Fakta Menarik Pemakaman Ma’la di Masjidil Haram

Pemakaman Al Ma’la saat ini ramai diperbincangkan. Area ini hanya berjarak 1 km dari Masjidil Haram ke arah utara, tepatnya di daerah Al Hajun. Dari pintu keluar Marwa di tempat Sa’i, butuh jalan kaki sekitar 15 menit. Lokasinya sebelah Masjid Jin yang sejarahnya ada dalam Al-Qur’an.

Peristiwa besar ini diungkapkan oleh Allah SWT dalam Alquran surat Al-Ahqaf ayat 29-32: “Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Alquran, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan (nya) lalu mereka berkata, “Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)!”

Makam Keluarga Nabi dan Tokoh Penting

Beberapa tokoh penting dalam sejarah Islam dimakamkan di sini. Mereka antara lain Siti Aminah, ibu Nabi Muhammad SAW; Abdul Muthalib, kakek Rasulullah; Paman Nabi, Abu Thalib kemudian ada istri pertama Nabi Muhammad SAW yaitu Siti Khadijah. Berikut listnya

  • Abu Thalib, paman Nabi Muhammad dan ayah Ali bin Abu Thalib
  • Abdul Manaf, kakek buyut Nabi Muhammad
  • Abdul Muththalib, kakek Nabi Muhammad
  • Khadijah, istri pertama Nabi Muhammad
  • Abu Turab al-Zahiri, cendekiawan Sunni abad ke-20
  • Muhammad Alawi al-Maliki, cendekiawan Sunni abad ke-20.

Makam dihancurkan mulai 1925

Dahulu bentuk pemakaman di sini sama seperti di belahan dunia lain. Namun sejak 1925 bangunan makam di sini dihancurkan. Tidak ada lagi bentuk makam dan batu nisan. Yang tersisa hanyalah tanah yang rata dan jejeran batu sebagai penanda makam.

Pemakaman KH Maimun Zubair

KH Maimun Zubair atau dikenal dengan Mbah Moen yang wafat Selasa (6/8/2019) dalam usia 90 tahun. Juga dimakamkan di Pemakaman Al Ma’la usai salat Dzuhur.

Demikian sedikit ulasan “Fakta Menarik Pemakaman Ma’la di Masjidil Haram,” semoga bermanfaat.

Comments (0)
Add Comment