Umur Berapakah Bayi Bisa Duduk dan Berdiri Sendiri? Berikut Ulasannya

0 117

Perkembangan bayi yang krusial dan tentunya dinanti-nantikan orang tua adalah saat seorang bayi melalui fase dimana bisa duduk secara mandiri dan berdiri secara mandiri.

Berikut beberapa hal yang bisa diketahui baik terkait waktu dan situasi bayi bisa duduk dan berdiri.

Umur Berapakah Bayi Bisa Duduk Sendiri?

Dilansir dari laman baby center, bayi akan mulai belajar duduk secara mandiri sekitar usia 4 hingga 7 bulan. Bermula dari bayi akan berguling dan mengangkat kepalanya.

Sementara itu, sebagian besar bayi dapat duduk dengan baik selama beberapa menit tanpa dukungan ketika usianya 8 bulan. Namun, Bunda jangan khawatir jika bayi sedang duduk lalu mereka tiba-tiba roboh, karena hal ini sering terjadi akibat bayi sudah bosan untuk duduk.

Hal yang dapat dilakukan untuk melatih bayi agar bisa duduk

Sering melatih bayi duduk merupakan cara yang paling tepat agar bayi bisa duduk di usia yang tepat. Latihan itu pun memberikan kesempatan untuk bayi agar mereka dapat tegak dan kuat saat duduk.

Lantas, bentuk latihan apa saja yang dapat dilakukan orangtua untuk mendukung bayi duduk? Nah, Bunda, perhatikan penjelasan berikut ini ya.

  1. Latih bayi untuk duduk di lantai, atau bisa juga sambil memberikannya mainan. Dengan cara ini, maka dapat melatih bayi untuk bisa duduk mandiri.
  2. Dudukkan bayi di atas pangkuan atau di antara kaki Anda di lantai. Sembari melakukan hal ini, Anda dapat membacakan buku, menyanyikan lagu, dan mencoba berbagai permainan gerakan untuk bayi.
  3. Tummy time. Biasakan bayi untuk melakukan tummy time beberapa menit dalam beberapa kali sehari.
  4. Setelah bayi mulai bisa duduk mandiri, letakkan bantal di sekeliling bayi untuk menjaga bayi saat mereka duduk di lantai. Pastikan juga bayi duduk di permukaan yang rata.

Kapan Bayi Boleh Berdiri

Sebelum bayi dapat berdiri, ada beberapa hal yang sangat diperhatikan. Antara lain bayi perlu menguasai beberapa kemampuan lain terlebih dahulu, seperti kemampuan mengontrol leher dan menegakkan kepala, kemampuan berguling, kemampuan merangkak serta kemampuan untuk menahan diri saat duduk.

Saat usia sekitar 5 bulan, anda sudah dapat menahan bayi anda dalam posisi berdiri, membiarkan kakinya menyentuh lantai yang keras agar bayi mendapat rangsangan di daerah kakinya. Namun jangan paksakan bayi untuk menahan beban tubuhnya sekiranya belum siap betul.

Anda perlu melihat bayi anda juga, bila bayi tampak senang dalam posisi ini, anda dapat melanjutkan melakukan latihan ini setiap hari. Sekitar usia 6 bulan, bayi sudah dapat menahan sedikit berat badannya dengan kaki. Bayi akan secara aktif menghentakkan kakinya ke lantai seperti hendak meloncat-loncat.

Sekitar usia 6-9 bulan, bayi sudah bisa menarik dirinya berdiri sendiri dengan berpegangan ke kursi atau tepi ranjang, atau menarik diri dengan bantuan anda. Saat anda memberdirikan bayi anda, bayi anda mungkin juga sudah bisa berdiri tanpa dipegangi selama beberapa detik. Bila bayi anda tampak senang dengan latihan ini, anda dapat melanjutkan latihan ini setiap hari.

Demikaan sedikit ulasan “Umur Berapakah Bayi Bisa Duduk dan Berdiri Sendiri? Berikut Ulasannya,” semoga bermanfaat

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.