9 Tips Hemat Saat Renovasi Rumah Anda Agar Sesuai Budget

8 Tips Hemat Saat Renovasi Rumah Anda

Sebagian masyarakat terkadang tidak bisa tinggal diam terhadap rumahnya. Ketika ada uang lebih atau terdorong oleh trend kadang memaksa untuk merenovasi rumahnya.

Ada juga yang termotivasi merenovasi rumahnya karena memang kondisi rumah sudah mulai rusak dan mengharuskan untuk segera diperbaiki. Biasanya terjadi pada rumah lawas atau rumah yang jarang ditempati.

Dalam merenovasi rumah tidak sedikit yang akhirnya mengeluarkan budget lebih karena kurangnya estimasi dan perkiraan. Berikut beberapa tips hemat dari kami agar tidak mengalami kerugian

Tips Renovasi Rumah

  1. Gunakanlah konsultan atau jasa untuk menghitung dan estimasi perkiraan biaya dan desain yang diinginkan. Agar lebih hemat bisa mencari teman atau saudara yang bisa. Bisa juga tukang yang sudah terbiasa. Atau bisa mencari referensi tetangga yang sudah merenovasi terlebih dahulu.
  2. Pertahankan bangunan lama seperti pola sirkulasi, letak pondasi dan sebagainya. Atau renovasilah sebagian yang memang diperlukan, sehingga tidak 100 persen dibongkar.
  3. Biasanya renovasi besar fokus pada penggantian rangka atap, dari kayu ke baja ringan. Genteng lama tetap dipakai karena masih bagus, jika kurang, kita beli lagi dengan jenis yang sama dengan genteng lama.
  4. Void sambungan view lantai satu dan dua ada di ruang keluarga, hingga hanya dengan membuat plafond miring pada ruang keluarga akan terbentuk void akses view atas dan bawah.
  5. Tangga lama seluruhnya digunakan, hanya ada bagian dak beton lama yang agak menonjol yang harus dibongkar agar barang mudah dibawa ke atas.
  6. Bagian cuci jemur kita gunakan atap transparan hingga ada akses cahaya juga bisa masuk ke lantai satu.
  7. Carilah tukang yang dapat dipercaya kalau mau harian, kalau mau borongan pastikan estimasi bisa sesuai yang sudah dianggarkan dan menggunakan pemborong yang handal. Biasanya akan bilang diawal apabila ada kekurangan bukan diakhir.
  8. Gunakan material yang bagus dan berkualitas sehingga tidak mengulangi pekerjaan.
  9. Sesuaikan dengan musim kemarau untuk memulai pekerjaan. Selain menghemat waktu juga bisa mengurangi waktu delay apabila hujan. dan tentu bisa cepat selesai dan bisa dipakai sebagian.

Baca juga “Desain Rumah Minimalis Ukuran 5 X 27 Meter Lantai Satu.”

Demikian sedikit tips dari kami “8 Tips Hemat Saat Renovasi Rumah Anda,” semoga menginspirasi dan bermanfaat. Tentunya masih banyak tips lain yang bisa diimplementasikan dalam kondisi sesuai kebutuhan anda.

Baca juga artikel online

renovasi rumah