Pengertian dan Keunggulan Rockwoll Sebagai Media Tanam Hidroponik

Pada tulisan sebelumnya kita pernah membahas tentang Sejarah Dan Kelebihan Hidroponik. Kali ini kita coba menambah pengetahuan terkait media tanam menggunakan rockwoll.

Pengertian Rockwoll

Rockwool adalah salah satu media tanam hidroponik yang banyak digunakan oleh para petani. Dimana media tanam rockwoll mempunyai kelebihan dibandingkan dengan media lainnya.

Keunggulan Rockwoll Sebagai Media tanam

  • Seratnya tidak terlalu rapat sehingga udara bisa keluar masuk dengan lebih leluasa.
  • Penyerapan air merata, tidak hanya pada bagian bawah
  • Penggunaanya praktis dan mudah.
  • Serat kuat sehingga tidak mudah terbawa aliran air.
  • Lebih murah dibandingkan bahan media tanam lainnya

Penggunaan rockwoll lebih pas digunakan untuk beberapa bibit tanaman. Seperti bibit tanaman sayuran. Walaupun beberapa jenis buah bisa menggunakan rockwoll, namun membutuhkan tipe khusus, bergantung kerekatan atau density rockwoll.

Untuk kerekatan tanaman buah-buahan perlu kerekatan yang paling tinggi, yaitu sekitar 70. Sedangkan untuk sayuran kerekatan kisaran 37-39.

Sementara itu menurut keterangan rockwoll saat ini mayoritas hasil impor. Dengan ukuran 1 bal yang berisi 16 slab yang masing-masing berukuran 0.5 meter, lebar 15 sentimeter dan tebal 7,5 sentimeter.

Biasanya harga tiap slab dibanderol harga anatara Rp 45-60 ribu. Per slab biasanya digunakan untuk pembibitan hingga 500 tanaman.

ROCKWOLL