Profil dan Sejarah SMK Sekolah Pelayaran Nasional Pertama di Purwokerto

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nasional Purwokerto adalah eks Sekolah Pelayaran Menengah ( SPM) Nasional Purwokerto. Yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Nasional (YPN) Purwokerto. Sesuai  dengan Keputusan Yayasan Nomor : 10/SMM/SPMN/V/1983, tanggal 20 Juli 1983. Kampus beralamat di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 93 No. Telp. (0281) 631954 sebelah Timur Taman Kota Andang Pangrenan Purwokerto.

Pada awal berdirinya, sekolah ini bernama Sekolah Pelayaran Menengah Nasional yang didirikan oleh H. Warman Suharno, SH.SE.MM sebagai sekolah  pelayaran swasta satu-satunya yang ada di Purwokerto yang beralamat di Jalan Pahlawan Tanjung. Pada tahun 1990, pindah alamat di tempat yang sekarang yaitu di jalan KH. Wahid Hasyim No 93 Purwokerto.
Pada Tahun 1997 sesuai dengan SK Kemediknas Berubah Nama Menjadi SMK Nasional Purwokerto.

Untuk supaya mudah dikenal oleh orang SMK Nasional Purwokerto lebih memilih dan lebih terkenal dengan SMK-SPM Nasional Purwokerto. SMK-SPM Nasional Purwokerto bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Nasional Purwokerto yang diketuai oleh Bapak H. Warman Suharno, SH.SE.MM dan sekaligus Sebagai Kepala Sekolah di SMKSPM Nasional Purwokerto sampai Sekarang 

SMK Nasional Purwokerto (eks Sekolah Pelayaran Menengah Nasional Purwokerto) diresmikan oleh bapak Kepala Dinas Pendidikan Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Banyumas, tanggal 20 Juli 1983. Setiap tanggal 20 Juli merupakan Hari Ulang Tahun Sekolah.

SMK Nasional Purwokerto mendapat izin untuk menyelengarakan program Diklat Keahlian Pelaut Tingkat IV, dari Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan Laut tanggal 8 Maret 2010. Untuk bidang keahlian Nautika klasifikasi B dan bidang keahlian Teknika klasifikasi B. Dengan nomor sertifikat : No : DL-102/B.005/PDL-2010.  (foto copy sertifikat terlampir )

Pada tanggal 27 Oktober 2011 SMK Nasional Purwokerto memperoleh akreditasi dengan peringkat B untuk Program Keahlian Nautika Kapal Niaga dan peringkat B untuk Program Keahlian Teknika Kapal Niaga dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Jawa Tengah. Dengan nomor sertifikat Mk.009192 untuk Program Keahlian Nautika Kapal Niaga dan Nomor sertifikat Mk.009191 untuk Program Keahlian Teknika Kapal Niaga.

Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Direktorat Perhungan Laut Nomor : HK. 103 / I /15/DJPL-14 tentang  Petunjuk Teknis Penerbitan Pengesahan (Approval) Program Diklat Kepelautan Pada Lembaga Diklat Kepelautan atau Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Mendapatkan Sertifikat Ahli Nautika Tingkat (ANT) IV, tanggal 24 April 2014 , seluruh SMK Pelayaran diwajibkan melaksanakan Approval (pengesahan) dari Dirjen Hubla, termasuk SMK Nasional Purwokerto sesuai dengan perundangan yang berlaku.

VISI
Menciptakan tenaga kerja Perwira Laut Tingkat ATT IV dan ANT IV
Yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Untuk memenuhi kebutuhan pelaut
Sejalan dengan Globalisasi dan Pasar Bebas

MISI
Senantiasa meingkatkan kemampuan diri dalam berbagai Diklat kompetensi
Mengubah anak didik dari status beban menjadi aset Pembangunan
Membekali peserta didik dengan kemampuan untuk dapat mengembangkan dirinya secara berkelanjutan.

SARANA & PRASARANA

  1. Gedung Milik Sendiri
  2. Laboratorium Bahari
  3. Laboratorium Navigasi
  4. Laboratorium Komputer yang dilengkapi internet
  5. Laboratorium Bahasa
  6. Laboratorium Permesinan
  7. Ruang Kerja Bengkel
  8. Ruang Audio Visual 9.Perpustakaan 10.Hospot area

KOMPETENSI KEAHLIAN

  1. Teknika Kapal Niaga :
    Jurusan Teknika Kapal Niaga di SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO bertujuan membentuk Taruna untuk menjadi Perwira/Pemimpin dibidang Mesin Kapal dengan tugas sebagai operator maintence/perbaikan dari permesinan bidang mesin kapal. Lulusan jurusan Teknika Kapal Niaga akan mendapat 2 Ijazah yakni Ijazah SMK SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO dari Diknas dan Ijazah (ATT-IV) Ahli Teknika Tingkat IV yang dikeluarkan oleh Dirjend Perla dengan Standard Internasional.
    Tanggung jawab seorang perwira ATT-IV diatas kapal adalah sebagai operator mesin, merawat / memelihara mesin dan administrasi terhadap mesin kapal secara efektif dan efisien.
    2.Nautika Kapal Niaga :
    Jurusan Nautika Kapal Niaga di SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO bertujuan membentuk Taruna untuk bekerja sebagai Perwira/Pemimpin kapal yang bertugas sebagai operator bidang nautika kapal (dek kapal). Lulusan jurusan nautika akan mendapat 2 Ijazah yakni Ijazah SMK SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO dari Diknas dan Ijazah (ANT-IV) Ahli Nautika Tingkat IV yang dikeluarkan oleh Dirjend Perla dengan Standard Internasional.
    Tanggung jawab seorang perwira ANT-IV diatas kapal adalah sebagai operator untuk mengoperasikan kapal (Deck) yaitu sebagai : Navigator Kapal, Merawat / memelihara, membantu melaksanakan proses bongkar muat di atas kapal dan administrasi pelabuhan dan instansi-instansi yang terkait lainnya secara efektif dan efisien.
    KERJASAMA
  • PIP SEMARANG
  • GROWT CENTRE SEMARANG
  • PERTAMINA JAKARTA
  • PT. PELINDO
  • PT PELNI
  • PT ASDP

ESTRAKULIKULER

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran.

Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
Selain Staf Batalyon sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:

Pramuka
Staf bataliyon
SAR (Search and Rescue)
Drum Band
Karate
Olahraga (Bola Voli, Bola Basket, Futsal, Tenis Meja, Renang)

STAF BATALYON SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO

Staf Batalyon adalah suatu organisasi yang berada di SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO Sebagai Pengganti OSIS. Staf Batalyon diurus dan dikelola oleh Taruna dan Taruni yang terpilih untuk menjadi pengurus Staf Batalyon. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing seorang guru yang dipilih oleh pihak sekolah.

Anggota Batalyon adalah seluruh Taruna dan Taruni yang berada SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO. Seluruh anggota Batalyon SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus Staf Batalyon.