Biografi Singkat Pahlawan Nasional KH Ahmad Hanafiah Ulama Asal Lampung

INITU.ID – Berikut profil dari KH Ahmad Hanafiah adalah seorang ulama dan pejuang asal Sukadana, Lampung yang baru saja dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional.

Orang tua Ahmad Hanafiah merupakan tokoh masyarakat disana, KH Moehammad Noer namanya, beliau juga sebagai pengampu Pondok Pesantren Istishodiyah Sukadana,

Ahmad Hanafiah terkenal sebagai salah satu penggagas Laskar Hizbullah sebuah pergerakan dimasa kemerdekaan melawan penjajah Belanda dan Jepang.

KH Ahmad Hanafiah gugur pada peristiwa Agresi Belanda

Dalam perang Agresi Belanda 1 tahun 1947, KH Ahmad Hanafiah bersama laskar rakyat melakukan perlawanan jalur darat dari Palembang, mesikpun bersenjata sederhana yaitu golok.

Sehingga pasukan KH Ahmad Hanafiah dikenal sebagai Laskar Golok. Namun, saat pertempuran berlangsung di area hutan belukar dekat Baturaja arah Martapura, KH Ahmad Hanafiah beserta pasukannya terkepung dan akhirnya kalah.

Kekalahan tersebut tidak lain disebabkan senjata Belanda yang lebih modern sedangkan pejuang rakyat hanya bermodal golok. KH Ahmad Hanafiah ditangkap hidup-hidup, tetapi kemudian dieksekusi pada 17 Agustus 1947.

KH Ahmad Hanafiah meninggal setelah dimasukkan ke dalam karung, kemudian ditenggelamkan ke Sungai Ogan. Jasad KH Ahmad Hanafiah tidak pernah ditemukan oleh para pejuang.

KH Ahmad Hanafiah secara resmi ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasrkan dari Sekretariat Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara nomor R-09/KSN/SM/GT.02.00/11/2023, ditandatangani pada 3 November 2023 oleh presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pendidikan

  • Sekolah Guverment di Sukadana pada 1916
  • Pesantren Jamiatul Chair di Jakarta (1916-1919)
  • Pesantren Kelantan Malaysia sejak 1925
  • Sekolah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, sejak 1930 hingga 1936.

Begitulah sedikit kisah sebagai penambah wawasan kita ‘Biografi Singkat Pahlawan Nasional KH Ahmad Hanafiah Ulama Asal Lampung,’ semoga menginspirasi

BiografiKH Ahmad HanafiahPahlawan Nasional
Comments (0)
Add Comment