Contoh dan Maksud Kalimat Deduktif dan Induktif dalam Sebuah Paragraf

Contoh dan Maksud Kalimat Deduktif dan Induktif dalam Sebuah Paragraf

INITU.ID – Yuk kita simak Contoh Dan Maksud Kalimat Deduktif Dan Induktif Dalam Sebuah Paragraf.

Kedua istilah ini kalimat deduktif dan kalimat induktif seringkali muncul dalam soal latihan atau ujian.

Bagaimana penerapan kalimat deduktif dan induktif berikut beberapa penjelasannya.

DEDUKTIF ADALAH – Gagasan utama merupakan inti atau pikiran pokok dari sebuah paragraf atau aliniea. Gagasan utama ditulis dalam kalimat utama.

Sedangkan gagasan penjelas tercantum dalam sebuah kalimat penjelas. Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan utama dan diuraikan dalam beberapa gagasan penjelas.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, Ciri Dan Jenis Jenis Paragraf: Pastikan Pikiran Utama Dan Penjelas

Penyajian gagasan utama dalam paragraf ada dua, yaitu sebagai berikut.

1. Jika sebuah paragraf memiliki kesimpulan (baik di awal atau akhir) maka kalimat utama atau gagasan utama selalu bersama dalam kalimat kesimpulan tersebut. Kalimat kesimpulan dari sebuah paragraf biasanya menggunakan salah satu kata penghubung : jadi, oleh karena itu, sehingga, akhirnya , maka , dengan demikian, atau akibatnya.

Perhatikan contoh berikut!

Di Indonesia kematian karena penyakit yang terkait dengan peredaran darah memiliki data sangat rendah pada awal 1970-an. Kemudian, merambat naik menjadi nomor tujuh pada tahun 1980, menjadi nomor tiga pada tahun 1986, dan yang sangat mengejutkan adalah menjadi nomor satu pada tahun 1992 berdasarkan data kesehatan. Jadi, dari tahun ke tahun kematian karena penyakit yang terkait peredaran darah di Indonesia terus meningkat.

2. Apabila sebuah paragraf tidak mempunyai kesimpulan karena merupakan paragraf proses, maka gagasan utama disajikan secara tersirat dalam rangkaian keseluruhan kalimat. Rumusan gagasan utama harus dibuat sendiri oleh pembaca.
Paragraf semacam ini bukan termasuk dalam kalimat utama, karena semua kalimat memiliki kedudukan yang sama. Sebuah kalimat satu dengan kalimat yang lain membentuk sebuah rangkaian kejadian atau peristiwa, urutan kerja, atau proses terbentuknya sesuatu.

Perhatikan contoh berikut !

Comments (0)
Add Comment