Inilah Julukan Kota di Indonesia, Mulai Serambi Mekah Hingga Kota Pudak

5. Kota Bogor: Kota Hujan
Masih berada di provinsi Jawa Barat seperti Kota Bandung, kota di Indonesia yang memiliki julukan khas selanjutnya adalah Kota Bogor. Berada di kawasan dengan topografi di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede, membuat Kota Bogor selalu diguyur hujan sepanjang tahun terlepas dari musim kemarau ataupun musim hujan. Jadi, wajar rasanya jika Bogor dikenal dengan julukan Kota Hujan, bukan?

5. Pekalongan: Kota Batik
Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang popularitasnya sudah mendunia. Hampir setiap wilayah di Indonesia, khususnya Jawa memiliki kekhasan batiknya masing-masing. Salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil Batik di Indonesia adalah Pekalongan. Hal ini membuat Kota Pekalongan yang berada di Jawa Tengah dijuluki sebagai Kota Batik.

6. Yogyakarta: Kota Pelajar dan Kota Gudeg
Satu lagi kota di Indonesia yang terkenal akan kain batiknya, yakni Yogyakarta. Berlokasi tak jauh dari Kota Pekalongan, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia dengan segudang daya tarik. Salah satunya adalah kulinernya. Ada banyak makanan khas Yogyakarta seperti Sate Klatak, Bakpia, hingga yang terpopuler Gudeg. Saking terkenalnya kuliner Gudeg ini, membuat Yogyakarta dikenal sebagai Kota Gudeg.

Tapi, selain Kota Gudeg, Yogyakarta juga memiliki julukan lain yang tak kalah terkenal, yakni Kota Pelajar. Hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali kampus di Yogyakarta sehingga membuatnya jadi salah satu tujuan favorit mahasiswa rantau untuk menuntut ilmu.

7. Banyuwangi: The Sunrise of Java
Banyuwangi merupakan kabupaten yang berlokasi paling timur dari Pulau Jawa. Selain paling timur, Banyuwangi juga merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur. Karena lokasinya yang berada di paling timur inilah lahir julukan “The Sunrise of Java” bagi Banyuwangi. Selain itu, ada banyak spot di Banyuwangi yang terkenal akan pemandangan matahari terbitnya.

8. Malang: Kota Apel
Siapa yang tak kenal julukan dari kota di Indonesia satu ini, Malang, Kota Apel. Penjelasannya cukup sederhana. Julukan sebagai Kota Apel didapatkan Malang karena daerah ini merupakan produsen Apel terbesar di Indonesia. Uniknya, buah Apel sendiri bukanlah buah asli Indonesia.

Apel masuk ke Indonesia pada tahun 1930-an dari Australia oleh para orang Belanda. Penanaman Apel di Indonesia kemudian berkembang pesat di Kota Malang dan Batu hingga saat ini. Tak heran jika kamu berkunjung ke Malang atau Batu, kamu bisa menemukan oleh-oleh khas yang terbuat dari bahan dasar Apel.

9. Surabaya: Kota Pahlawan
Jika kedua kota sebelumnya berada di Provinsi Jawa Timur, kota yang memiliki julukan populer di Indonesia selanjutnya merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Timur, yakni Surabaya. Meskipun nama Kota Surabaya sendiri sudah memiliki makna yang unik yakni Ikan Sura dan Buaya, Surabaya juga dikenal dengan julukan Kota Pahlawan. Julukan sangat erat dengan peristiwa sejarah pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 dimana para arek-arek Suroboyo berada di garis depan melawan sekutu.

Tak membuat membuat Kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan, peristiwa ini juga diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 November 1945 sebagai Hari Pahlawan.

10. Pontianak: Kota Khatulistiwa
Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis lintang nol derajat bumi.

Tugu ini sendiri dibangun pada tahun 1928 dengan menggunakan ilmu astronomi. Pengukuran yang dilakukan oleh para ahli geografi saat itu tanpa menggunakan alat-alat yang canggih seperti satelit maupun GPS. Para ahli ini hanya berpatokan pada garis yang tidak smooth (garis yang tidak rata atau bergelombang) dan berpatokan pada benda-benda alam seperti rasi bintang.

11. Berau: Maldives van Borneo
Keindahan wisata bahari di Indonesia memang sangat kaya dan menakjubkan. Salah satunya bisa kamu temui di sebuah kabupaten di Kalimantan Timur, yakni Berau. Salah satu destinasi wisata populer yang pasti kamu tahu di Berau adalah Derawan. Terkenal sebagai salah satu destinasi diving terbaik di Indonesia, popularitas destinasi ini telah mendunia. Gugusan pulau-pulau serta keindahan bawah laut inilah yang membuat Berau mendapatkan julukan ‘Maldives van Borneo’.

12. Gorontalo: Kota Serambi Madinah

Jika sebelumnya ada Banda Aceh yang dijuluki sebagai Serambi Mekkah, selanjutnya ada Gorontalo yang dikenal sebagai Negeri Serambi Madinah. Julukan sebagai Kota Serambi Madinah muncul sebagai manifestasi nilai adat, nilai kesopanan dan nilai norma agama yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat yang mayoritas memang merupakan pemeluk agama Islam.

13. Ambon: Kota Manise
Dikenal sebagai Kota Manise atau Ambon Manise, kota di Indonesia yang memiliki julukan selanjutnya ini merupakan ibukota dari Provinsi Maluku. Julukan Ambon Manise sendiri memiliki arti Ambon yang manis atau cantik dalam bahasa setempat. Julukan ini sendiri lahir dikarenakan keindahan alam Ambon yang menawan dan keramahan orang di sini, juga dikenal sebagai pulau tropisnya Indonesia.

indonesiaJulukanKotaSerambi Mekah
Comments (0)
Add Comment