8 Tempat Buka Puasa Perlu Dicoba untuk Buka Bersama di Solo

8 Tempat Buka Puasa Perlu Dicoba untuk Buka Bersama di Solo

Kuliner di Solo memang sangat menyenangkan karena banyak kuliner enak yang harus dicoba. Namun, bagaimana jika Anda ke Solo saat bulan puasa? Apakah masih bisa berwisata kuliner? Tentu saja bisa. Anda bisa kuliner ketika buka puasa. Acara buka puasa jadi semakin seru jika Anda berbuka bersama orang-orang terdekat.

Nah, bagi Anda yang ingin wisata kuliner sekaligus mencari makanan buka puasa ketika berada di Solo, Bacaterus sudah menyiapkan 10 tempat buka puasa di Solo yang sangat recommended. Anda bisa mengajak sahabat atau keluarga untuk berbuka bersama di 10 tempat ini.

8 Tempat Buka Puasa di Solo

1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Nasi liwet merupakan salah satu makanan khas Solo yang terdiri dari nasi putih, sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus, dan areh (santan kental). Nasi putih pada nasi liwet biasanya lebih gurih karena dimasak dengan santan.

Nah, kalau Anda ingin mencicipi kuliner nasi liwet paling legendaris di Solo, mampir saja ke Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Warung nasi yang sudah buka sejak tahu 1950 ini bisa menjadi tempat buka puasa yang enak karena buka sampai malam hari. Lokasi warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon, Solo.

2. Sate Kambing Mbok Galak

Buka puasa dengan menu makanan olahan daging kambing memang terasa sangat nikmat. Sate Kambing Mbok Galak adalah jujugan buka puasa yang paling pas jika Anda ingin menikmati makanan olahan daging kambing. Konon, Presiden Soeharto dan Presiden Jokowi pernah mampir ke warung sate ini, lho.

Yang terkenal di warung ini sebenarnya bukan cuma sate kambingnya saja, tetapi juga sate buntel tongseng, dan tengklengnya. Jika Anda ingin berbuka puasa dengan sate kambing favorit para pejabat, kunjungi Sate Kambing Mbok Galak di Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 112, Solo.

3. Galabo

Yang satu ini adalah tempat buka puasa di Solo yang murah meriah dan selalu ramai dikunjungi masyarakat sekitar ketika menjelang waktu berbuka puasa. Adalah Galabo yang merupakan pusat kuliner Kota Solo yang terletak di kawasan Gladag, Jalan Mayor Sunaryo di depan Pusat Grosir Solo.

Makanan yang dijual di Galabo ini sangat variatif. Bahkan, mengingat banyaknya pilihan makanan yang tersedia, kita jadi bingung saat harus memutuskan untuk memilih satu makanan saja. Adapun makanan yang dijual di Galabo antara lain seperti tengkleng, soto gerabah, nasi liwet, sate kere, bebek, wedang ronde, dan masih banyak lagi.

4. Waroeng Spesial Sambal

Suka makanan pedas? Yuk, buka puasa di Waroeng Spesial Sambal yang membuka beberapa cabang di Surakarta juga. Yang membuat tempat makan ini spesial adalah ketersediaan 24 jenis sambal yang bisa dipilih pengunjung berdasarkan selera masing-masing. Lauk yang bisa dipilih di sini juga sangat variatif, mulai dari ayam goreng, belut goreng, babat goreng, wader goreng, dan masih banyak lagi.

Waroeng Spesial Sambal memiliki sejumlah cabang di Solo, antara lain di Gonilan Baru (Jalan Melon Raya, belakang Edupark UMS), Jurug (Jalan Ir. Sutami 13A), Manahan Barat (Jalan Hasanudin No. 53, Lawiyan), dan Pattimura (Jalan Pattimura No. 91).

5. Sate Buntel Tambak Segaran

Buat Anda yang penasaran dengan sate buntel, ini adalah makanan yang terbuat dari daging kambing yang dicincang halus lalu dibungkus dengan lemak kambing. Ketika dibakar, lemaknya akan meleleh dan mengeluarkan aroma yang harum.

Buka puasa dengan sate buntel bisa menjadi pengalaman yang menarik dan bikin Anda ketagihan. Anda bisa menikmati lezatnya sate buntel khas Solo di warung Sate Buntel Tambak Segaran.

Ini adalah salah satu tempat makan yang menawarkan sate buntel terenak di Solo. Ada juga sate daging kambing biasa dan gule kambing yang bisa Anda pesan di warung ini. Warung Sate Buntel Tambak Segara berlokasi di Jalan Tambaksegaran 39 (Jalan Sultan Syahrir 149), Solo.

6. Omah Londo Angkringan

Selain di Jogja, angkringan khas Solo juga sangat terkenal kelezatannya. Anda bisa berbuka puasa dengan menu angkringan di tempat yang sangat nyaman, yaitu Omah Londo Angkringan. Pilihan sego kucing (nasi bungkus) di sini sangat banyak, mulai dari yang isi empal serundeng, teri, belut, bandeng, sampai ampela ati.

Untuk pendamping nasi bungkusnya ada tempe goreng, tahu isi, tahu bacem, dan berbagai macam sate-satean. Yang membuat tempat ini unik adalah piring dan gelasnya terbuat dari seng sehingga seperti peralatan makan jaman dulu. Lokasi Omah Londo Angkringan berada di Jalan KH Agus Salim No. 2A, Solo.

7. RM Oh La Vita

Ketika berada di Solo Anda tidak harus selalu menyantap makanan khas Solo saat buka puasa. Jika ingin makanan yang agak kebarat-baratan, datanglah ke RM Oh La Vita. Rumah makan ini menyediakan homemade western food dengan harga yang terjangkau.

Beragam steak dan pizza yang ditawarkan rasanya sangat enak dan bikin ketagihan. RM Oh La Vita yang berlokasi di Jalan Tirtosari No. 11, Solo ini juga menjadi tempat nongkrong favorit anak-anak muda Surakarta.

8. Café Tiga Tjeret

Masyarakat Solo pasti sudah sangat familiar dengan Café Tiga Tjeret. Maklum saja, ini adalah tempat makan sekaligus tempat nongkrong bagi anak-anak muda Solo. Namun, yang datang kemari bukan hanya anak muda saja, orang-orang dewasa dan lansia pun banyak yang datang kemari untuk menikmati angkringannya.

Café ini didekorasi agar nyaman untuk nongkrong, tetapi juga fleksibel jika untuk makan besar. Berbuka puasa di Café Tiga Tjeret adalah sebuah ide yang menarik. Kunjungi tempatnya di Jalan Ronggowarsito No. 97, Solo.

Dengan adanya 10 rekomendasi tempat buka puasa di Solo ini, Anda tidak perlu pusing ketika harus menentukan tempat makan yang enak untuk bukber di Solo. Jika ingin mengetahui tempat makan enak lainnya di Solo, silakan baca artikel ini.

 

 

Demikian “8 Tempat Buka Puasa Perlu Dicoba untuk Buka Bersama di Solo”, semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.