Biografi Nurhayati Subakat Pengusaha Sukses Perempuan Asal Padang

Nurhayati Subakat (lahir di Padang Panjang, Sumatra Barat, 27 Juli 1950; umur 69 tahun) merupakan seorang pengusaha perempuan yang menekuni bidang kosmetik asal Padang Indonesia.

Nurhayati Subakat merupakan owner sekaligus pendiri PT Pusaka Tradisi Ibu yang kini telah berubah menjadi PT Paragon Technology and Innovation, yang mengelola merek kosmetik yang sudah tidak asing lagi yaitu Wardah, Make Over, dan perawatan rambut Putri dan IX.

Nurhayati merupakan anak ke empat dari delapan bersaudara yang berasal dari Minangkabau. Ia menghabiskan masa kecilnya di kota kelahiran, Padang Panjang.

Seusai menamatkan sekolah Diniyah Putri, ia kemudian pindah ke Padang. Disini, sambil bersekolah ia juga membantu usaha orang tuanya. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Jurusan Farmasi, Institut Teknologi Bandung.

Nurhayati memulai kariernya sebagai apoteker di Rumah Sakit Umum Padang. Kemudian ia pindah ke Jakarta dan bekerja di perusahaan kosmetik Wella, sebagai staf quality control. Dari sinilah ia mencoba berinsiatif untuk berbisnis sendiri.

Pada tahun 1985, ia memulai usahanya dari industri rumahan dengan memproduksi sampo bermerek Putri. Sukses membesut produk pertama, ia mendirikan pabrik di Cibodas dan Tangerang. Selain sampo, kini produk-produknya juga mencakup perawatan kulit, dan perlengkapan make-up.

Kebakaran Melalap Bisnis

Dalam kesuksesan seseorang pastinya ada titik perjuangan yang perlu kita pelajari bersama. Begitu juga beliau Nurhayati Subakat, sekitar lima tahun setelah perkembangan pesat dari perusahaan ini, pabrik beliau habis terbakar tidak bersisa.

Dengan keadaan pabrik yang telah terbakar dan hutang di bank yang harus dilunasi, ditambah lagi gaji karyawan yang harus dibayarkan sempat membuat Bu Nurhayati berpikir untuk menutup usahanya.

Tapi ini dimanfaatkan Bu Nurhayati sebagai titik balik bagi beliau, menolak untuk menyerah dan memulai kembali dari nol. Modal usaha diperoleh dari tabungan gaji suami beliau untuk membayarkan gaji karyawan dan membangun kembali pabriknya.

Kesuksesan Bisnis

Usaha keras Bu Nurhayati tidak sia-sia, saat ini  PT Pusaka Tradisi Ibu (PT PTI) sudah memiliki karyawan sampai dengan puluhan ribu yang tersebar di puluhan distribution center di Indonesia.

Produknya tidak hanya untuk dekorasi saja, tapi juga telah dikembangkan produk untuk perawatan wajah, tubuh, dan yang paling terbaru, yaitu produk perawatan rambut/sampo oleh Wardah.

Dermawan

Dari pantaun kami ada beberapa sumbangan yang diberikan Nurhati melalui PT Paragon yang menaungi usahanya sekarang antara lain :

Kedermawanan Pengusaha Nurhayati Subakat

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan dukungan dana abadi dari PT. Paragon Technology and Innovation selama 10 tahun ke ITB dengan total dana sebesar 52 milyar rupiah. Penyerahan diberikan oleh Nurhayati Subakat kepada Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi secara simbolis.

Membantu Covid-19

Nurhayati Subakat dengan Paragon Technology and Innovation melalui usaha Wardah diketahui sudah mendonasikan sebesar 13 Miliar untuk mengatasi Covid19 di Indonesia.  Yang saat ini masih belum reda.

Data pribadi singkat

  • Nama lengkap : Nurhayati Subakat.
  • Lahir : Padang Panjang, Sumatera Barat, 27 Juli 1950.
  • Jabatan : Direktur Utama PT Paragon Technologi & Innovation.
  • Kantor pusat : Jl. Swadharma Raya, Kp. Baru III No. 60 Jakarta – 12250, telepon (021) 584 9070, 584 9077, 585 3883, 585 2494.
  • Rumah : Jl. Swadharma Raya No. 60 Kampung Baru, Jakarta Selatan.

Pendidikan :

  • Diniyah Putri.
  • SMA di Padang.
  • Jurusan Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB)

Pengalaman kerja :

  • Tenaga apoteker RSU Padang.
  • Staf Quality Control di sebuah perusahaan kosmetik di Jakarta.
Nurhayati Subakat
Comments (0)
Add Comment