahli Hingga Ala Rasulullah

Menurut Rosulullah

Menurut catatan sejarah, semasa hidupnya Rasulullah hanya pernah mengalami sakit sebanyak 2 kali. Pertama, ketika beliau diracuni oleh perempuan Yahudi. Kedua, ketika menjelang meninggal dunia. Selain dari itu, Rasul selalu tampak sehat dan bugar. Maka itu, kita wajib meneladani beliau agar diri kita juga tidak mudah sakit.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab: 21)

 

Beberapa tips yang bisa kita contoh antara lain. Biasakan mencuci tangan sebelum makan,selektif dalam memilikh makanan terutama makanan halal, gunakanlah tangan kanan untuk makan, tidurlah lebih awal agar bisa bengun lebih pagi dan tentunya sebaliknya karena begadang tidak baik bagi kondisi tubuh, berpuasa dan menjadikannya sebagai amalan yang terus menerus (seperti puasa senin kamis, puasa syawal, puasa daud), rajin berolah raga (memanah, renang, dan berkuda), rajin meggosok gigi.

 

Berikut informasi tambahan yang kami rangkum dari berbagai sumber

Pola makanan sehat

Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat dan lemak.
Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker.
Cukupi kebutuhan air tubuh anda dengan meminum air putih.
Konsumsi sayur dan buah-buahan yang masih segar. Dan tentunya kita juga harus menghindari makanan atau aktifitas yang dilarang bahkan merusak metabolisme tubuh. Seperti merokok atau minum alkohol.

Olahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara rutin, membuat tubuh anda semakin bugar. Olahraga banyak sekali manfaatnya, seperti memperlancar aliran darah dan regenerasi sel-sel tubuh yang mati sehingga anda tampak segar dan bugar.

Dari Amirul Mukminin, Umar al-Faruq ibn al-Khattab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (Riwayat Sahih Bukhari dan Muslim).

Cukup istirahat

Tubuh kita bukan mesin. Tubuh kita butuh istirahat minimal 7 jam perhari agar siap dan tetap segar menjalankan aktivitas berikutnya. Istirahat yang berkualitas akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Itulah beberapa contoh gaya hidup sehat yang dapat membantu anda mendapatkan tubuh yang sehat, segar serta bugar. Dan semoga kita semua tahu betul tentang pengertian pola hidup sehat dan kemudian dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Orang sehat terbagi menjadi 3 kelompok dasar, yaitu :

1. Orang sehat karena memiliki kondisi tubuh yang prima sejak lahir, sehingga tidak perlu melakukan berbagai treatment kesehatan.

2. Orang yang rutin melakukan kegiatan fisik yang menyehatkan sehingga secara tidak disengaja menjadi sehat.

3. Orang yang sehat karena ia memang sengaja melakukan berbagai aktifitas untuk menjadi sehat.

 

Konsumsi Makanan Sehat dan Halal

Pola makan yang sehat ikut menunjang pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa aturan baku dalam pola makan yang sehat, yang masih bisa kita usahakan.

1. Perbanyak Konsumsi makanan yang berasal dari Tumbuhan

2. Perbanyak Jumlah Serat

3. Batasi Konsumsi Lemak Jenuh

4. Mengkonsumsi makanan yang bervariasi

5. Konsumsi makanan yang berasal dari Bahan Makanan Alami

6. Makan Secukupnya sesuai kebutuhan aktifitas sehari-hari

7. Makan Secara Teratur, dan jangan terbiasa menunda makan.

Zat-Zat Gizi yang Diperlukan oleh Tubuh

Zat-zat gizi yang mutlak diperlukan oeh tubuh pada dasarnya ada enam, yang mana zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kegiatannya sehari-hari. Adapun zat-zat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Karbohidrat

2. Lemak (Terutama lemak tak jenuh)

3. Protein

Sumber protein ada dua macam, yaitu sebagai berikut:

a. Protein hewani

Misalnya berbagai jenis daging, ikan, dan telur.

b. Protein nabati

ialah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan , biasanya pada jenis kacang-kacangan.

4. Vitamin

Vitamin dibagi menjadi dua golongan, yaitu sebagai berikut:

a. Vitamin yang larut dalam lemak, Terdiri atas vitamin A, D, E, dan K

b. Vitamin yang larut dalam air, Terdiri atas vitamin B dan vitamin C

5. Mineral

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh  antara lain,

a. Kalsium

b. fosfor

c. Zat besi

d. Yodium

e. Mineral lain dalam jumlah kecil seperti tembaga, mangan, seng, cobalt, dan fluor.

 

Pola Hidup Sehat dan Cara Hidup Sehat Menurut Rosulullah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.