Pengertian dan Contoh Energi Kinetik, Potensial Serta Mekanik

Beberapa waktu yang lalu sudah kita bahas sumber energi di bumi. Kali ini kita akan membahas juga tentang energi kinetik, energi potensial dan energi mekanik. Semoga semakin pintar dan faham.

Energi

Energi merupakan salah satu konsep paling penting dalam ilmu pengetahuan. Energi tidak dapat didefinisikan secara ringkas saja. Akan tetapi pada materi kali ini karena energi berhubungan dengan usaha, maka energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha.

Energi Kinetik

Energi Kinetik adalah energi gerak, energi yang dimiliki benda atau objek karena geraknya. Energi kinetik berasal dari kata Yunani kinetikos yang artinya bergerak. Jadi, kamu pasti tahu kan kalau setiap benda yang bergerak maka benda tersebut memiliki energi kinetik. Agar memudahkan berikut beberapa contohnya :

  • Pensil jatuh di atas meja,
  • Bola yang dilempar atau terjatuh,
  • Manusia berjalan dan masih banyak yang lainnya.

Rumus Energi Kinetik dinotasikan dengan:

Dimana,

 = Energi Kinetik benda (Joule)

 = massa benda (kg)

 = kecepatan benda (m/s2)

Usaha merupakan besarnya energi. Pada konteks ini, usaha merupakan perubahan energi. Hubungan usaha dengan Energi Kinetik dinotasikan dengan:

Dimana,

 = Usaha yang dilakukan benda (Joule)

 = perubahan Energi Kinetik (Joule)

 = perubahan kecepatan (m/s2)

Energi Potensial

Saat benda bergerak, dapat dikatakan benda memiliki energi kinetik. Akan tetapi, benda juga kemungkinan memiliki Energi Potensial. Energi Potensial adalah energi yang dimiliki benda karena posisinya atau bentuk maupun susunannya.

Salah satu contoh energi potensial adalah energi potensial gravitasi atau selanjutnya kita sebut Energi Potensial. Energi Potensial disebabkan adanya gaya gravitasi. Suatu benda memiliki energi potensial yang besar jika massanya semakin besar dan ketinggiannya semakin tinggi.

Berikut beberapa contoh energi potensial :

1. Sebuah batu yang terletak di tepi jurang memiliki energi potensial. Jika batu jatuh, energi potensial akan diubah menjadi energi kinetik.

2. Cabang dari sebuah pohon yang tinggi memiliki energi potensial karena cabang pohon tersebut sewaktu-waktu bisa jatuh ke tanah.

3. Dinamit memiliki energi potensial kimia yang akan dilepaskan ketika energi aktivasi dari sumbu masuk dan bersentuhan dengan bahan kimia.

4. Makanan yang kita makan memiliki energi potensial kimia karena saat tubuh kita mencerna, proses tersebut memberikan kita energi untuk metabolisme dasar.

5. Pegas yang diregangkan pada mesin pinball memiliki energi potensial elastis dan dapat memindahkan bola baja ketika dilepaskan.

Rumus Energi Potensial dinotasikan dengan:

Dimana,

 = Energi Potensial benda (Joule)

= kecepatan gravitasi (9,8 m/s2)

 = ketinggian benda (m)

Hubungan usaha dengan Energi Potensial dinotasikan dengan:

Dimana,

 = perubahan ketinggian (m)

Energi Mekanik

Energi Mekanik merupakan bentuk energi yang berkaitan dengan gerak. Nah, kedua tipe energi diatas yakni Energi Kinetik dan Energi Potensial merupakan bagian dari Energi Mekanik.

Berikut beberapa contoh energi mekanik :

  1. Mesin uap : energi panas dirubah menjadi energi mekanik untuk menjalankan kereta uap.
  2. Kincir angin : Energi kinetik dari angin menyebabkan pisau berputar. Kincir angin mengubah energi kinetik dari angin ini menjadi energi listrik.
  3. Pistol mainan anak : energi ini akan dilepaskan ketika musim pegas merenggang, menyebabkan panah bergerak.
  4. Mesin listrik : Energi listrik yang digunakan dalam mesin di mana ia diubah menjadi energi mekanik. energi mekanik ini adalah dalam bentuk energi kinetik dari lokomotif atau kendaraan bergerak.
  5. Pembangkit listrik tenaga air : PLTA merupakan contoh perubahan energi mekanik menjadi energi listrik

Persamaan Energi Mekanik dinotasikan dengan:

Energi Mekanik yang dimiliki suatu benda nilainya selalu konstan/tetap pada setiap titik lintasan benda, inilah yang disebut sebagai Hukum Kekekalan Energi. Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, energi hanya dapat berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Maka persamaan Hukum kekekalan energi dinotasikan dengan:

Dimana,

 = Energi Mekanik benda (Joule)

= energi mekanik di posisi 1

= energi mekanik di posisi 2.

Demikian ulasan pelajaran “Pengertian dan Contoh Energi Kinetik, Potensial Serta Mekanik,” apabila ada yang mau menambahkan contoh dan materi bisa dikirim melalui redaksi atau ditulis dikolom komentar.

energipotensial
Comments (0)
Add Comment