Website Official initu.id Penyedia Informasi Posititif
Berbagi pengetahuan dan informasi dari banyak sumber

Samping Kiri

Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember

Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember

0 136

Sejarah Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12 Desember

Hari Belanja Online Nasional atau biasa disingkat dengan Harbolnas merupakanhari perayaan untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring. Hari ini sudah mulai populer di Indonesia, bahkan sudah dimulai sejak tahun 2012 dan 2013.

Di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang terkenal sebuah perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday dimana para pedagang online menggelar promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara memperingati syukuran panen akhir tahun) untuk menarik konsumen berbelanja online. Selain itu kita juga sering melihat diskon yang diluncurkan setiap Jumat dengan sebutan Black Friday.

Pada perkembangannya khususnya di Indonesia ada beberapa toko online yang berebut pasar dengan isu ini. pada artikel selanjutnya kita coba akan bahas satu persatu toko online di Indonesia yang populer saat ini.

Hari belanja online nasional - harbolnas Desember 2017Aksi Pertama Belanja Online Nasional

Ketika pertama kali dilakukan pada tahun 2012 lalu, aksi ini hanya diikuti oleh 7 e-commerce. Saat itu lebih dikenal sebagai aksi 121212. Dan dari sebuah inisiatif spontan di tahun 2012, akhirnya bergerak menjadi sebuah aksi bersama yang dilakukan para industri retail online di Indonesia.

Di tahun 2013, mulai dipopulerkan istilah Hari Belanja Online Nasional (harbolnas), dimana dalam satu hari, pelanggan mendapatkan penawaran diskon yang paling besar selama setahun untuk produk-produk menarik, hanya di online.

Respon industri pun cukup menggembirakan. Rata rata e-commerce atau toko online peserta Hari Belanja Online Nasional di 2013 mendapatkan respon yang positif. Dari berbagai rilis yang dikeluarkan, bisa diasumsikan bahwa Hari Belanja Online Nasional 2013 memecahkan rekor penjualan online di Indonesia.

Dan tahun ini menurut kabar yang berkembang Hari belanja Online Nasional (harbolnas) kembali dengan peningkatan jumlah peserta menjadi 72 e-commerce yang masing masing memberikan penawaran diskon bagi para konsumen secara online mencapai 90%.

Terima kasih sudah membaca “Sejarah Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12 Desember”, stay tune terus kabar dari kami¬†semoga bermanfaat

 

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE