9 Fakta Unik Hewan Kucing, Bikin Penasaran Cat Lover

8 Fakta Unik Hewan Kucing, Bikin Penasaran Cat Lover

0

Apakah anda termasuk pecinta kucing? Kamu harus tahu Fakta unik Kucing yang bikin pensaran dan banyak orang tidak tahu. Bernama latin Felis catus, hewan yang biasa Anda temui di rumah atau jalanan ini punya latar belakang sejarah yang mengagumkan.

Ia dikenal sebagai binatang peliharaan kesayangan Nabi Muhammad juga ratu Mesir Cleopatra. Bahkan hewan lucu ini pernah dikatakan berasosiasi dengan penyihir pada abad pertengahan di Eropa. Kucing yang dikenal sebagai hewan cuek ini punya banyak fakta yang mampu mencengangkan Anda, penasaran?

1. Mueeza, kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW saja memiliki kucing yang diberi nama Mueeza. Di dalam agama Islam sendiri, kucing dianggap sebagai binatang bersih yang dekat dengan manusia. Hal tersebut dapat dibukikan lewat hadist yang berbunyi,

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

“Kucing ini tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik).

Mueeza selalu mengeong setiap mendengar adzan, suaranya seolah-olah seperti mengikuti lantunan suara adzan. Saking sayangnya dengan kucingnya, Nabi Muhammad SAW selalu menggendong Mueeza saat menerima tamu, atau menaruhnya di paha beliau.

2. Kucing merupakan hewan yang sensitif

Pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing. Diketahui batas pendengaran kucing 65 khz sedangkan manusia hanya 20 khz. Kucing memiliki indera penciuman 20-80 juuta sel olfactory dibandingkan manusia yang memiliki indera penciuman 5-20 juta olfactory saja. Karena penciumannya yang sensitif inilah yang menjadi alasan mengapa kucing tidak mau buang kotoran di kotak sampah kotor. Sudah tugas pemiliki kucing untuk menyediakan kotak pasir untuk si meong karena setelah buang kotoran kucing selalu mengubur kotoran agar baunya tidak tercium. Selain benci bau kotorannya, kucing juga benci bau ammonia dan aroma asam dari jeruk atau lemon.

3. Walaupun cuek, kucing merupakan hewan perasa

Kucing dikenal sebagai hewan yang cuek. Cobalah memanggilnya, dia pasti tidak menengok ke arah Anda. Padahal mereka sudah mengenal nama mereka sejak tiga minggu setelah pemiliknnya memberikan mereka nama. Namun jangan salah, kucing merupakan hewan yang perasa. Fakta Unik Kucing, Mereka dapat merasakan perubahan suasana hati pemiliknya. Bahkan telah ada penelitian yang dilakukan oleh Moriah Galvan dan Jennifer Vonk dari Universitas Oakland, Michigan, Amerika Serikat. Dari penelitiannya, diindikasikan bahwa kucing bisa membaca ekspresi muka manusia bahkan kucing bisa memahami emosi manusia lebih dari yang diperkirakan.

4. Dalam syariat Islam, hukum menjual-membeli kucing haram!

Di dalam syariat Islam, seorang muslim dipertintahkan untuk tidak menyakiti atau bahkan membunuh kucing berdasarkan hadist shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari kisah Abdullah bin Umar dan Abu Hurairah. Umat Islam juga dilarang memakan daging kucing dan melarang pula memakan harga kucing. Hadist yang diriwayatkan dari sahabat Jabir bin Abdillah inilah yang menjadi dalil haramnya memakan kucing dan memperjual-belikan kucing. Jika mau memelihara kucing, adopsi saja ya!

5. Kucing tidak memiliki collarbone, sehingga memungkinkan masuk melewati celah selebar kepalanya

6. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “Miaow”. Kalau bahasa Jepang sering ditulis dengan kata “Nya”.

sejarah nama meong pada kucing
sejarah nama meong pada kucing

7. Kucing memiliki 30 ruas tulang belakang, yaitu 5 kali lebih banyak dari manusia. Kucing juga memiliki 230 tulang, yaitu 24 kali lebih banyak dari manusia.

8. Kelenturan tubuh kucing sangat menakjubkan, kaki depannya dapat diputar ke segala arah dan setengah bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan.

Inilah Fakta Kucing yang Mencengangkan
Inilah Fakta Kucing yang Mencengangkan

Demikian sedikit rangkuman dari beberapa tulisan yang menggambarkan kondisi kucing, masih banyak fakta unik lainnya yang belum tertuli. Setidaknya tulisan diatas bisa mewakili kecintaan kita terhadap ciptaan Allah. Semakin sayang sama kucing dan semakin mengenal ciptaan-Nya

9. Kucing Banyak Menghabiskan Waktu Tidur

Rata-rata, kucing menghabiskan dua pertiga dari hidupnya untuk tidur, lo, teman-teman.

Jadi, seekor kucing berumur 9 tahun hanya menghabiskan 3 tahun hidupnya untuk bangun, makan, dan bermain.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.