Mukjizat Adalah, Berikut Penjelasannya Beserta Contohnya

Dalam mempelajari sejarah nabi dan rosul kita sering mendengar sebuah kta yaitu mukjizat. Apa sebenarnya mukjizat itu teman-teman ?

Mukjizat adalah

Mukjizat sendiri bisa dikatakan sebagai perkara di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian dan keabsahan risalahnya (wikipedia). Ada beberapa syarat mukjizat antara lain :

  • hanyalah Allah yang mampu melakukannya
  • menyimpang dari hukum alam
  • terjadi apa yang dikatakan Rosulullah Muhammad saw
  • tidak ada orang lain yang bisa melalukan sejenis dengan itu

Beberapa mukjizat yang dimiliki para Nabi dan Rasul di antaranya:

1. Nabi Nuh

Dalam kisahnya Nabi Nuh membuat bahtera sebuah kapal yang besar di tengah padang pasir, sebelum terjadi banjir besar melanda

2. Nabi Sholeh

Nabi Sholeh diberikan mukjizat berupa unta betina yang tidak boleh disembelih, sebagai hujjah atas kaumnya.

3. Nabi Daud

Dalam kisah yang masyhur Nabi Daud memiliki suara merdu sehingga makhluk lain pun ikut bertasbih bersamanya, sanggup berbicara dengan burung, dan berhasil mengalahkan.

4. Nabi Ibrahim

Dalam dakwahnya kepada raja Namrud dikisahkan bahwa Nabi Ibrahim tidak hangus dibakar, karena api tidak berhasil membakarnya dan berubah menjadi dingin.

5. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf memiliki ketampanan luar biasa sehingga memikat banyak perempuan saat itu salah satunya adalah istri Raja Al Aziz yang bernama Zulaikha. Selain itu Nabi Yusuf juga mampu menerjemahkan mimpi-mimpi.

6. Nabi Yunus

Nabi Yunus ditelan ikan Paus dan tetap hidup, Nab Yunus bertasbih selama 40 hari di dalam perut ikan Nun.

7. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman bisa berbicara menggunakan bahasa yang bisa difahami oleh hewan, menguasai bangsa jin, bisa menundukkan angin dengan ijin Allah, memiliki permadani yang terbuat dari sutera hijau dengan benang emas dengan ukuran 60 mil panjang dan 60 mil lebar.

8. Nabi Musa

Nabi Musa diberikan mukjizat berupa tongkat saat berdakwah dihaapan raja Fir’aun. Bisa embelah sungai.

9. Nabi Isa

Nabi Isa memiliki mukjizat berupa kemampuan menyembuhkan orang buta, menyembuhkan penderita kusta dan menghidupkan orang mati.

10. Nabi Muhammad

Mukjizat Nabi Muhammad diantaranya peristiwa Isra dan Mi’raj, membelah bulan untuk membuktikan kenabiannya terhadap orang Yahudi, bertasbihnya kerikil di tangannya, batang kurma yang menangis, pemberitaan Muhammad tentang peristiwa-peristiwa masa depan ataupun masa lampau, tetapi mukjizat yang terbesar adalah Al-Qur’an.

Demikian sedikit ulasan tentang bahasan mukjizat dan beberapa contoh para nabi dan rosul, semoga bermanfat.

Mukjizat
Comments (0)
Add Comment