Pengertian Ide dan Inovasi Serta Bagaimana Menjaga Mengeksekusinya

INITU.ID – Seringkali kita mendengar sebuah kata yang identik dengan kreatifitas dan karya. Kata tersebut adalah IDE,kata yang pendek namun beragam arti yang bisa diutarakan, seiring dengan makna yang terkandung.

Berikut beberapa pengertian ide

  • Pengertian ide menurut KKBI adalah rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita.
  • Gagasan atau ide adalah istilah yang dipakai baik secara populer maupun dalam bidang filsafat dengan pengertian umum “citra mental” atau “pengertian”. Terutama Plato adalah eksponen pemikiran seperti ini.
  • Ide mewakili konsep, filosofi, pemikiran atau saran tentang tindakan yang mungkin dilakukan. Suatu ide dapat muncul dengan niat. Dalam arti, kita secara sengaja memunculkannya. 
  • Ide adalah gagasan awal sebuah karya yang bisa berdampak kepada sebuah value. Ide juga memiliki hak paten untuk dipertahankan.

Inovasi Adalah

  • Menurut KKBI Inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan atau penemu-an baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat);
  • Inovasi dapat dimaknai sebagai ide baru, pemikiran kreatif, imajinasi baru dalam bentuk perangkat atau metode.
  • Inovasi adalah suatu perubahan yang baru berupa ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang sifatnya spesifik, disengaja melalui program yang terencana dan dirancang untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Undang-undang No.18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Bagaimana Menjaga Ide dan Inovasi

Dalam sebuah paparan seorang motivator nasional menyampaikan bahwa kita harus berhati-hati terhadap ide kita. Dalam berbicara dengan pihak lain.

Karena beberapa kasus obrolan ide kita justru diambil dan diakui oleh pihak lain, bahkan oleh orang terdekat kita. Sakit bukann teman teman kalau ini terjadi terhadap diri kita.

Baca juga “Biografi Penemu Mobil Listrik Modern Tesla Elon Musk.”

Berikut beberapa cara untuk menjaga ide dan inovasi

  • Tulislah ide anda secara baik sehingga mudah difahami dan dimengerti.
  • Buatlah konsep dari ide anda mulai dari awal hingga akhir, buatlah simulasi sehingga bisa dievaluasi,
  • Belajarlah membuat proposal untuk menawarkan ide anda, dan jangan lupa ditulis setiap presentasi dengan syarat dan ketantuan ide tidak boleh dieksekusi tanpa ijin.
  • Berlatihlah komunikasi agar anda bisa lancar dan benar menyampaikan ide anda
  • Jangan ceritakan ide anda kepada siapapun , sebelum anda benar benar mengetahui siap lawan bicara anda

Langkah Ide dan Inovasi

Ada beberapa tahapan untuk menuangkan ide dan inovasi atau dengan kata lain adalah eksekusi. Karena yang terpenting dari sebuah ide adalah eksekusi. Bisa jadi idenya baik tapi eksekusi nya jelek atau sebaliknya. Berikut beberapa contohnya

  1. Menciptakan, adalah suatu proses dalam membuat sesuatu yang belum ada sebelumnya. Misalnya Alexander Graham Bell di tahun 1876 yang menemukan telepon modern, Wright Brothers membuat pesawat terbang, atau Mike Zuckerberg menciptakan Facebook yang sekarang menjadi media sosial paling populer di dunia. Atau Karl Benz pada tahun 1885 yang sudah memulai ide membuat mobil listrik modern.
  2. Modifikasi, atau dengan kata lain adalah meniru walaupun sebenarnya berbeda. Misalnya modifikasi pada sistem operasi komputer untuk digunakan pada ponsel. Dari ide modifikasi kreatif ini, Android, Windows Phone, iPhone, dan Blackberry muncul. Atau ide dalam membuat sebuah resep masakan dan resep ilmiah.
  3. Menggabungkan, adalah mengkolaborasikan dua hal yang sebelumnya tidak berhubungan. Contoh dari kombinasi kreatif yang brilian adalah ecommerce atau aplikasi trasnportasi bagaimana menggabungkan proses offline dan kemudahan bertransaksi secara online

Demikian beberapa uraian “Pengertian Ide dan Inovasi Serta Bagaimana Menjaga Mengeksekusinya.” semoga bermanfaat

Baca juga Jadwal Liga Inggris

ideide adalahinovasipengertian idepengertian inovasitahapan ide
Comments (0)
Add Comment