Kultum Ramadhan #11 “Tingkatkan Motivasi Bekerja”


Bekerja untuk mencari nafkah merupakan salah satu ekspresi ibadah yang mulia, berbagai pilihan kerja yang halal bisa dilakukan seseorang , kemudian pertanyaan yang paling mendasar yang harus kita jawab adalah  ” Apa Motivasi Kita Mencari Rizki ?

Setidaknya ada 3 Tingkatan motivasi seseorang dalam bekerja, berbisnis atau mencari rizki :

Tingkatan 1 : MOTIVASI SPIRITUAL

Dorongan ini muncul karena kesadaran hubungannya dengan Allah, bukan sekedar hanya mendapatkan materi seperti dapat uang atau harga diri, tapi yg lebih tinggi lagi dari itu. Motivasi inilah yg membuat seseorang siap melakukan apapun dan berkorban apa saja asalkan Allah ridho terhadapnya. Inilah motivasi tertinggi, al quwwah arruhiyyah.

“Sesungguhnya ada sebagian dosa yg tdk bisa terhapus oleh puasa atau sholat.”
Ditanyakan ke beliau, “Apa yg bisa menghapusnya ya Rasulallah?”
Jawab Rasul, “Bekerja mencari nafkah penghidupan.”
[HR Abu Nuaim]

“Pebisnis yang jujur dan terpercaya akan bersama-sama dgn Nabi, Shiddiqin dan para Syuhada.”
[HR Tirmidzi]

“Barangsiapa akhirat menjadi niatnya, Allah akan menyatukan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia datang kepadanya dlm keadaan tunduk”
[HR Ahmad dan Ibnu Majah]

Tingkatan 2 : MOTIVASI EMOSIONAL

Motivasi bekerja untuk mencari rizki, ada kalanya menghinggapi seseorang karena adanya dorongan emosi seperti ingin dihargai, dipandang, diapresiasi, tidak ingin dilecehkan, dihina dsb. inilah al quwwah al ma’nawiyyah.

“Sesungguhnya perbuatan itu bergantung niatnya.”
[HR Bukhari, Muslim]

Tingkatan 3 : MOTIVASI MATERI-FINANCIAL

Inilah dorongan kebanyakan orang. Cari duit, dapat profit, untuk sandang pangan papan dll. Intinya untuk memenuhi kebutuhan fisik ataupun naluri kehidupannya. Ini adalah Motivasi materi kebendaan, Al quwwah al madiyyah.

“Barangsiapa menjadikan dunia sebagai obsesinya, Allah memecah belah urusannya, menjadikan kefakiran didepannya, dan dunia tidak datang kepadanya kecuali sebatas yang telah ditentukan baginya.”
[HR Ahmad]

Jadi,
Ada di level motivasi manakah kita bekerja dan berbisnis ?