Cara Mentukan Pokok Teks Bacaan

Setiap bacaan pasti memiliki pikiran pokok. Pikiran pokok terdapat dalam kalimat yang paling umum, dijelaskan oleh kalimat lain, dan kata kuncinya selalu diulang-ulang. Pada bacaan ‘Perjalanan ke Kantor Pos’ kamu dapat menemukan pikiran pokoknya.

Inti teksnya adalah pergi ke kantor pos. Kamu dapat menggunakan kalimat pertanyaan di bawah ini untuk menemukan pikiran pokoknya.

  • Siapa yang pergi?
  • Dengan siapa perginya?
  • Mereka pergi ke mana?
  • Mengapa mereka pergi?
  • Bagaimana mereka pergi?

Langkah Membaca Sekilas

Membaca sekilas, yaitu membaca sekejap mata, secara singkat untuk mengetahui intinya. Langkah membaca sekilas, antara lain:

  • a) Siapkanlah diri dan pusatkan perhatian pada teks bacaan yang ada.
  • b) Pahamilah judul bacaan.
  • c) Bacalah teks secara sekilas dan temukan gagasan pokok yang disampaikan oleh penulis pada kalimat utama tiap paragraf.
  • d) Tentukanlah hubungan pertalian makna judul dengan gagasan pokok dalam paragraf.
  • e) Rumuskanlah simpulan umum (gagasan pokok) isi teks yang kamu baca.

Contoh Cerita “Pergi ke Pasar di Pagi Hari”

Besok sore rumah Desi akan dipakai untuk arisan keluarga. Sebelum tidur, Desi dipesan ibu agar bangun lebih pagi, karena mau diajak ke pasar Atom. Ibu harus berbelanja untuk keperluan besok. Tepat pukul 4 pagi, Desi bangun. Lalu gosok gigi dan berwudhu. Kemudian sholat Subuh di Musholla.

Ibu mencatat apa yang akan dibeli. Desi dan ibu berangkat ke pasar. Dengan menggunakan angkot akhirnya sampai di pasar, ibu membuka catatan dan mencari apa-apa yang dibutuhkan. Desi senang menemani ibu belanja.

Satu demi satu pedagang didatangi. Kami membeli banyak sayur mayur, seperti: terong, wortel, dan bayam. Ibu memilihnya dengan hati-hati. Selain penjual dan pembeli barang, di pasar juga ada penjual jasa angkut atau biasa disebut kuli panggul. Tugasnya mengangkut barang belanjaan yang berat-berat. Karena belanjaan kami cukup banyak, Ibu menggunakan jasa seorang kuli panggul.

Desi memperhatikannya, badannya besar dan berotot. Ibu dan Desi pulang dengan belanjaan yang banyak. Bapak kuli panggul bertanya apakah ibu ingin menggunakan becak. Kemudian, ibu minta dipanggilkan satu. Dan akhirnya, mereka pulang naik becak.

Demikian langkah-langkah untuk menentukan pokok teks bacaan, gunakan artikel “Pergi ke Pasar di Pagi Hari” untuk latihan menentukan pokok teks bacaan. Tulisan ini adalah materi Bahasa Indonesia untuk kelas IV SD.

Cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar pada buku latihanmu.

1. Apa judul bacaan tersebut?

2. Apa yang dapat kamu pelajari dari bacaan di atas?

3. Apa acara yang akan diadakan di rumah Desi?

4. Ke mana Desi dan Ibu berbelanja?

5. Apa yang dimaksud dengan ‘kuli panggul’?

Comments (0)
Add Comment