Pengertian, Sejarah, dan Penemu Algoritma, Serta Profil Ibnu Musa Al-Khwarizmi

Pengertian dan Sejarah Algoritma

Saat ini kita sering mendengar Algoritma yang melekat kepada perusahaan teknologi seperti google dan facebook menggunakan algoritmanya untuk menjalankan programnya.

Algoritma sendiri merupakan  “langkah-langkah yang sistematis dan logis dalam menyelesaikan suatu masalah”. Dengan algoritma maka suatu masalah mestilah dituntaskan secara sistematis, logis serta dapat diuji benar atau salahnya.

Sementara itu istilah Algoritma dalam matematika dan ilmu komputer, adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Oleh karena algoritma merupakan sebuah konsep, maka setiap perusahaan atau perseorangan dapat memiliki algoritma yang berlainan terhadap suatu masalah yang sama. Oleh karena itu seringkali ada update algoritma dalam sistem pencarian google, facebook atau perusahaan teknologi lainnya, menyesuaikan kebutuhan yang semakin berkembang.

Penemu Algoritma

Bila dilihat dari sudut bahasa, algoritma itu berasal dari kata “algorism” yang berarti algoritma adalah perhitungan dalam angka Arab. Akan tetapi para ahli sejarah sangat tidak mudah untuk mencari asal-usul dari istilah tersebut, sehingga pada akhirnya mereka menetapkan bahwa “algoritma/algorithm” ini adalah berasal dari nama penemunya sendiri.

Nama penemu algoritma tersebut adalah Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi, ia adalah seorang ilmuwan Timur Tengah di zaman peradaban Islam (780-850 Masehi).

Sebagai seorang ilmuwan, Al-Khwarizmi juga dikenal sebagai penemu Algebra atau Aljabar. Al-Khwarizmi juga seorang ahli astronomi di waktu itu.

Profil Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi

Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī (bahasa Arab: محمد بن موسى الخوارزمي‎) adalah seorang ahli dalam bidang matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850 di Baghdad. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad

Buku pertamanya, al-Jabar, adalah buku pertama yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga ia disebut sebagai Bapak Aljabar. Al-Khwārizmī juga berperan penting dalam memperkenalkan angka Arab melalui karya Kitāb al-Jam’a wa-l-tafrīq bi-ḥisāb al-Hind yang kelak diadopsi sebagai angka standar yang dipakai di berbagai bahasa serta kemudian diperkenalkan sebagai Sistem Penomoran Posisi Desimal di dunia Barat pada abad ke 12. Ia merevisi dan menyesuaikan Geografi Ptolemeus sebaik mengerjakan tulisan-tulisan tentang astronomi dan astrologi.

Demikian “Pengertian, Sejarah, dan Penemu Algoritma, Serta Profil Ibnu Musa Al-Khwarizmi,’ semoga bermanfaat.

aljabar
Comments (0)
Add Comment