Wisata Alam, Heritage dan Kuliner Sidoarjo Lengkap 2019

0 116

Rekomendasi Wisata di Sidoarjo Lengkap Alam, Heritage dan Kuliner

Kabupaten Sidoarjo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur, Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Sidoarjo. Sidoarjo punya banyak Spot objek wisata keren, Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata. Perjalanan wisata anda semakin lengkap dengan sajian kuliner yang menggugah rasa.

1. Wisata lumpur Lapindo

Lokasi ini awalnya adalah kempung dan perumahan yang ada di Sidoarjo. Bahkan sebagian pasar dan pusar industrik. Karena sembura lumpur panas yang terdapat di lokasi pengeboran yang dilakukan perusahaan Lapindo Brantas, Inc pada 2006 lalu, lokasi ini sekarang tidak berpenghuni sama sekali. Kini Lumpur Lapindo justru menjadi wisata anyar bagi Sidoarjo di mana pengunjung bisa melihat semburan lumpur berasap di bagian tengahnya. Namun pengunjung harus tetap berhati-hati karena lumpur masih dapat menyembur sewaktu-waktu.

wisata alam sidoarjo lumpur lapindo porong
wisata alam sidoarjo lumpur lapindo porong

2. Wisata Sungai Porong

Kali Porong (Sungai Porong) adalah sungai yang merupakan salah satu sodetan atau terusan Sungai Brantas di Kota Mojokerto, mengalir ke arah timur dan bermuara di Selat Madura. Nama Porong diambil dari nama sebuah kecamatan yang terletak di ujung selatan Kabupaten Sidoarjo. Sungai ini membatasi Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan. Sungai ini adalah sungai buatan alias terusan yang digunakan untuk mengalihkan sebagian aliran sungai Brantas yang bermuara di Surabaya.

wisata alam sidoarjo kali porong
wisata alam sidoarjo kali porong

3. Pulau Sarinah Telocor

wisata laut sidoarjo pantai telocor
wisata laut sidoarjo pantai telocor

4. Monumen Jayandaru

wisata sidoarjo Monumen Jayandaru
wisata sidoarjo Monumen Jayandaru

5. Masjid Agung Sidoarjo

wisata sidoarjo masjid agung sidoarjo
wisata sidoarjo masjid agung sidoarjo

6. Candi Pari Sidoarjo

Candi ini memiliki bentuk segi empat serta terbuat dari batu bata. Lokasinya sendiri ada di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong dan hanya beberapa kilometer saja dari pusat semburan lumpur. Candi Pari konon merupakan sebuah peninggalan sejarah dari masa Majapahit terutama pada masa kepemimpinan dari Hayam Wuruk. Pengunjung akan dibawa untuk melihat nuansa religi dari agama Hindu termasuk beragam arca Agastya, arca Siwa Mahadewa serta arca Ganesha. Pengunjung juga dapat belajar sejarah di sini sehingga cocok sebagai wisata keluarga terutama untuk anak-anak.

wisata sidoarjo candi pari

7. Wisata Baru Sidoarjo Delta Fishing

Tempat ini merupakan wahana pemancingan yang disatukan dengan rekreasi untuk keluarga. Lokasi tepatnya ada di Desa Prasung, Kecamatan Buduran. Di samping wahana pemancingan, Delta Fishing juga menyediakan aneka wahana permainan seperti flying fox, kolam renang, outbond, sepeda air dan banyak lagi. Ikan-ikan yang bisa dipancing di antaranya adalah gurami, bawal hingga mujahir. Tersedia juga kolam renang khusus agar pengunjung bisa berenang di dalamnya. Lokasi pemancingan ini merupakan wisata keluarga lengkap yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Wisata Baru Sidoarjo Delta Fishing
Wisata Baru Sidoarjo Delta Fishing

8. Sun City Waterpark

Sun City Waterpark. Tempat ini adalah taman bermain air yang telah berdiri sejak tahun 2004. Lokasinya ada di Jl. Pahlawan Sidoarjo. Sama seperti waterpark pada umumnya, Sun City Waterpark juga menyediakan aneka wahana permainan seperti waterboom, flying fox, outbound dan lain sebagainya. Wahana permainan serta fasilitas yang ada di dalamnya sudah terbilang cukup lengkap. Perkembangan dari objek wisata yang satu ini juga terbilang cukup pesat karena beberapa tambahan fasilitas baru telah diadakan, di antaranya adalah life guard, medical center hingga panggung hiburan. Sementara untuk wahana air yang menjadi daya tarik utamanya sendiri juga tidak kalah menarik berkat waterboom serta dragon sliding.

wisata baru dan hits Sidoarjo Sun city waterpark
wisata baru dan hits Sidoarjo Sun city waterpark

9. Koleksi dan Sentra Batik di Kampoeng Batik Jetis khas Sidoarjo

Koleksi dan Sentra Batik di Kampoeng Batik Jetis khas Sidoarjo

Di tempat ini anda bisa mengunjungi sentra pengrajin batik Khas Sidoarjo. Kamu tak akan kecewa dengan batik sidoarjo karena banyak pilihan motif yang menarik di tempat ini. Motif batik yang di buat di tempat ini tidak hanya motif kuno. Akan tetapi banyak juga motif batik yang hits dan tergolong baru. Batik khas Sidoarjo adalah batik dengan motif burung merak yang cantik dan akan menambah style anda deh.

Selain melihat proses pembuatan batik anda juga bisa membeli kain batik sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tempat ini berada di pusat kota Sidoarjo jadi kamu akan mudah menjumpainya, lokasinya berada di Jl Diponegoro Sidoarjo.

10. Sentra Tas Tanggulangin

Wisata Sidoarjo sentra tas tanggulangin

Destinasi wisata kunjungan anda di Sidoarjo belum lengkap kalau belum mengunjungi Sentra Tas Tanggulangin, apalagi buat kamu yang suka fashion.

Di jamin nyesel kalau nggak main ke tempat ini deh. Karena produk tas di tempat ini sangat bagus dan kelas ekspor luar negeri. Sentra tas ini berada di sepanjang jalan Desa Kludan.

Di tempat ini anda akan menemukan berbagai macam model, bahan dan harga tas yang beranekaragam. Jadi anda bisa membeli tas sesuai dengan keinginan. Harga tas di sini juga tidak terlalu mahal. Alias harga pabrik bukan harga toko, jadi jangan khawatir ya Fashionista.

Produsen unggulan tas di Desa ini adalah Brand merek INTAKO. Jadi jangan sampai nggak beli ya gaes.

11. Wisata Kuliner Lontong Kupang

Wisata Kuliner Sidoarjo Lontong kupang

Salah satu makanan khas pesisir Jawa Timur adalah lontong kupang. Kupang merupakan sejenis kerang atau tiram namun berukuran jauh lebih kecil daripada mereka. Mereka banyak hidup di pesisir pantai yang berlumpur. Hidangan ini disajikan dengan lontong, lentho, sate kerang dan bumbu petis dan jeruk nipis. Lontong Kupang Pak Misari adalah salah satu penjual masakan kupang yang sudah terkenal di Sidoarjo. Kupang Pak Misari banyak digemari karena kenyal, rasa petis yang mantap, kuah gurih nikmat dan menyegarkan.

Informasi

  • Nama: Lontong Kupang Pak Misari
  • Lokasi: Jl. Mojopahit No.62, Bulusidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Telepon: 0812-3520-996
  • Jam buka: 21.30 – 03.00

Demikian sedikit ulasan “Rekomendasi Wisata di Sidoarjo Lengkap Mulai Pantai, Alam, Heritage, dan Kuliner” dari gojatim.com. Untuk yang belum tertulis bisa ditambahakan oleh kontributor lainnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.