Rahasia, Khasiat dan Fungsi Kentang Hitam (Coleus Tuberosus)

Rahasia, Khasiat dan Fungsi Kentang Hitam (Plectranthus Rotundifolius)

0 1.065

Rahasia, Khasiat dan Fungsi Kentang Hitam 

Kentang hitam (Plectranthus rotundifolius) adalah terna yang menjalar yang bisa juga digunakan sebagai pengganti nasi. Bagian yang sering dipergunakan adalah umbinya. Sering digunakan sebagai campuran sayur lodeh, sayur asem, hingga jajanan sore. Petani menanam kentang hitam tatkala sesudah menanam padi.

Dikenal dengan nama macam-macam nama gombili (Gy.), dan kěntang jawa (Melayu), hombili (Batak), kěmbili (Aceh dan Sumatera Barat), kĕntang jawa (Betawi), huwi kěntang (Sunda), kambili, dan daun sabrang (Jatim), gombili, dan obi sola (Madura), sabrang (Bali),[2] gěmbili, kěntang irěng, kumbili jawa, kěntang klici (Jawa), kombili (Maluku), sěbrang (Lombok),[1][4][5] kĕntang jawĕ, kĕntang kĕmbili (Pontianak dan Kubu Raya) dan lain-lain di seluruh Indonesia.

Misalnya di pasar Purwokerto Jawa Tengah, kentang ini dijual dua macam. Mentah dan matang. Ibu-ibu yang menyukai kentang matang akan memakannya sebagai camilan sehat keluarga. Sedangkan yang mentah, biasa diolah dalam bentuk tumisan.

Mengapa masih banyak konsumen yang mencari kentang jenis ini? Tak lain disebabkan kandungan dan manfaatnya yang kaya dengan karbohidrat tinggi sehingga umbi ini layak sebagai sumber energi dan bahan pangan fungsional sahabat Ummi. Selain itu kentang hitam terdiri atas lemak, protein, mineral (A, B1, C, Fe, K, P) yang sangat baik bagi tubuh. Beberapa hasil penelitian para ahli juga membuktikan bahwa kentang ini:

  • Mengandung senyawa antioksidan dan senyawa antiproliferasi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, yaitu Ursolic Acid (UA) dan Oleanolic Acid (OA)
  • Kentang hitam dapat mencegah diabetes mellitus
  • Kulit kentang mengandung empat kali senyawa baik dibandingkan bagian daging umbinya.
Foto Penampakan Kentang Hitam

Pantas saja kentang hitam masih digemari. Tapi jangan lupa ya, makan kulit bersama daging umbinya. Yuk, ajarkan keluarga untuk kembali mencintai alam dan menyediakan bahan makanan tradisional di dapur keluarga. Selamat memetik manfaat.

 

Manfaat Kentang Hitam

Selain bisa menjadi bahan makanan. Kentang hitam menurut penelitian, telah dikabarkan bahwa kentang hitam mempunyai antioksidan yang natural dan antikanker yang terdapat pada ekstrak etanol daging dan kulit permukaan kentang hitam serta antioksidan yang tinggi dan aktifitas antiproliferatif yang terbuat dari ekstrak etanol kulit dengan cara yang bergantung dengan dosis

Referensi: dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

 

Demikian sedikit ulasan “Rahasia, Khasiat dan Fungsi Kentang Hitam (Coleus Tuberosus),” semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.