Mengenal Golden Age dan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Pendidikan anak merupakan aset penting dan mahal harganya. Tentu statement tersebut sudah disepakati dan menjadi pemahaman umum dimasyarakat. Karena terkait dengan kemajuan bangsa kedepannya sehingga pemerintah hadir. Salah satunya dengan adanya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional yang terus menerus diupdate setiap periode.

Dalam tulisan ini kita mencoba untuk membahas dua tema yang saling berkaitan. Pertama Golden Age dan kedua pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD)

Golden Age

Golden Age (masa emas) adalah masa Anak Usia Dini untuk mengexplorasi hal-hal yang ingin mereka lakukan, dimana masa ini merupakan masa yang paling penting untuk membentuk karakter anak.

Menurut Clark, sel otak anak memiliki kisaran antara 100-200 miliar sel otak. Namun hasil penelitian menyatakan hanya 5% potensi otak yang terpakai.. Sementara itu Horward Gardner menyatakan bahwa anak pada usia lima tahun pertama selalu diwarnai dengan keberhasilan dalam belajar segala hal.

Baca juga “Cara Mendidik Anak (Bayi Hingga Usia 10 Tahun) Menurut Nabi.”

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

  • Dalam Al-Qur’an kata “anak” disebut lebih dari 100 kali. Antara lain menggunakan kata “al Ibn” sebanyak 35 kali, “Al walad” 102 kali dan ada juga yang menggunkan kata walidan, al wildan,sobiyyun, dan thiflun.
  • Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting karena ini adalah usia emas anak.
  • Sebagai sarana untuk membentuk golden karakter (karakter emas) pada anak.
  • Anak merupakan aset penting untuk kemajuan suatu bangsa kedepannya.
  • PAUD pada hakikatnya ialah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan
  • Dilindungi oleh negara melalui Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.

Demikian sedikit ulasan “Mengenal Golden Age dan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” semoga bermanfaat

Golden Agependidikan
Comments (0)
Add Comment