8 Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari yang Mudah Dilakukan

8 Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari yang Mudah Dilakukan

0

8 Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari yang Mudah Dilakukan

Bayi merupakan aset sekaligus karunia yang sangat besar nilainya. Bayi dapat tumbuh sehat apabila kebutuhan nutrisi terpenuhi dan juga istrahat yang cukup. Biasanya bayi banyak menggunakan waktunya untuk tidur, seperti waktu malam hari misalnya. Tidak jarang kita mendengar banyak bayi yang suka rewel pada malam hari. Tentu ada banyak faktor yang dapat menjadikan bayi tidur gelisah siang maupun malam. Berikut beberapa cara mengatasi bayi rewel di malam hari yang kita terapkan.

1. Berikan Minyak Telon

Kondisi perut yang tidak nyaman biasa dibarengi dengan perut kembung atau diare. Pada keadaan seperti ini akan menjadikan kondisi bayi tidak nyaman dan bayi menangis terus-menerus. Oleh sebab itu, kita dapat mencoba membantu bayi melegakan perut atau rasa tidak nyaman akibat diare maupun kembung dengan memberikan minyak telon.

Minyak telon juga dapat diberikan pada bayi apabila lingkungan terlalu dingin untuk bayi. Diharapkan minyak telon juga dapat memberikan kehangatan pada bayi. Biasanya diberikan setelah mandi atau ganti pakaian sehingga kondisi merasa hangat dan nyaman

2. Berikan Air Susu Ibu (ASI).

Ketika kondisi lapar maupun haus yang bisa dilakukan seorang bayi mungil adalah menangis. Tidak heran terlihat rewel di tengah malam. Hal ini merupakan kondisi normal karena siklus menyusu bayi bisa dari tiap 2 hingga 3 jam tiap kali minum.

Semakin besar usia bayi, maka kapasitas minummnya semakin banyak serta rentan minumnya juga semakin panjang waktunya. Oleh sebab itu memberikan ASI atau susu formula untuk bayi yang sudah lumayan besar saat tengah malam dapat mengatasi lapar atau haus penyebab bayi rewel di tengah malam tersebut. Umumnya bayi akan kembali tertidur setelah selesai menyusui. Kebanyakan orang menggunakan cara ini ketika bayi menangis.

3. Gantilah Popok Bayi

Salah satu penyebab bayi paling sering rewel tengah malam disebabkan karena tidak nyaman habis BAK atau BAB. Keadaan tersebut membuat popok menjadi lembab, penuh, dan dingin sehingga membuat bayi menjadi rewel. Begitulah cara bayi memberitahukan kepada orang tuannya.

Oleh karenanya, cara mengatasi bayi rewel di malam hari dengan menggangti popok bayi saat malam hari juga termasuk rutinitas utama. Semakin sering dicek semakin baik, sehingga kulit bayi juga terjaga. Karena tidak sampai berlama lama dengan popok yang basah.

4. Ganti Pakaian Bayi.

Pakaian bayi yang basah yang dapat diakibatkan selesai BAK atau berkeringat membuat bayi juga merasa tidak nyaman. Selain itu, pakaian terbuka di suhu yang dingin atau malah sebaliknya (pakaian bayi tertutu dan dibedong pada suhu panas) menjadi penyebab bayi menangis terus dan rewel pada malam hari. Oleh karenanya, kita juga dapat memeriksa pakaian bayi pada malam hari dan menggantinya sesuai dengan kondisi bayi.

5. Dinginkan ruangan

Hal ini berbalikan dengan poin diatas. Pada keadaan ruangan yang terlalu pengap atau panas, atau pakaian yang menutupi bayi terlalu banyak dan pengap membuat bayi juga tidak nyaman untuk tidur bahkan rewel saat malam hari.

Kalau anda menggunakan AC, maka dapat mengatur pendingin ruangan, agar suhu ruangan tidak terlalu pengap dan tetap dingin. Namun kita juga perlu hati-hati, agar ruangan tidak menjadi dingin secara berlebihan. Sebab justru bisa membuat bayi menjadi kedinginan pada akhirnya.

Ada juga yang cukup menggunakan kipas angin, namun tidak diarahkan langsung kepada bayi. Hanya untuk mendinginkan ruangan.

6. Gendong bayi

Bayi rewel bisa disebabkan kondisi yang belum mengantuk atau merassa tidak nyaman ditempatnya ditidurkan. Oleh karenanya bayi bisa menjadi rewel dan sulit ditenangkan. Karena hal tersebut, kita dapat mencoba untuk menenangkan bayi dan membuatnya merasa nyaman dengan cara digendong.

Kita dapat menggendong sesuai dengan kebiasaan yang disukai bayi, kita juga dpat bergerak seperti membuat gerakan mengayun sehingga dapat menjadi cara menidurkan bayi dengan cepat untuk menghentikan rewelnya. Bisa jug adi stimulus dengan lantunan doa atau suara musik yang menenangkan.

7. Ganti bantal dan pengalas bayi

Bayi yang memiliki bantal atau pengalas tempat tidur yang mungkin terlalu keras, dan mudah pengap bisa membuat bayi menjadi tidak betah dan sulit tidur. Pada akhirnya bayi akan tidak tenang dan menjadi rewel. Oleh karenanya, sebisa mungkin kita membuat tempat bayi menjadi nyaman dengan membarikan bantal dan pengalas tempat tidur yang lembut dan kainnya tidak pengap. Selain itu, sebisa mungkin menggunakan bahan yang dapat menyerap basah karena keringat atau BAK. Sekarang banyak ditemui pengalas temporer yang mudah untuk bongkar pasang saat digunakan.

 

8. Obati Demam

Bayi yang demam biasanya tidak nyaman untuk tidur dan menjadi rewel. Salah satu penyebab demam misalnya setelah imunisasi BCG bayi rewel. Oleh karenanya kita sebaiknnya menurunkan demam bayi terlebih dahulu dengan memberikan obat demam dari dokter sehingga bayi dapat merasa agak enakan dan bisa tidur. Perlu diperhatikan jangan anggap sepele penyakit demam pada bayi. Segera lakukan pemeriksaan agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

 

Demikian sedikit ulasan “8 Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari yang Mudah Dilakukan”, semoga bermanfaat. Jika pembaca memiliki pengalaman yang bermanfaat bisa berbagi dengan menambahkan pada kolom komentar atau kirim artikel ke redaksi.

 

Sumber Hamil. Co.id

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.