Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

Segmentasi perilaku

Segmentasi perilaku membagi konsumen ke dalam kelompok sesuai dengan pengetahuan mereka tentang, sikap terhadap, tingkat penggunaan, respon, Status loyalitas, dan tahap kesiapan untuk suatu produk. Ada konektivitas tambahan dengan semua sumber pasar terkait lainnya.

Segmentasi perilaku membagi pembeli menjadi segmen berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau tanggapan mengenai suatu produk. Banyak pemasar percaya bahwa variabel perilaku adalah titik awal terbaik untuk membangun segmen pasar.

Segmentasi demografis

Segmentasi menurut demografi didasarkan pada variabel seperti usia, jenis kelamin, generasi, agama, pekerjaan dan tingkat pendidikan atau sesuai dengan manfaat yang dirasakan yang produk atau layanan dapat memberikan.

Manfaat dapat dirasakan berbeda tergantung pada tahap konsumen dalam siklus hidup. Segmentasi demografis membagi pasar ke dalam kelompok tahap kehidupan yang berbeda dan memungkinkan untuk pesan yang akan disesuaikan sesuai. 

Baca juga: Pengertian, Kandungan, Jenis, Manfaat Dan Khasiat Buah Sayur Tomat

Sebuah varian dari pendekatan ini dikenal sebagai segmentasi berdasarkan firmographic atau fitur yang umum digunakan di pasar bisnis-ke-bisnis (diperkirakan bahwa 81% dari pemasar B2B menggunakan teknik ini).

Berdasarkan pendekatan ini target pasar tersegmentasi berdasarkan fitur seperti ukuran perusahaan (baik dari segi pendapatan atau jumlah karyawan), sektor industri atau lokasi (negara dan / atau wilayah). [4]

Segmentasi psikografis

Segmentasi psikografis, yang kadang-kadang disebut gaya hidup, diukur dengan mempelajari kegiatan, minat, dan opini (AIO) dari pelanggan.

Ini mempertimbangkan bagaimana orang menghabiskan waktu luang mereka, dan pengaruh eksternal yang mereka paling responsif terhadap dan dipengaruhi oleh.

Psikografis sangat penting untuk segmentasi, karena psikografis mengidentifikasi kegiatan pribadi dan gaya hidup yang ditargetkan subjek sasaran bertahan, atau gambar mereka sedang berusaha untuk proyek. Media massa memiliki pengaruh dominan dan berpengaruh pada segmentasi psikografis.

Produk gaya hidup dapat berhubungan dengan produk keterlibatan tinggi dan keputusan pembelian, untuk khusus atau mewah produk dan keputusan pembelian.

Segmentasi oleh manfaat

Dalam hal ini segmentasi dapat berlangsung sesuai dengan manfaat yang dicari oleh konsumen atau pelanggan.

Segmentasi sesekali

Maksudnya adalah segmentasi kesempatan berfokus pada analisis kesempatan, independen dari pelanggan, seperti mempertimbangkan Coke untuk acara-acara menjadi haus, makan malam atau pergi keluar, tanpa mempertimbangkan perbedaan pelanggan kelas menengah makmur dan akan memiliki selama acara-acara tersebut.

Selanjutnya segmentasi pelanggan sesekali menyatu pelanggan-tingkat dan kesempatan-level model segmentasi dan memberikan pemahaman tentang pelanggan individu kebutuhan, perilaku dan nilai di bawah kesempatan yang berbeda dari penggunaan dan waktu.

pangsa pasar
Comments (0)
Add Comment