Daftar Makanan Termahal dan Termurah di Dunia 2020

Harga selalu menjadi pertimbangan dalam membeli makanan. Harga murah biasanya ampuh mengundang orang untuk membeli dalam jumlah banyak, apalagi jika makanan bisa tahan lama. 

Lalu, bagaimana dengan makanan mahal? Orang tentu berpikir dua kali untuk mendapatkannya.

Food Beast memberikan deret makanan dengan harga fantastis. Harga mahal ini bukan hadir tanpa alasan. Beberapa makanan di antaranya agak sulit untuk didapatkan saking langkanya. 

Makanan Mahal

1. Sup Sarang Burung


Sup Sarang Burung

Semangkuk kecil sup sarang burung bisa dibanderol dengan harga Rp438 ribu hingga Rp1,4 juta. Namun, tak seperti sarang burung lain, sarang walet yang satu ini terbuat dari saliva–kelenjar eksokrin pada mamalia yang memproduksi air liur–induk burung.

Berdasarkan kebudayaan Cina, harga fantastis ini layak disematkan pada sup lantaran kelangkaan dan khasiatnya yang tinggi. 

2. Semangka Densuke

Menyantap buah di musim panas akan terasa menyegarkan, apalagi dengan buah semangka. 

Sekilas, semangka Densuke asal Jepang ini terlihat biasa saja. Namun, ini bukan semangka biasa, karena harganya bisa mengalahkan semangka apapun.

Semangka Densuke rata-rata terjual nyaris Rp3 juta per buah dalam sebuah lelang. Yang lebih fantastis lagi, suatu waktu semangka satu ini pernah tembus hingga harga Rp87 juta. 

Semangka Densuke hanya tumbuh di Hokaido yang hanya panen sekitar 10 ribu semangka dalam setiap tahunnya. Tak heran jika semangka Densuka punya banderol setinggi langit.

3. Golden Opulence Sundae

Sundae atau es krim dengan sirup kerap disajikan sebagai hidangan penutup. Harga satu sundae pada umunmya dipastikan jauh berada di bawah dari yang dijajakan di Serendipity 3, sebuah restoran di New York, Amerika Serikat. 

Di restoran itu, Golden Opulence Sundae dihargai sekitar Rp14,6 juta dan memecahkan rekor Guiness World Book of Record sebagai sundae termahal di dunia.

Apa yang membuat es krim ini mahal?

Sajian es krim yang diberikan sentuhan daun berbahan emas dan kaviar manis itu disajikan dalam piala kristal. Tak cuma itu, konsumen juga bakal menikmati suap demi suap es krim dengan sendok emas 18 karat.

Baca juga “Mengenal Manfaat Brokoli, Cara Budidaya Dan Resep Masakannya.”

4. La Madeline au Truffle

La Madeline au Truffle adalah cokelat termahal di dunia. Satu ons cokelat dibanderol US$250 atau sekitar Rp3,6 juta. 

Kreasi cokelat ini diracik oleh Fritz Knipschildt, seorang koki dan pengrajin cokelat dari Denmark. 

Tingginya harga cokelat ini disebabkan oleh penggunaan jamur truffle jenis Pergold Frech yang langka. Cokelat juga dibuat dengan tangan dan ditempatkan pada sebuah kotak dengan gula-gula berbentuk mutiara.

5. Truffle Alba Putih

Harga mahal rata-rata disebabkan oleh langkanya makanan yang disajikan. Hal itu juga berlaku untuk jamur truffle, khususnya jenis Alba putih yang hanya ditemukan di Italia utara.

Jamur ini pernah laku terjual seharga US$330 ribu atau sekitar Rp4,8 miliar untuk 1,5 kilogram jamur. 

6. Puding Termahal di Dunia

Ini merupakan dessert termahal di dunia berkat lumuran cokelat Belgia premium, emas, dan kaviar. Diciptakan oleh chef Marc Guilbert untuk Lindeth Howe Country House Hotel, hidangan ini pun pantas disajikan untuk melamar kekasih karena sang manisan juga diperkaya dengan dua karat berlian!

Baca juga “Rahasia, Khasiat Dan Fungsi Kentang Hitam (Coleus Tuberosus).”

7. Jamur Matsutake

Kalau Italia punya truffle, maka Jepang punya jamur matsusake. Di Jepang, jamur ini merupakan bahan makanan kelas elite. 

Saat permulaan musim, pengumpul jamur bisa menjualnya dengan harga sekitar US$1000 atau Rp14 juta per kilogram. 

Jamur matsutake memiliki wangi yang khas dan kuat. Jamur biasa dinikmati dengan dipanggang, ditanak bersama beras menjadi nasi matsutake, dan campuran dobinmushi atau sup dalam teko.

8. Melon Yubari

Jepang lagi-lagi menyumbang daftar makanan termahal di dunia. Setelah semangka dan jamur, Jepang juga punya melon termahal bernama Yubari. Sesuai namanya, melon tumbuh dan berkembang di Yubari, Hokkaido, berdekatan dengan Sapporo. 

Melon Yubari berbentuk bulat sempurna dengan kulit luar yang lembut. Sebagian besar warga Jepang membeli Yubari sebagai hadiah saat Chugen atawa festival arwah.

Harga melon Yubari rata-rata dibanderol US$250 atau sekitar Rp3,6 juta. Namun, harga ini masih lumayan terjangkau sebab sebelumnya sebuah melon pernah terjual US$23.400 atau setara dengan Rp343 juta dalam sebuah lelang.

9. Samundari Khazana

Beberapa tahun lalu, ada hidangan yang dinobatkan sebagai kari termahal di dunia. Kari itu diberi nama ‘Samundari Khazana’ yang berarti ‘makanan laut berharga’. 

Hidangan ini terbuat dari satu buah lobster besar, kaviar, siput laut, dan emas yang bisa dimakan. Bahan-bahan itu diracik dengan bumbu kari pada umumnya. Apa yang membuatnya mahal adalah penggunaan bahan-bahan terbaik di dalam racikannya. 

Hidangan kari itu diharga US$2.700 atau sekitar Rp39 juta.

10. Kaviar Almas

Kaviar atau telur ikan emas adalah bahan makanan yang terbilang elite. Namun, kaviar yang satu ini berasal dari ikan beluga Iran. Harganya bisa mencapai US$35 ribu atau sekitar Rp511 juta.

Harga ini cukup pantas mengingat ikan albino langka ini harus berusia cukup tua–sekitar 60 hingga 100 tahun–untuk bisa mengumpulkan kaviar.

Makanan Terjangkau 

Selain makanan termahal didunia ini banyak juga makanan enak dengan harga murah, berikut kami lengkapi juga daftar makanan termurah yang bisa anda coba

  1. Beras Merah

Beras merah merupakan alternatif makanan sehat yang lebih baik dari nasi putih.

Makan beras merah akan membuat pembaca initu sekalian akan merasa kenyang lebih lama daripada sekadar makan nasi putih biasa.

Namun untuk memasaknya, perlu waktu yang cukup lama dibanding nasi putih.

2. Kacang

Kacang adalah satu makanan termurah namun tidak murahan dalam hal nilai nutrisinya selin itu juga memiliki protein dan serat baik yang bisa kamu manfaatkan.

Sekaleng kacang juga tergolong murah, kurang lebih tak sampai Rp 13 ribu.

3. Telur

Produk telur hampir bisa ditemui di penjuru nusantara karena ayam melimpah di Indonesia. Rasa dan kandungan yang tinggi baik untuk kesehatan, serta harganyapun murah.

Comments (0)
Add Comment