Mengenal Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Generatif dan Vegetatif

Perkembangbiakan generatif adalah perkembangan tumbuhan dengan cara menanam biji (buahnya), melalui penyerbukan (secara kawin). Penyerbukan adalah jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Berikut macam-macam penyerbukan :

Penyerbukan sendiri

Bagian-bagian bunga sempurna Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri adalah penyerbukan yang terjadi bila benang sari yang jatuh ke kepala putik berasal dari bunga itu sendiri. Penyerbukan ini terjadi pada bunga sempurna (bunga lengkap) yaitu bunga yang mempunyai serbuk sari dan putik.

Penyerbukan serumah

Penyerbukan serumah adalah penyerbukan yang terjadi bila serbuk sari yang jatuh ke kepala putik berasal dari bunga lain dalam satu tumbuhan.

Penyerbukan silang

Ilustrasi penyerbukan silang

Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi bila serbuk sari yang jatuh ke putik berasal dari bunga tumbuhan lain yang sejenis. Contohnya : persilangan antara mangga golek dan mangga gadung, pisang ambon dan psang hijau, dan sebagainya.

Penyerbukan bastar

Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang terjadi bilsa serbuk sari yang jatuh ke putik berasal dari bunga tumbuhan lain yang tidak sejenis. Contohnya : penyerbukan yang terjadi pada beberapa jenis tanaman yang ditanam bersama-sama dalam satu lahan (sistem pertanian tumbang sari). Sehingga terjadi penyerbukan bunga secara bersama dari beberapa tanaman yang berbeda.

Penyerbukan buatan

Penyerbukan buatan adalah penyerbukan yang sengaja diusahakan manusia untuk memperoleh bibit unggul. Contohnya mengawinkan antara padi lokal dengan padi luar negeri yang sifatnya lebih baik.

Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Perkembangbiakan Vegetatif Alami adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan tidak menanam biji/buahnya tanpa penyerbukan atau secara tak kawin. Perkembangbiakan Vegetatif Alami dapat dilakukan dengan cara :

Tunas

Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru tumbuh dari kecambah atau kuncup yang berada di atas permukaan tanah/media. Tunas dapat terdiri dari batang, ditambah dengan daun muda, calon bunga, atau calon buah.  Contohnya adalah pisang, bambu, nanas dan sebagainya.

Akar tinggal (Rhizoma).

Ilustrasi Akar tinggal (Rhizoma)

Akar tinggal adalah batang yang seluruhnya berada dan tumbuh menjalar di permukaan tanah.          
Contoh tumbuhan yang memiliki akar tinggal, antara lain kunyit, jahe, lengkuas, tebu, temulawak, kencur dan lain sebagainya.

Spora

Spora adalah satu atau beberapa sel (bisa haploid ataupun diploid) yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Sel ini dorman dan hanya tumbuh pada lingkungan yang memenuhi persyaratan tertentu, yang khas bagi setiap spesies. Fungsi spora sebagai alat persebaran mirip dengan biji, meskipun berbeda jika ditinjau dari segi anatomi dan evolusi. Contohnya janin, lumut, paku-pakuan.

Umbi lapis

Umbi lapis adalah sejenis umbi yang terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun rapi dan rapat dalam format roset. Contohnya bawang merah, bawang putih dan bawang bombay.

Stek daun

Stek daun adalah cara pengembangbiakkan tanaman secara vegetatif buatan dengan menggunakan sebagian daun tanaman untuk ditumbuhkan menjadi tanaman baru. Contoh tanaman yang dapat di stek daun antara lain: Cocor Bebek, kaktus, Sri Rejeki, Wijayakusuma, begonia, lidah mertua/Sansevieria, dan Lidah Buaya.

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Vegetatif buatan dapat dilakukan dengan cara :

Mencangkok

Contoh ilustrasi mencangkok

Cara ini bisa dilakukan pada tumbuhan yang berkambium (dikotil). Tujuannya adalah mempercepat proses perkembangbiakan. Agar cepat berbuah, memiliki sifat buah yang sama dengan induknya dan pohonnya tidak terlalu tinggi. Ada beberapa kerugian menggunakan cara ini, antara lain pohonnya tidak kuat dan cepat mati (umurnya pendek).

Mengenten atau menyambung

Untuk menyambung dua tanaman, bagian yang atas harus dipilih tanaman yang sidatnya lebih baik dan jenisnya sama. Tujuannya adalah untuk menyatukan dua sifat tumbuh tumbuhan yang berbeda.

Menempel tunas (okulasi)

Okulasi

Okulasi adalah salah satu cara meningkatkan mutu tumbuhan dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon yg bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman yang baru. Contohnya adalah mangga, jeruk dan rambutan.

Stek Batang

Setek atau stek adalah metode perbanyakan tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman (akar, daun, batang). Contohnya seperti singkong, luntas bunga sepatu, tebu, ketela, dan sebagainya.

Merunduk

Merunduk yaitu bagian batang dirundukan lalu ditimbuni tanah. Setelah tumbuh akar dan akarnya kuat, bagian batang tersebut dapat dipotong dan ditanam terpisah. Contohnya : selada air, anyelir, dan alamanda

Perkembangbiakan Tumbuhan
Comments (0)
Add Comment