Aneka Makanan Tradisional Unik Khas Indonesia Dari Berbagai Daerah

Aneka Makanan Tradisional Unik Khas Indonesia Dari Berbagai Daerah

Selain kaya akan wisata alam, budaya, dan sejarahnya. Indonesia juga kaya akan kulinerdari berbagai daerah yang tersebar di 34 Provinsi. Dalam tulisan ini kami berusaha untuk mengulik satu satu, potensi makanan tradisional unik khas Indonesia yang belum di explore.

Gudeg Jogja

Gudeg Makanan Tradisional Soto Khas Yogyakarta Jateng

Gudek merupakan makanan tradisional khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Dahulu makanan ini merupakan makanan istimewa di kraton, namun sekarang menjadi makanan sekaligus kuliner yang banyak diminati masyarakat di Indonesia.

Nasi Krawu Khas Gresik.

Nasi Krawu makanan tradisional khas dari Gresik

Nasi krawu makanan khas yang berasal dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen putih biasanya dihidangkan dengan daun pisang sebagai pengganti piring. Lauknya berasal dari sayatan daging sapi yang dalam bahasa jawanya di suwir, semur daging, jeroan sapi, sambal khas terasi dan serundeng.

Kuliner Tradisional Mie Aceh.

foto mie aceh kuliner tradisional asal aceh indonesia

Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh di Indonesia. Bahan utama dari makanan Tradisional mie Aceh ini dari mie kuning atau mie telor dengan irisan daging sapi atau daging kambing, bisa juga dengan makanan laut seperti udang, cumi, atau kepiting. Dan disajikan dalam sup kari yang gurih dan pedas. Mie aceh tersedia dalam tiga jenis : mie Aceh goreng atau kering, mie Aceh setengah basah, dan mie aceh kuah atau sup. Biasanya juga ditaburi oleh bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimum, dan jeruk nipis.

Binte Biluhuta Makanan Khas dari Gorontalo.

Binte Biluhuta makanan tradisional khas dari Gorontalo

Binte Biluhuta (Milu Siram atau Sup Jagung) adalah makanan khas masyarakat Gorontalo. Makanan Tradisional ini merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan atau udang yang di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu menu yang sangat lezat dan panas serta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Dalam Bahasa Indonesia Binte yang artinya jagung dan orang Gorontalo sering menyebutnya Milu sedangkan Biluhuta artinya disiram jadi kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram.

Rendang Makanan Tradisional dari Padang

rendang makanan tradisional dari Padang

Rendang atau dalam bahasa Minangnya lebih dikenal dengan Randang makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daginf dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang ini biasanya mempunyai kandungan bumbu repah-rempah yang sangat banyak.

Soto Khas Lamongan.

Makanan Tradisional Soto Khas Lamongan

Banyak jenis Soto di berbagai wilayah di Indonesia. Soto Lamongan memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya. Biasanya lebih banyak kuah dengan rasa khas jawa timuran yang dominan asin ditambah taburan gurih dengan nasi putih dicampur secara langsung. Ditambah telur dan ayam yang dipotong potong menambah kelezatan tersendiri.

Saking banyaknya brand soto lamongan sudah menjamur diberbagai penjuru daerah di Indonesia, bahkans alah satu produk mie instant menggunakan rasa soto lamongan sebagai salah satu jualannya.

Kuliner Rabeg

makanan tradisional khas indonesia di banten rabeg, foto tribunnews

Hingga sekarang, sajian ini masih menjadi sajian populer di Provinsi Banten. Di Serang, banyak warung dan rumah makan yang menyajikan masakan ini. Penaman rabeg sendiri berasal dari Rabiq atau Rabigh, namasebuah kota pelabuhan di Arab Saudi.

Kuliner Tradisional Nasi Bekepor 

Pengen merasakan sajian kuliner Indonesia khas Raja Kalimantan? Salah satu masakan yang disukai raja-raja di Kalimantan adalah nasi bekepor. Nasi tradisional khas raja-raja ini rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging masak bumi hangus yang nggak kalah enak.

Coto Makasar

makanan tradisional coto makassar

Sebenarnya Coto memiliki arti yang sama dengan Soto. Namun, khusus untuk Soto dari Makassar, masyarakat biasa mengenalnya dengan sebutan Coto. Coto Makassar memiliki keunikan tersendiri, yaitu berupa isi dan bumbunya. Isi dari Coto Makassar terdiri dari daging dan jeroan sapi. Rasa kacang tanah halus yang hanya terdapat pada kuah Coto Makassar.

Demikian sedikit ulasan “Aneka Makanan Tradisional Unik Khas Indonesia Dari Berbagai Daerah, ” semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa kunjungi kami kembali

gudeg yogyakartakuliner tradisionalmakanan tradisional indonesiamakanan unik indonesia
Comments (0)
Add Comment