Pengertian , Jenis Serta Fungsi Rangka dan Sendi Manusia

Pengertian Rangka, Sendi dan Alat Indra Manusia

Sudah sepantasnya manusia bersyukur akan karunia yang luar biasa dari Allah atas segala kenikmatannya. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti duduk, berdiri, dan berbaring karena manusia memiliki rangka tubuh.

Selain itu, manusia juga bisa menikmati lingkungan sekitar,seperti  mendengarkan gemericik air, mencium aroma wangi, dan merasakan  kelezatan makanan karena kita memiliki alat indra. Bisa dibayangkan bila manusia tidak memiliki karunia diatas ? bisakah bertahan hidup.

Pengertian Rangka Manusia

Rangka atau tulang termasuk salah satu alat tubuh yang melekat pada manusia dan hewan. Apa yang terjadi jika tangan dan kaki kita tidak memiliki rangka di dalamnya? Tentu kita tidak dapat berdiri tegak.

Tulang yang ada dalam tubuh manusia membantu melindungi bagian- bagian tertentu pada tubuh kita. Misalnya, bagian yang lunak dan organ-organ dalam penting seperti hati, jantung, paru-paru, serta ginjal. Tulang juga membantu manusia untuk bergerak atau melakukan kegiatan. Selain itu, tulang merupakan kerangka tubuh yang menahan dan menjaga bentuk tubuh. (Sumber: Human 3D. 2001. ).

Fungsi Rangka

  1. menguatkan dan menegakkan tubuh,
  2. menentukan bentuk tubuh,
  3. tempat melekatnya otot, serta
  4. melindungi bagian-bagian tubuh yang penting dan halus.

Jenis Jenis Rangka

Secara garis besar, rangka dalam terdiri atas rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.

Rangka Kepala

Rangka kepala (tengkorak) meliputi tulangtulang tengkorak wajah dan tulang pelindung otak.

a. Tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas: 2 tulang hidung, 2 tulang pipi, 2 tulang rahang atas, dan tulang rahang bawah, 2 tulang air mata, tulang langit-langit, tulang pisau luku, dan 1 tulang lidah.

b. Tulang pelindung otak meliputi 1 tulang dahi, 1 tulang belakang kepala, 2 tulang pelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang tapis.

Rangka Badan

Rangka badan meliputi tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.

a. Tulang belakang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.

b. Tulang rusuk terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang,

c. Tulang dada terdiri atas tiga bagian, yaitu tangkai atau hulu, badan, dan taju pedang. Tulang dada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan.

d. Tulang gelang bahu tersusun atas sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka.

e. Tulang gelang panggul dibentuk oleh 2 tulang usus, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan.

Rangka Anggota Gerak

Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas (tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).

a. Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu: tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang telapak tangan, tulang ruas-ruas jari.

b. Tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai), yaitu: tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang tempurung lutut, tulang telapak kaki, dan tulang ruas-ruas jari.

Pengertian dan Fungsi Sendi

Kata sendi sering kita dengarkan. Apa sebenarnya pengertiannya. Sendi merupakan perhubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan dua tulang disebut persendian (artikulasi).

Fungsi utama sendi adalah untuk memberikan fleksibilitas dan pergerakan pada tempatnya, juga sebagai poros anggota gerak. Macam macam sendi pun cukup beragam. Ada beberapa sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, namun tetap saja sangat berfungsi untuk memberikan .

Macam-Macam Sendi

Sendi engsel, adalah sendi yang dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel jendela dan pintu. Contohnya, sendi pada siku, sendi pada lutut, sendi pada ruas jari tangan, dan sendi pada ruas jari kaki.

b. Sendi peluru, adalah sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah. Hal tersebut dapat terjadi karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Contohnya, sendi pada ruas tulang leher yang paling atas dan sendi pada pangkal paha.

c. Sendi pelana, adalah sendi yang bergerak ke dua arah. Contohnya, sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari.

d. Sendi kaku, adalah persendian yang geraknya sedikit atau terbatas. Contohnya, persendian yang terdapat di antara ruas-ruas tulang belakang.

e. Sendi geser, adalah persendian tempat ujung tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain. Sendi geser dijumpai pada tulang hasta dan tulang pengumpil.

f. Sendi putar, adalah persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang atlas (tulang leher yang pertama) dan tulang tengkorak. Tulang atlas masuk ke dalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak.

Sendi Berdasarkan bentuknya

Sendi berdasarkan bentuk tulang dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

a. tulang pipa, terdiri atas tulang paha, tulang betis, dan tulang kering;

b. tulang pipih, terdiri atas tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang tengkorak;

c. tulang pendek, terdiri atas tulang pangkal tangan, tulang pangkal kaki, dan ruas-ruas tulang belakang.

Ilustrasi Tulang Lengan Manusia

Macam macam sendi dari jangkauan geraknya

Sendi dilihat dari jangkauan geraknya bisa ddibedakan seperti dibawah ini

– Persendian Fibrosa, yaitu persendian yang tidak dapat digerakkan, di mana letak tulang-tulangnya sangat berdekatan dan hanya dipisahkan oleh selapis jaringan ikat fibrosa, contohnya sutura di antara tulang-tulang tengkorak.

– Persendian Kartilagenosa, yaitu persendian yang gerakannya terbatas, di mana tulang-tulangnya dihubungkan oleh tulang rawan hialin, contohnya tulang iga.

– Persendian Sinovial, yaitu persendian yang gerakannya bebas, merupakan bagian terbesar dari persendian pada tubuh orang dewasa, contohnya sendi bahu dan panggul, sikut dan lutut, sendi pada tulang-tulang jari tangan dan kaki, pergelangan tangan dan kaki.

Baca juga “Organ Tubuh Manusia dan Fungsinnya,”

Demikian sedikit ulasan tentang “Pengertian , Jenis Serta Fungsi Rangka dan Sendi Manusia, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

rangkatulang
Comments (0)
Add Comment