Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

Tidak seperti model segmentasi tradisional, pendekatan ini memberikan lebih dari satu segmen untuk setiap pelanggan yang unik, tergantung pada keadaan saat ini mereka berada di bawah.

Segmentasi budaya

Segmentasi budaya digunakan untuk mengklasifikasikan pasar sesuai dengan asal budaya. Budaya adalah dimensi yang kuat dari perilaku konsumen dan digunakan untuk meningkatkan wawasan pelanggan dan sebagai komponen model prediksi.

Segmentasi budaya memungkinkan komunikasi yang tepat untuk dibuat untuk komunitas budaya tertentu, yang penting untuk keterlibatan pesan dalam berbagai organisasi, termasuk kelompok bisnis, pemerintah dan masyarakat.

Segmentasi budaya dapat diterapkan untuk data pelanggan yang ada untuk mengukur penetrasi pasar di segmen budaya kunci dengan produk, merek, saluran serta langkah-langkah tradisional kebaruan, frekuensi dan nilai moneter. Benchmark ini merupakan bukti-dasar penting untuk memandu arah strategis dan kegiatan kampanye taktis, memungkinkan tren keterlibatan dipantau dari waktu ke waktu.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Ikan Introduksi Serta Aturannya Di Indonesia

Segmentasi budaya juga dapat dipetakan menurut negara, wilayah, daerah pinggiran dan lingkungan.

Ini memberikan pandangan pasar geografis proporsi populasi dan mungkin bermanfaat dalam memilih tempat tepat berada, menentukan batas-batas wilayah dan kegiatan pemasaran lokal.

Data sensus merupakan sumber berharga data budaya tetapi tidak dapat bermakna diterapkan kepada individu. Analisis nama (onomastics) adalah cara yang paling dapat diandalkan dan efisien untuk menggambarkan asal-usul budaya individu.

Keakuratan menggunakan analisis nama sebagai pengganti untuk latar belakang budaya di Australia adalah 80-85%, setelah memungkinkan untuk perubahan nama perempuan karena pernikahan, alasan sosial atau politik atau pengaruh kolonial.

Luasnya cakupan data nama berarti pengguna akan kode minimal 99 persen dari individu dengan kemungkinan besar asal leluhur mereka.

Multi-variabel segmentasi akun

Manajemen Wilayah Penjualan, menggunakan lebih dari satu kriteria untuk menggolongkan rekening organisasi,  seperti segmentasi rekening penjualan oleh pemerintah, bisnis, pelanggan, dll dan ukuran akun atau durasi, dalam upaya meningkatkan efisiensi waktu dan volume penjualan.

Menggunakan segmentasi di retensi pelanggan

Pendekatan dasar untuk segmentasi berbasis retensi adalah bahwa perusahaan tag masing-masing pelanggan aktif dengan empat nilai:

Apakah pelanggan ini berisiko tinggi membatalkan layanan perusahaan?

Salah satu indikator yang paling umum dari pelanggan berisiko tinggi adalah drop off dalam penggunaan layanan perusahaan. Sebagai contoh, dalam industri kartu kredit ini bisa mengisyaratkan melalui penurunan pelanggan dalam pengeluaran pada kartu nya.

Apakah pelanggan ini berisiko tinggi beralih ke pesaing untuk membeli produk?

Banyak kali pelanggan pindah preferensi pembelian untuk merek pesaing. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan mereka yang dapat lebih sulit untuk diukur. Ini adalah kali bermanfaat bagi mantan perusahaan untuk mendapatkan wawasan yang berarti, melalui analisis data, seperti mengapa perubahan ini preferensi telah terjadi. Wawasan tersebut dapat menyebabkan strategi yang efektif untuk memenangkan kembali pelanggan atau bagaimana tidak kehilangan target pelanggan di tempat pertama.

Apakah pelanggan ini layak mempertahankan?

Penentuan ini bermuara pada apakah laba pasca retensi yang dihasilkan dari pelanggan diprediksi akan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan pelanggan, dan termasuk evaluasi siklus hidup pelanggan. 

Baca juga: Aneka Makanan Tradisional Unik Khas Indonesia Dari Berbagai Daerah

Apa taktik retensi harus digunakan untuk mempertahankan pelanggan ini?

Untuk pelanggan yang dianggap layak tabungan, adalah penting bagi perusahaan untuk mengetahui menyimpan taktik yang paling mungkin untuk menjadi sukses.

Taktik yang umum digunakan berkisar dari memberikan diskon khusus pelanggan untuk mengirim pelanggan komunikasi yang memperkuat proposisi nilai dari layanan yang diberikan.

Berikut Strategi Mempertahankan Pangsa Pasar

  • Berikan penwaran tambahan yang menguntungkan pelanggan, lakukan peningkatan produk dan layanan agar pelanggan puas.
  • Jangan lupa pelanggan lama, hubungi dan tawari promo atau produk baru anda
  • Bangun kedekatan personal, bangun komunitas yang menguntungkan bagi pelanggan
  • Update dan informasikan berita terbaru kepada pelanggan anda
  • Berikan hadiah khusus pada momen yang tepat, salah satunya di hari pelanggan nasional 5 September. Sedikit pemberian akan senantiasa diingat oleh pelanggan.
pangsa pasar
Comments (0)
Add Comment