5 Cara Meningkatkan UMKM Naik Kelas Versi Bebas

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau sering disingkat UMKM sebagai pilar ekonomi Indonesia saat krisis memang sudah teruji. Berbagai cara bisa dilakaukan agar UMKM bisa naik kelas.

Beberapa support dan dukungan baik pemerintah maupun swasta juga luar biasa. Baik berupa bantuan motivasi pendanaan dan pemasaran.

Beberapa acara menarik juga bisa kita ambil pelajarannya. Antara lain acara UMKM naik kelas yang digelar Rans Intertainment. berikut beberapa pelajaran tersebut.

Rebranding Produk

Dari semua produk yang dijadikan contoh ada satu kesimpulan. Semuanya dilakukan rebranding produk. Baik dari sisi logo, kemasan bagi makanan, warna pilihan, ciri khas produk atau dari pakaian.

Optimalisasi Social Media

Saat ini, apalagi pandemi pilihan promosi dan tempat jualan menggunakan social media masih dominan. Beberapa cara untuk menaikan kelas yang disarankan oleh beberapa expert salah satunya adalah memperbaiki tampilan dan pengelolaan social media.

Inovasi Produk

Ada satu yang menarik dan bisa kita tiru adalah adanya satu inovasi produk setiap acara. Beberapa contoh dari bidang kuliner atau makanan, inovasi yang selalu melekat adalah menambahkan satu bahan yang memiliki nilai gizi dan value produk tersebut. Mengeluarkan satu varian berbeda yang tentunya bertujuan menarik banyak konsumen baru.

Tools Pendukung

Ada satu bagian yang sering dilakukan adalah memberikan tools pendukung. Sifatnya memodifikasi, atau menambah fungsi baru yang semakin memudahkan proses. Seperti pembuatan gerobak baru, rak baru, dan sejenisnya.

Sistem Keuangan

Ada satu yang tidak kalah penting adalah manajemen uang, apalagi keuangan usaha. Sebagian besar maka pelaku UMKM akan mengalir begitu saja. Untng berapa dan rugi berapa belum diketahui secara pasti. Ada anjuran untuk mengatur keuangan secara baik, sehingga mudah untuk terus berkembang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.